Aksesibilitas dan Efisiensi Melalui Implementasi Perpustakaan Digital di SMK Negeri 2 Padang Panjang, Sumatera Barat
DOI:
https://doi.org/10.24002/jai.v5i2.10526Keywords:
Perpustakaan digital, pembelajaran, literasi digital, KubukuAbstract
Permasalahan utama dalam pembelajaran di SMKN 2 Padang Panjang adalah rendahnya minat baca dan akses yang terbatas terhadap bahan ajar berbasis digital, yang menghambat efektivitas pembelajaran siswa. Untuk mengatasi hal tersebut, dilakukan implementasi aplikasi kubuku, sebuah platform perpustakaan digital yang menyediakan akses bahan ajar dan literasi secara online. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas aplikasi Kubuku dalam meningkatkan pemahaman dan kemampuan siswa melalui program Pelatihan Kepada Masyarakat (PKM). Metode penelitian ini mencakup lima tahapan utama, yaitu (1) identifikasi kebutuhan peserta melalui survei awal, (2) penyusunan materi pelatihan berbasis aplikasi Kubuku, (3) pelaksanaan pelatihan penggunaan aplikasi Kubuku, (4) pemberian pre-test untuk mengukur kemampuan awal peserta, dan (5) pemberian post-test untuk mengevaluasi hasil belajar setelah pelatihan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada pemahaman peserta, yang ditunjukkan oleh kenaikan nilai post-test dibandingkan pre-test. Temuan ini mengindikasikan bahwa aplikasi Kubuku efektif dalam mendukung pembelajaran berbasis digital. Namun, terdapat kelemahan, seperti variasi peningkatan antar peserta, yang menunjukkan perlunya penyesuaian metode pembelajaran untuk meningkatkan inklusivitas. Kesimpulannya, penerapan aplikasi Kubuku memberikan dampak positif dalam meningkatkan akses literasi digital dan kompetensi siswa, serta dapat dioptimalkan lebih lanjut untuk keberlanjutan program.
References
[1] A. Y. Kurniawan, “Pengelolaan Perpustakaan Digital Di SMS Negeri 1 Yogyakarta,” https://journal.student.uny.ac.id/index.php/fipmp/article/view/1365, pp. 1–10, 2016.
[2] N. W. Marti, G. R. Dantes, K. Y. E. Aryanto, and I. K. Purnamawan, “Pelatihan Penggunaan Fitur-fitur dalam Aplikasi Perpustakaan Digital Kepada Guru-guru di SDN 1 Banjar Bali Kabupaten Buleleng,” Preceeding Senadimas Undiksha, pp. 305–312, 2021.
[3] T. Dana, D. H. Samosir, and I. M. Widiyasa, “Pengembangan Digital Library Perpustakaan Universitas Atmajaya Yogyakarta,” http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/semnasif/article/view/781, 2015.
[4] E. F. Anidya and F. S. A. Nada, “Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Perpustakaan IAIN Tulungagung,” Shaut Al-Maktabah J. Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi, vol. 11, no. 1, pp. 22–29, 2019, doi: 10.15548/shaut.v11i1.99.
[5] N. Kholisa and A. W. Ramadhanissholihah, “Peranan Perpustakaan Sebagai Sumber Daya Pembelajaran Dalam Meningkatkan Literasi Diera Digital,” J. Multidisiplin Ilmu Akad., vol. 1, no. 4, pp. 29–37, 2024, [Online]. Available: https://doi.org/10.61722/jmia.v1i4.1870.
[6] J. G. Prima Negara, “Transformasi Digital Usaha Pedesaan Menggunakan Business Marketing Model,” J. Atma Inovasia, vol. 1, no. 4, pp. 452–457, 2021, doi: 10.24002/jai.v1i4.3975.
[7] A. Akbar, S. H. Andarias, and W. O. Husnia, “Pelatihan Pengelolaan Perpustakaan (Otomasi Perpustakaan) Di Sdn 1 Wameo Kecamatan Batupoaro Kota Baubau,” J. Pengabdi. Kpd. Masy. MEMBANGUN NEGERI, vol. 4, no. 1, pp. 159–168, Apr. 2020, doi: 10.35326/pkm.v4i1.638.
[8] J. Widya Laksmi et al., “Digital Pada Smk N 1 Padang Cermin,” vol. 2, no. 2, pp. 82–87, 2022.
[9] N. A. Rahmawati, “Penggunaan Teknologi Informasi dalam Pelayanan Sumber Informasi di Perpustakaan,” Libria, vol. 9, no. 2, 2017, doi: http://dx.doi.org/10.22373/2390.
[10] Habiburrahman and J. Nabila, “Perpustakaan Digital Pengembangan Repository Sebagai Sarana Preservasi Digital,” Pascal Books, 2022, p. 77.
[11] U. Astari and Y. Y. Prasetyawan, “Dampak Implementasi Otomasi Di Perpustakaan Sma Islam Hidayatullah Semarang,” https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/15281, 2016.
[12] setiawansyah setiawansyah, D. A. Megawaty, D. Alita, and P. S. Dewi, “Penerapan Digital Library Untuk Otomatisasi Administrasi Perpustakaan,” https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/JSSTCS/article/view/1366/697, 2021.
[13] M. Rifqi et al., “Optimalisasi Layanan Perpustakaan Sekolah Menggunakan Senayan Library Management System SLiMS Pada SMKS Ismailiyah,” Mejuajua J. Pengabdi. pada Masy., vol. 1, no. 2, pp. 42–47, Dec. 2021, doi: 10.52622/mejuajuajabdimas.v1i2.22.
[14] J. Nabila, H. Habiburrahman, N. R. Pangesti, and M. Nelisa, “Pengelolaan Perpustakaan Untuk Menumbuhkan Budaya Baca Dan Mendukung Aktivitas Literasi Sekolah Di MTsN 1 Pesisir Selatan,” Ilmu Inf. Perpust. dan Kearsipan, vol. 10, no. 1, p. 47, 2022, doi: 10.24036/116707-0934.
[15] H. Sulistiani, A. R. Isnain, I. Yasin, E. D. Mega, A. Virgilia, and A. Akbar, “Penerapan dan Pelatihan Perpustakaan Digital pada SMK N 1 Padang Cermin,” J. Widya Laksmi J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 2, no. 2, pp. 82–87, Aug. 2022, doi: 10.59458/jwl.v2i2.38.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jeihan Nabila, Yona Primadesi, Desriyeni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.








