Pelatihan Pemasaran Digital untuk Siswa-Siswi Kelas XII Akuntansi dan Multimedia SMK Mawar Saron Taman Royal Kota Tangerang
DOI:
https://doi.org/10.24002/jai.v5i5.11055Keywords:
teknologi digital, pemasaran digital, SMK Mawar Saron Kota TangerangAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan Pemasaran Digital kepada siswa-siswi kelas XII Akuntansi dan Multimedia SMK Mawar Saron Taman Royal Kota Tangerang. Metode pelaksanaan pengabdian masyarakat dilakukan melalui empat tahapan: persiapan dengan pemberian kuesioner untuk mengukur kemampuan awal, penyusunan materi berdasarkan hasil analisis kebutuhan, pelaksanaan pelatihan selama 3 jam dengan tiga sesi materi, dan evaluasi melalui kuesioner akhir. Pelatihan diikuti oleh 35 peserta dan dilaksanakan pada 13 Januari 2025. Hasil evaluasi menunjukkan 98,3% peserta merasa puas dengan pelatihan yang diberikan. Sebanyak 65,2% peserta telah memiliki pengetahuan dasar Pemasaran Digital, 72,8% tertarik dengan materi yang diberikan, dan 50,6% berminat terjun ke dunia kerja bidang Pemasaran Digital. Pelatihan ini berhasil meningkatkan pemahaman siswa tentang Pemasaran Digital, penggunaan media sosial untuk pemasaran, dan aspek hukum dalam teknologi digital.
References
[1] U. Lesmanah, O. Melfazen, and C. Yazirin, “Pelatihan Digital Marketing untuk Meningkatkan Pemasaran Produk UMKM Ikan Asin,” I-Com Indones. Community J., vol. 3, no. 4, pp. 1719–1725, 2023, doi: 10.33379/icom.v3i4.3338.
[2] P. Az-Zahra and A. Sukmalengkawati, “Pengaruh Digital Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen,” J. Ilm. Manajemen, Ekon. Akunt., vol. 6, no. 3, pp. 2008–2018, 2022, doi: 10.31955/mea.v6i3.2573.
[3] S. Sasa, D. Sapto Adi, M. A. Triono, and F. Supanto, “Optimalisasi Usaha Kecil Menengah melalui Pelatihan Digital Marketing,” Abdimas J. Pengabdi. Masy. Univ. Merdeka Malang, vol. 6, no. 3, pp. 358–371, 2021, doi: 10.26905/abdimas.v6i3.5366.
[4] B. T. Sundoro, “Pengembangan Potensi Wisata Bukit Cempluk Kesamben Desa Ngleri dengan Digital Marketing,” J. Atma Inovasia, vol. 2, no. 3, pp. 279–286, 2022, doi: 10.24002/jai.v2i3.4515.
[5] S. Rozinah and A. Meiriki, “Pemanfaatan Digital Marketing Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Tangerang Selatan,” J. Dr. Manaj., vol. 3, no. 2, p. 134, 2020, doi: 10.22441/jdm.v3i2.10573.
[6] G. Sagita and Z. R. Wijaya, “Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Bakmi Tando 07,” EBISMEN J. Ekon. Bisnis dan Manaj. , vol. 1, no. 3, pp. 24–31, 2022.
[7] N. A. Widiastuti, A. Zainudin, D. L. Filza, A. P. Prayoga, and A. Muzakki, “Pelatihan Digital Marketing Berbasis Instagram Di CV Kurnia Barokah Jepara,” Abdimas Univers., vol. 4, no. 1, pp. 28–33, 2022, doi: 10.36277/abdimas universal.v4i1.155.
[8] M. R. Fahdia, I. Kurniawati, F. Amsury, Heriyanto, and I. Saputra, “Pelatihan Digital Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan Bagi UMKM Tajur Halang Makmur,” Abdiformatika J. Pengabdi. Masy. Inform., vol. 2, no. 1, pp. 34–39, 2022, doi: 10.25008/abdiformatika.v2i1.147.
[9] W. Sari, “Pendampingan Pengembangan Pemasaran Dan Kewirausahaan Umkm Ultra Mikro Melalui Pemanfaatan Digital Marketing,” J. Empower., vol. 2, no. 2, p. 193, 2022, doi: 10.35194/je.v2i2.1652.
[10] A. Putri and M. Arif, “Pengaruh Digital Marketing Dan Inovasi Produk Terhadap Pendapatan,” Jesya, vol. 6, no. 1, pp. 194–208, 2023, doi: 10.36778/jesya.v6i1.915.
[11] N. Istihadhah, I. Wardah, and T. Stikoma, “Pemanfaatan Digital Marketing Pada Pelaku Usaha Batik Ecoprint,” J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 5, no. 2, pp. 147–152, 2022.
[12] L. F. Jara and M. R. Putra, “Implementasi Digital Marketing dalam Membangun Brand Awareness Menggunakan Metode Object Oriented Analysis and Design pada Umkm Tekstil Kota Padang,” J. KomtekInfo, vol. 8, no. 2, pp. 110–117, 2021, doi: 10.35134/komtekinfo.v8i2.105.
[13] L. D. Sholawat, Z. F. Laila, N. A. Kumarah, andI. Syalimar, “Upaya Meningkatkan Nilai Ekonomi Pelaku Umkm Melalui Digital Marketing Di Tengah Pandemi Covid-19 Dusun Karanganyar,” ABDI PRAJA (Jurnal Pengabdian. Kpd. Masyarakat), vol. 1, no. 1, p. 8, 2020, doi: 10.31002/abdipraja.v1i1.3206.
[14] Mardiani, “Strategi Digital Marketing Pkm Untuk Menumbuh Kembangkan Usaha Umkm,” … J. J. …, vol. 5, no. 1, pp. 1257–1262, 2024, [Online]. Available: http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/25010%0Ahttp://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/download/25010/17573
[15] Y. M. Pratama et al., “Pelatihan dan Pendampingan Tata Kelola Usaha dan Digital Marketing pada UMKM Binaan PLUT Kabupaten Semarang, Jawa Tengah,” J. Atma Inovasia, vol. 3, no. 5, pp. 417422, 2023, doi: 10.24002/jai.v3i5.7760.
[16] A. Alfina, M. M. Khoirina, and T. A. Nastiti, “Pelatihan Digital Marketing bagi Entrepreneur Di Kota Gresik,” J. Abdidas, vol. 1, no. 6, pp. 797–804, 2020, doi: 10.31004/abdidas.v1i6.166.
[17] D. Widia Nanda, K. Purwanto, G. Prasetyaningrum, and R. Novrizal Chandra, “Pelatihan Digital Marketing dan Teknik Pelabelan Produk dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris Terhadap UKM Serundeng DZS Kitchen di Kabupaten Dharmasraya,” Rhicky Novrizal Chandra J. Hum. Educ., vol. 3, no. 2, pp. 578–584, 2023, [Online]. Available: https://jahe.or.id/index.php/jahe/index
[18] S. A. Juni Asma Wati, F. Firmansyah, and M. Layli, “Edukasi Meningkatkan Penjualan Produk Umkm Dengan Memanfaatkan Digital Marketing Melalui Sosial Media,” RESWARA J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 4, no. 1, pp. 665–670, 2023, doi: 10.46576/rjpkm.v4i1.2572.
[19] S. Sarwindah, L. Laurentinus, O. Rizan, and H. Hamidah, “Memanfaatkan Digital Marketing bagi Usaha Rumahan Sayuran Hidroponik dengan E-Commerce sebagai Media Promosi,” J. Teknol. Terpadu, vol. 7, no. 2, pp. 65–69, 2021, doi: 10.54914/jtt.v7i2.338.
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Duta Arief Christanto, Lilik Tiara Giantri, Rudianto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.