Pendidikan Seksual dan Higiene Pribadi bagi Anak Berkebutuhan Khusus di SLBN 1 Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.24002/jai.v5i1.10422Keywords:
Anak berkebutuhan khusus, Disabilitas, Higiene Pribadi, Pendidikan Seksual, Sekolah InklusifAbstract
Anak berkebutuhan khusus atau ABK adalah anak yang membutuhkan memerlukan pendidikan yang sesuai dengan kondisi fisik, mental, intelektual, sosial, dan emosional mereka. Setiap anak yang memiliki disabilitas baik dengan keterbatasan fisik, mental, intelektual, sosial dan emosional berhak memperoleh pendidikan. Pendidikan seksual juga penting bagi ABK, mengingat mereka mengalami pubertas seperti anak lainnya. Di Yogyakarta, terdapat 9 SLBN, termasuk SLBN 1 Yogyakarta yang bekerja sama dengan FK UKDW. Program pengabdian ini bertujuan meningkatkan pemahaman ABK tentang pendidikan seksual dan kebersihan genitalia melalui metode cross age peer teaching. Kegiatan ini menggunakan alat peraga, video, dan puzzle. Evaluasi langsung pada siswa dan evaluasi yang didapat dari umpan balik dari orang tua menunjukkan adanya peningkatan pemahaman pengetahuan dan sikap siswa akan konsep “area pribadi”. Akan Tetapi, membutuhkan kolaborasi lebih lanjut diperlukan antara guru, orang tua, dan tenaga medis untuk mendukung keberhasilan pendidikan seksual bagi ABK. Program ini diharapkan menjadi model pembelajaran inklusif yang dapat diterapkan di sekolah khusus lainnya.
References
[1] A. A. P. Pitaloka, S. A. Fakhiratunnisa, and T. K. Ningrum, “KONSEP DASAR ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS,” MASALIQ : Jurnal Pendidikan dan Sains, vol. 2, 2022.
[2] O. S. Putri, P. Artistia, N. Nurhaliza, and O. Andriani, “Karakteristik Dan Klasifikasi Anak Berkebutuhan Khusus Secara Mental Emosional Dan Akademik,” Jurnal Pengabdian Masyarakat UIKA Jaya: SINKRON, vol. 2, no. 1, p. 100, 2024, doi: 10.32832/jpmuj.v2i1.2209.
[3] K. RI, “Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia,” 2022.
[4] B. DIY, “Aplikasi Dataku Daerah Istimewa Yogyakarta.” [Online]. Available: https://bappeda.jogjaprov.go.id/dataku/data_dasar/cetak/478-jumlah-sekolah
[5] P. Spencer, S. Harrop, J. Thomas, and T. Cain, “The Professional Development Needs of Early Career Teachers, and the Extent to Which They Are Met: A Survey of Teachers in England,” Professional Development in Education, vol. 44, no. 1, pp. 33–46, 2018, doi: 10.1080/19415257.2017.1299028.
[6] K. Michielsen and L. Brockschmidt, “Barriers to sexuality education for children and young people with disabilities in the WHO European region: a scoping review,” Sex Education, vol. 21, no. 6, pp. 674–692, Nov. 2021, doi: 10.1080/14681811.2020.1851181.
[7] “Children with Disabilities and Sexual Abuse: Risk Factors and Best Practice.” Accessed: Dec. 13, 2024. [Online]. Available: https://www.americanbar.org/groups/public_interest/child_law/resources/child_law_practiceonline/child_law_practice/vol-35/april-2016/children-with-disabilities-and-sexual-abuse--risk-factors-and-be/
[8] S. Burton, E. B. Raposa, C. Y. S. Poon, G. J. J. M. Stams, and J. Rhodes, “Cross-age peer mentoring for youth: A meta-analysis,” American Journal of Community Psychology, vol. 70, no. 1–2, pp. 211–227, 2022, doi: 10.1002/ajcp.12579.
[9] M. Irvan, S. Mutmainah, and M. N. Jauhari, “The Peer Tutor Method: Implementation in Hybrid Learning Settings for Students with Disabilities,” presented at the 7th International Conference on Education and Technology (ICET 2021), Atlantis Press, Nov. 2021, pp. 29–32. doi: 10.2991/assehr.k.211126.031.
[10] S. Thalia, B. N. Arviana, R. Andrea, and R. Wardani, “Mengembangkan Bahasa Ekspresif Anak Down Syndrome dengan Pelatihan Dramatherapy,” Jurnal Atma Inovasia, vol. 2, no. 6, Art. no. 6, Nov. 2022, doi: 10.24002/jai.v2i6.6477.
[11] R. D. Pratiwi, R. Andriati, and F. P. S. Indah, “THE POSITIVE EFFECT OF EDUCATIVE GAME TOOLS (PUZZLE) ON COGNITIVE LEVELS OF PRE-SCHOOL CHILDREN (4-5 YEARS),” The Malaysian Journal of Nursing (MJN), vol. 11, no. 3, Art. no. 3, Jan. 2020, doi: 10.31674/mjn.2020.v11i03.006.
[12] W. R. Hidayati and N. Nurhafizah, “Introduction of Sex Education to Early Childhood : to Reduce Cases of Child Sexual Abuse,” Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies, vol. 11, no. 1, Art. no. 1, Jun. 2022, doi: 10.15294/ijeces.v11i1.44401.
[13] K. J. Topping, “Peer Tutoring and Cooperative Learning,” in Oxford Research Encyclopedia of Education. Accessed: Dec. 13, 2024. [Online]. Available: https://oxfordre.com/education/display/10.1093/acrefore/9780190264093.001.0001/acrefore-9780190264093-e-1432?d=%2F10.1093%2Facrefore%2F9780190264093.001.0001%2Facrefore-9780190264093-e-1432&p=emailAsmyg6SIABAKk
[14] D. Arini, M. M. D. Angelina, M. N. Setiawati, S. Stevani, P. Pricillia, and C. M. Sera, “Psikoedukasi Pendidikan Seksual Pada Anak Usia 5 Tahun Di Taman Kanak-Kanak,” Jurnal Pengabdian Masyarakat Bakti Parahita, vol. 3, no. 01, Art. no. 01, Jun. 2022, doi: 10.54771/jpmbp.v3i01.339.
[15] S. Sambira, S. H. Rusminati, and A. Rafikayati, “Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Sex Education untuk Anak Tunagrahita,” Jurnal ORTOPEDAGOGIA, vol. 8, no. 1, Art. no. 1, Jul. 2022, doi: 10.17977/um031v8i12022p80-83.
[16] D. Furwasyih, Sunesni, and I. A. Edyyul, “Pengaruh Pemberian Edukasi Tentang Pendidikan Seksual pada Anak Berkebutuhan Khusus Dengan Tingkat Pengetahuan Guru Sekolah Luar Biasa (SLB),” JURNAL KESEHATAN MERCUSUAR, vol. 5, no. 2, Art. no. 2, Oct. 2022, doi: 10.36984/jkm.v5i2.308.
[17] W. P. Dewi, S. Sudadio, and F. Fadlullah, “Implementasi Pendidikan Inklusif pada Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif Jenjang SMP di Kota Tangerang,” Journal of Education Research, vol. 5, no. 1, Art. no. 1, Mar. 2024, doi: 10.37985/jer.v5i1.832.
[18] N. Shuib, N. Misheila, and N. H. Zabarani, “Implementation of sexuality education for students with special needs (Learning disabilities),” International Journal of Education and Pedagogy, vol. 2, no. 4, pp. 379–390, 2020.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Widya Christine Manus, The Maria Meiwati Widagdo, Matahari Bunga Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.