Pengembangan Jiwa dan Mindset Kewirausahaan pada Siswa-Siswi SMK Sanjaya Pakem Yogyakarta 2025

Authors

  • Dismas Persada Dewangga Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Laurentius Rio Ageng Surya Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Yohana Rustiana Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Vica Sakti Mantong Tendenan Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Oscar Chrismadian Noventa Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Ignatia Eka Puspita Kriswianti Universitas Atma Jaya Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.24002/jai.v5i4.11165

Keywords:

Sekolah, Sanjaya, Kewirausahaan, Pengusaha

Abstract

Direktorat Sekolah Sanjaya, di bawah pengelolaan dan pengawasan dari Yayasan Bernardus Keuskupan Agung Semarang tengah menghadapi isu keberlanjutan berkaitan dengan peningkatan kualitas lulusan pada bidang kewirausahaan para siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Sanjaya Pakem, Yogyakarta. Yayasan mengemban tugas misi pelayanan yakni menyelamatkan dan mengembangkan sekolah-sekolah Katolik di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta dan sebagian kecil Jawa Tengah. SMK Sanjaya Pakem menyelenggarakan dua jenis program studi, yakni: Akuntansi dan Keuangan Lembaga serta Perhotelan. Mayoritas siswa-siswi menempuh pendidikan dengan dibiayai beasiswa dari para orang tua asuh. Terbatasnya dana operasional sekolah merupakan sebuah tantangan. Keberhasilan para alumni dalam berkarir menjadi harapan besar agar mereka turut berkontribusi mengembangkan almamaternya. Kewirausahaan dirasa penting sebagai penopang keberhasilan sehingga kegiatan pengabdian terkait pengembangan jiwa dan mindset wirausaha dilakukan. Metode yang dilakukan adalah pembekalan dengan memberikan ceramah terkait teori-teori kewirausahaan dan penerapannya serta pelatihan untuk presentasi penyampaian ide bisnis. Kegiatan pengabdian para dosen Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Atma Jaya Yogyakarta diharapkan mampu memotivasi para siswa agar optimis dan mempunyai jiwa serta pola pikir atau mindset yang mendukung untuk menjadi pengusaha sukses.

References

[1] A. Kurniawan et al., “Peningkatan minat dan motivasi kewirausahaan pada siswa SMK,” CARADDE J. Pengabdi. Kpd. Masy. , vol. 5, no. 3, pp. 454–460, 2023, [Online]. Available: https://journal.ilininstitute.com/index.php/caradde

[2] E. Ivan’s, N. Ambar Sari, W. Mandala, and D. Angga Hendrawan, “Penyuluhan Kewirausahaan & Workshop Perencanaan Bisnis Menggunakan Business Model Canvas (Bmc) Di Smk Negeri 1 Purbolinggo Kabupaten Lampung Timur,” Literasi J. Pengabdi. Masy. dan Inov., vol. 2, no. 2, pp. 1256–1267, 2023, doi: 10.58466/jurnalpengabdianmasyarakatdaninovasi.v2i2.1088.

[3] R. S. Darwis, Y. S. Miranti, S. R. Saffana, and S. Yuandina, “Kewirausahaan Sosial Dalam Pemberdayaan Masyarakat,” Focus J. Pekerj. Sos., vol. 4, no. 2, p. 135, 2022, doi: 10.24198/focus.v4i2.37495.

[4] B. Susanto, U. Proboyekti, and G. Virginia, “Pendampingan Untuk Penyediaan Sistem Pelanggan Pada Unit Usaha Yayasan Bernadus Direktorat Sekolah Sanjaya,” SHARE “SHaring - Action - REflection,” vol. 8, no. 2, pp. 208–215, 2022, doi: 10.9744/share.8.2.208-215.

[5] R. Amelia, M. Rizkan, and K. Sukma Mulya, “Mendorong Jiwa Entrepreneurship Pelajar SMK Melalui Seminar Kewirausahaan,” SEWAGATI J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 2, no. 1, pp. 37–45, 2023, doi: 10.61461/sjpm.v2i1.24.

[6] Y. Diana, S. Rahayu, and A. Zannah, “Pengaruh Pelatihan Kewirausahaan Dan Pemasaran Digital Terhadap Peningkatkan Ekonomi Masyarakat Di Desa Kelambir Lima,” Maneggio J. Ilm. Magister Manaj., vol. 6, no. 1, pp. 1–14, 2023, doi: 10.30596/maneggio.v6i1.14534.

[7] R. A. Firdaus, U. Sultan, and A. Tirtayasa, “Persepsi Guru Terhadap Kesiapan Siswa Dalam Menghadapi Dunia Kerja: Studi Kasus di SMK 5 Kota,” vol. 9, no. 1, pp. 100–105, 2025.

[8] V. Sundari Handoko, “Inovasi Kewirausahaan Tempe Jagung di Desa Bedoyo Kapanewon Ponjong Kabupaten Gunungkidul,” J. Atma Inovasia, vol. 3, no. 6, pp. 474–478, 2023, doi: 10.24002/jai.v3i6.7641.

[9] B. Adiwena and A. Wirapraja, “Sosialisasi Dan Pelatihan Pengembangan Kompetensi Hard Skill Dan Soft Skill Bagi Siswa-Siswi Sma Surabaya Dalam Mempersiapkan Era Industri 5.0,” J. Abadimas Adi Buana, vol. 6, no. 02, pp. 195–203, 2023, doi: 10.36456/abadimas.v6.i02.a6426.

[10] A. N. Sari, S. Subanji, and S. Sisworo, “Analisis Interaksi Siswa pada Aktivitas Diskusi Kelompok dalam Pembelajaran Matematika Secara Daring,” J. Cendekia J. Pendidik. Mat., vol. 5, no. 3, pp. 2636–2651, 2021, doi: 10.31004/cendekia.v5i3.949.

[11] A. J. Y. Hendrawan and D. Pelitawati, “Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan Dan Kepribadian Wirausaha Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa FEB Universitas WR Supratman Surabaya,” J. Eksek., vol. 19, no. 01, pp. 74–96, 2022, doi: 10.60031/jeksekutif.v19i01.304.

[12] M. A. Nugroho, “Pengaruh Kemampuan Kepemimpinan dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Minat Wirausaha Generasi Milenial (Studi Kasus pada Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya),” Institut Teknologi Sepuluh November, 2022. [Online]. Available: https://repository.its.ac.id/115976/1/09111840000019-Undergraduate_Thesis.pdf

[13] A. Bakar, “YUME : Journal of Management Strategi Inovatif Pemasaran Digital : Meningkatkan Loyalitas Konsumen Di Era Revolusi Teknologi,” vol. 7, no. 3, pp. 1618–1628, 2024.

[14] T. F. Aliim and R. S. Darwis, “Peran Kelembagaan Lokal Dalam Mengkoordinasikan Pendayagunaan Sumber Daya Pada Desa Wisata,” Share Soc. Work J., vol. 13, no. 2, pp. 248–258, 2024, doi: 10.24198/share.v13i2.51198.

[15] D. N. Andriani and A. D. Daroin, “Analisis Faktor Keberhasilan Pembelajaran Menggunakan Learning Management System (LMS),” J. Pendidik. Edutama, vol. 9, no. 1, pp. 1–10, 2022, [Online]. Available: https://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE/article/view/1783

[16] Mendyeta Wahyu Prasetya and Tjitjik Rahaju, “Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Potensi Lokal Melalui Kampung Kreatif Dan Independen,” J. Adm. Publuk dan Ilmu Komun., vol. 11, no. 1, pp. 14–24, 2024, doi: 10.55499/intelektual.v11i1.1148.

[17] B. A. Ratnasari, R. Purbasari, and M. Purnomo, “Peran Entrepreneurial Sales Action Untuk Meningkatkan Kinerja Penjualan Business to Business ( B2B ): A Systematic Literature Review,” vol. 7, no. 3, pp. 1487–1496, 2025.

[18] R. A. Putra and Y. Dianastiti, “Kesiapan Berwirausaha Yang Didukung Oleh Keterampilan Berkomunikasi Dan Keterampilan Berpikir Kritis Bagi Siswa Teknik Otomotif,” J. Pendidik. Vokasi Otomotif, vol. 6, no. 1, pp. 71–84, 2023, doi: 10.21831/jpvo.v6i1.67852.

[19] C. L. Rithmaya, H. Ardianto, and P. Wulanditya, “Peningkatan Potensi Kewirausahaan Siswa Melalui Pelatihan dan Pendampingan Youth Entrepreneurship DI,” vol. 4, no. 2, pp. 7–16, 2024.

[20] S. Khadijah and R. M. A. Salim, “Self-concept, self-esteem, dan self-efficacy mempengaruhi pengambilan risiko guru,” JPPI (Jurnal Penelit. Pendidik. Indones., vol. 10, no. 2, p. 50, 2024, doi: 10.29210/020243777.

[21] A. Y. Rukmana, Y. Priyana, M. Rahayu, and E. Jaelani, “Dampak Kebijakan Pemerintah Terhadap Ekosistem Kewirausahaan : Studi Kasus Inkubator Bisnis di Indonesia,” J. Ekon. dan Kewirausahaan West Sci., vol. 1, no. 03, pp. 216–225, 2023, doi: 10.58812/jekws.v1i03.527.

[22] Solichah, Rona Merita, and Dewi Fitrotus Sa’diyah, “Peran Akademisi dalam Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Kewirausahaan,” NGALIMAN J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1, no. 2, pp. 104–115, 2022.

Downloads

Published

2025-07-30

Issue

Section

Articles