Peningkatan Keterampilan Guru dalam Memanfaatkan Lesson Study di SDN 112 Inpres Bontomanai

Authors

  • Vika Puji Cahyani Universitas Negeri Makassar
  • Fandi Ahmad Universitas Negeri Makassar
  • Nur Indah Sari Universitas Negeri Makassar
  • Elfira Jumrah Universitas Negeri Makassar
  • Munawwarah Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.24002/jai.v5i5.11222

Keywords:

lesson study, keterampilan guru, kemampuan observasi, kolaborasi, kualitas perencanaan pembelajaran

Abstract

Lesson Study menjadi alat yang sangat berharga dalam memperkaya pengalaman pendidikan bagi guru dan siswa. Namun, di SDN 112 Inpres Bontomanai, penerapan Lesson Study masih menghadapi tantangan, seperti kurangnya pemahaman guru, keterbatasan waktu, serta rendahnya budaya kolaboratif dalam merancang dan mengevaluasi pembelajaran. Program pengabdian ini bertujuan untuk memperkuat pemahaman guru tentang Lesson Study. Kegiatan pengabdian masyarakat ini akan dilakukan melalui beberapa tahapan Utama yaitu Sosialisasi, Pelatihan dan Workshop, Pendampingan dan Evaluasi. Evaluasi dilakukan menggunakan metode wawancara dengan guru, serta pengukuran pre-test dan post-test untuk mengukur peningkatan pemahaman guru terhadap Lesson Study. Mitra dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah SDN 112 Inpres Bontomanai, yang berlokasi di Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan. Berdasarkan hasil kegiatan pengabdian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kegiatan memiliki dampak yang signifikan dalam meningkatkan pemahaman guru, kemampuan observasi, kerja sama antar guru, motivasi, serta kualitas perencanaan pembelajaran. Semua indikator mengalami peningkatan yang cukup tinggi setelah kegiatan dilakukan.

References

[1] K. S. Diputra, I. G. N. Japa, I. M. Suarjana, and K. Yudiana, “Lesson Study for Developing the Pedagogical Competence of Pre-Service Teachers by Integrating Character Values in Thematic Teaching at Elementary Schools,” in ICTES 2018, November 21-22, Bali, Indonesia, 2018, pp. 1–7. doi: 10.4108/eai.21-11-2018.2282119.

[2] T. Vathanavong, A. Tungkasamit, and S. Thinwiangthong, “Enhancing professional development with Lesson study training for Lecturers at Higher education institution in Lao PDR,” FWU J. Soc. Sci., vol. 18, no. 1, pp. 104–119, 2024, doi: 10.51709/19951272/Spring2024/8.

[3] N. Kienstra and P. G. M. van der Heijden, “Doing philosophy effectively II: A replication and elaboration of student learning in classroom teaching,” PLoS One, vol. 13, no. 12, p. 208128, 2018, doi: 10.1371/journal.pone.0208128.

[4] F. Coenders and N. Verhoef, “Lesson Study: professional development (PD) for beginning and experienced teachers,” Prof. Dev. Educ., vol. 45, no. 2, pp. 217–230, 2019, doi: 10.1080/19415257.2018.1430050.

[5] T. Schipper, S. L. Goei, S. de Vries, and K. van Veen, “Professional growth in adaptive teaching competence as a result of Lesson Study,” Teach. Teach. Educ., vol. 68, pp. 289–303, 2017, doi: 10.1016/j.tate.2017.09.015.

[6] D. J. Follmer, R. Groth, J. Bergner, and S. Weaver, “Theory-based Evaluation of Lesson Study Professional Development: Challenges, Opportunities, and Lessons Learned,” Am. J. Eval., vol. 45, no. 2, pp. 292–312, 2024, doi: 10.1177/10982140231184899.

[7] Z. Yakar and D. Turgut, “Effectiveness of Lesson Study Approach on Preservice Science Teachers’ Beliefs,” Int. Educ. Stud., vol. 10, no. 6, p. 36, 2017, doi: 10.5539/ies.v10n6p36.

[8] M. Koçak, C. Ozan, D. İleritürk, O. Buran, Y. Soylu, and R. Y. Kıncal, “Increasing Students’ Mathematics Learning Levels via Lesson Study,” J. Fam. Couns. Educ., vol. 6, no. 2, pp. 77–89, 2021, doi: 10.32568/jfce.1033140.

[9] E. M. Sartika et al., “Peningkatan Kemampuan Pembuatan Presentasi Menggunakan Generative AI Bagi,” J. Atma Inovasia, vol. 4, no. 5, pp. 183–189, 2024.

[10] W. H. Chong and C. A. Kong, “Teacher collaborative learning and teacher self-efficacy: The case of lesson study,” J. Exp. Educ., vol. 80, no. 3, pp. 263–283, 2012, doi: 10.1080/00220973.2011.596854.

[11] A. Auliah and V. P. Cahyani, “Integrasi Lesson Study dalam Model Pembelajaran Kolaboratif untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran,” MACCA Sci. J., vol. 2, no. 1, pp. 285–295, 2025.

[12] S. Saputra and S. U.S, “Penerapan lesson study untuk guru ipa dalam meningkatkan kemampuan keterampilan proses sains siswa,” Strateg. J. Inov. Strateg. Dan Model Pembelajaran, vol. 4, no. 4, pp. 151–158, 2024, doi: 10.51878/strategi.v4i4.3556.

[13] W. Ming Cheung and W. Yee Wong, “Does Lesson Study work? : A systematic review on the effects of Lesson Study and Learning Study on teachers and students,” Int. J. Lesson Learn. Stud., vol. 3, no. 2, pp. 137–149, 2014, doi: 10.1108/IJLLS-05-2013-0024.

[14] L. Y. Risnani, V. Harsution, and A. R. Deri, “Implementasi model guided inquiry melalui lesson study untuk meningkatkan penguasaan keterampilan proses sains (KPS) di SMP Muhammadiyah 3 Purwokerto,” J. Bioedukatika, vol. 6, no. 2, p. 74, 2018, doi: 10.26555/bioedukatika.v6i2.9607.

[15] İ. Bayram and F. Bıkmaz, “Implications of Lesson Study for Tertiary-Level EFL Teachers’ Professional Development: A Case Study From Turkey,” SAGE Open, vol. 11, no. 2, 2021, doi: 10.1177/21582440211023771.

[16] S. Adianto, M. Ikhsan, and S. Oye, “Penilaian Autentik Pada Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar,” JINOTEP (Jurnal Inov. dan Teknol. Pembelajaran) Kaji. dan Ris. Dalam Teknol. Pembelajaran, vol. 7, no. 2, pp. 133–142, 2020, doi: 10.17977/um031v7i22020p133.

[17] T. Suwartono, A. Abdulloh, and K. Khomsatun, “Lesson Study: A Collective Concern for Students’ Learning Improvement,” J. Learn. Improv. Lesson Study, vol. 2, no. 1, pp. 9–19, 2022, doi: 10.24036/jlils.v2i1.11.

[18] N. Nasrun, “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Motivasi Kerja dan Kinerja Guru,” Ilmu Pendidik. J. Kaji. Teor. dan Prakt. Kependidikan, vol. 1, no. 2, pp. 63–70, 2016, doi: 10.17977/um025v1i22016p063.

[19] R. Huang, Y. Fang, and X. Chen, “Chinese lesson study: a deliberate practice, a research methodology, and an improvement science,” Int. J. Lesson Learn. Stud., vol. 6, no. 4, pp. 270–282, 2017, doi: 10.1108/IJLLS-08-2017-0037.

[20] A. Hadhiatma, A. Hernawan, and B. Soelistijanto, “Pengembangan Sumber dan Evaluasi Pembelajaran Sekolah Dasar Menggunakan Moodle Berbasis Virtual Machine,” J. Atma Inovasia, vol. 4, no. 5, pp. 202–206, 2024.

Downloads

Published

2025-09-30

Issue

Section

Articles