Pelatihan Pembuatan Kerajinan Macrame bagi Masyarakat Tunanetra di Bandung
DOI:
https://doi.org/10.24002/jai.v5i3.11131Keywords:
daya ingat, kerajinan tangan, makrame, produktivitas, tunanetraAbstract
Pengabdian kepada masyarakat adalah wujud nyata nilai sosial dan kepedulian. Fakultas Seni Rupa dan Desain Universitas Kristen Maranatha mengadakan program pengabdian pengabdian kepada masyarakat yang ditujukan kepada komunitas tunanetra di Bandung sebagai implementasi tridharma perguruan tinggi. Dengan mengintegrasikan nilai integritas, kepedulian, dan keunggulan (ICE), kegiatan ini bertujuan memberdayakan komunitas tunanetra melalui pelatihan keterampilan makrame. Program ini melibatkan dosen dan mahasiswa lintas program studi serta bekerja sama dengan Yayasan Elyakim Daya Mandiri. Pelatihan ini memberikan pengetahuan teknik makrame untuk mengembangkan potensi peserta, membuka peluang penghasilan tambahan, meningkatkan rasa percaya diri, dan memperbaiki kondisi ekonomi mereka. Hasil menunjukkan daya ingat peserta tinggi dalam menghafal teknik simpul, meski masih perlu latihan dalam penggunaan tenaga dan rabaan. Instruktur perlu berpikir kreatif dalam menyampaikan detail teknik melalui deskripsi verbal yang jelas, serta menggunakan pendekatan praktis agar peserta dapat merasakan tekstur tali. Tantangan utama meliputi komunikasi verbal efektif dan bantuan fisik. Program ini diharapkan mendorong produktivitas, kreativitas, dan kemandirian komunitas tunanetra.
References
[1] I. S. Wekke, Metode Pengabdian Masyarakat: Dari Rancangan ke Publikasi. Indramayu: Penerbit Adab, 2022.
[2] Z. Anna et al., “Peta Jalan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan 2023 – 2030,” Oct. 2023.
[3] United Nations Department of Economic and Social Affairs Sustainable Development, “The 17 Goals.” Accessed: Jan. 11, 2025. [Online]. Available: https://sdgs.un.org/goals
[4] E. Sudarmanto et al., Konsep Dasar Pengabdian Kepada Masyarakat: Pembangunan dan Pemberdayaan. Yayasan Kita Menulis, 2020. Accessed: Jan. 04, 2025. [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/358157083_Konsep_Dasar_Pengabdian_Kepada_Masyarakat_Pembangunan_dan_Pemberdayaan/references
[5] B. S. Dwiyanto and J. Jemadi, “Pemberdayaan Masyarakat dan Pengembangan Kapasitas dalam Penanggulangan Kemiskinan melalui PNPM Mandiri Perkotaan,” Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, dan Entrepreneurship, vol. 3, no. 1, p. 36, Dec. 2013, doi: 10.30588/jmp.v3i1.87.
[6] D. S. and S. B. K. Varadaraj Varshini and Friedman, “Low Vision, Vision Disability, and Blindness,” in Albert and Jakobiec’s Principles and Practice of Ophthalmology, J. W. and A. D. T. and Y. L. H. Albert Daniel M. and Miller, Ed., Cham: Springer International Publishing, 2022, pp. 4945–4957. doi: 10.1007/978-3-030-42634-7_241.
[7] C. Tshuma, N. Ntombela, and H. C. Van Wijk, “Challenges And Coping Strategies Of The Visually Impaired Adults: A Brief Exploratory Systematic Literature Review,” Prizren Social Science Journal, vol. 6, no. 2, pp. 71–80, Aug. 2022, doi: 10.32936/pssj.v6i2.301.
[8] J. Jendriadi, W. Sukandar, and R. Rossa, “Life Skills Education for People with Disabilities at Blind Orphanage ‘Tuah Sakato’ West Sumatra Indonesia,” Journal of ICSAR, vol. 2, no. 2, pp. 171–174, Jul. 2018, doi: 10.17977/um005v2i22018p171.
[9] T. S. Putra and D. C. Wijaya Murti, “Pelatihan Storytelling (Storynomics) untuk Tour Guiding Pegawai Yayasan Kristen untuk Umum (YAKKUM),” Jurnal Atma Inovasia, vol. 4, no. 5, pp. 232–237, Sep. 2024, doi: 10.24002/jai.v4i5.9707.
[10] F. D. Nareswari and A. Welianto, “Seni Makrame: Pengertian, Sejarah, Teknik Dasar,” https://www.kompas.com/. Accessed: Dec. 02, 2024. [Online]. Available: https://chloetear.co.uk/2021/10/arts-and-crafts-with-a-visual-impairment/
[11] R. Stevens-Ratchford and A. Krause, “Visually Impaired Older Adults and Home-Based Leisure Activities: The Effects of Person-Environment Congruence - Aging - January 2004,” 2004. [Online]. Available: http://www.afb.org/jvib/jvib980103.asp
[12] R. P. Finger et al., “The Impact of Vision Impairment on Vision-Specific Quality of Life in Germany,” Invest Ophthalmol Vis Sci, vol. 52, no. 6, pp. 3613–3619, May 2011, doi: 10.1167/iovs.10-7127.
[13] M. Khorrami-Nejad, A. Sarabandi, M.-R. Akbari, and F. Askarizadeh, “The Impact of Visual Impairment on Quality of Life.,” Med Hypothesis Discov Innov Ophthalmol, vol. 5, no. 3, pp. 96–103, 2016, [Online]. Available: http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/28293655
[14] C. Tear, “Crafting when you have a visual impairment,” https://chloetear.co.uk. Accessed: Dec. 02, 2024. [Online]. Available: https://chloetear.co.uk/2021/10/arts-and-crafts-with-a-visual-impairment/
[15] A. Crudden, M. McDonnall, and A. Tatch, “Unable to work? Characteristics of people with blindness and low vision who are out of the labor force,” Disabil Health J, vol. 16, no. 3, p. 101438, 2023, doi: https://doi.org/10.1016/j.dhjo.2022.101438.
[16] T. G. Zegeye, “The Lived Experiences of Female Students with Blindness for Higher Education at Bahir Dar University,” Scandinavian Journal of Disability Research, vol. 24, no. 1, pp. 253–265, 2022, doi: 10.16993/sjdr.892.
[17] F. N. Abida and A. S. Fibrianto, “Praktik Sosial Pemberdayaan Penyandang Disabilitas Netra Melalui Komunitas Tuna Netra (KTN) di Desa Babadan,” Jurnal Socius: Journal of Sociology Research and Education, vol. 10, no. 2, pp. 93–104, Dec. 2023, doi: 10.24036/scs.v10i2.607.
[18] L. M. Putri, R. P. Setiawan, R. L. T. Syahda, Z. D. Geusti, and T. P. Anindya, “Optimalisasi Potensi Kognitif dan Fisik Motorik Mahasiswa Tunanetra dalam Setting Pendidikan Inklusif di Perguruan Tinggi ,” Socius: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, vol. 2, no. 4, Nov. 2024, doi: 10.5281/zenodo.14182247.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Andi Aulia Hamzah, Isabella Isthipraya Andreas, Nathalia Yunita Sugiharto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.