Motivasi dan Strategi Sukses Meningkatkan Minat Siswa SMK 1 Muhammadiyah Semarang untuk Melanjutkan Studi

Authors

  • Arista Diana Institut Teknologi Statistika dan Bisnis Muhammadiyah Semarang
  • Wulan Bhakti Pertiwi Institut Teknologi Statistika dan Bisnis Muhammadiyah Semarang
  • Nova Putri Ardelia Institut Teknologi Statistika dan Bisnis Muhammadiyah Semarang

DOI:

https://doi.org/10.24002/jai.v5i4.11274

Keywords:

Pendidikan Tinggi, Motivasi, Soft Skill, Perencanaan Karir, Pengabdian Masyarakat

Abstract

Pendidikan tinggi memainkan peran penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia serta membuka peluang karier yang lebih luas. Namun, masih banyak siswa SMK yang menghadapi kendala dalam memahami jalur pendidikan tinggi, termasuk persyaratan masuk, program studi yang sesuai, serta peluang beasiswa yang tersedia. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan minat siswa SMK Muhammadiyah 1 Semarang dalam melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Melalui metode ceramah dan diskusi interaktif, siswa diberikan pemahaman mendalam mengenai manfaat pendidikan tinggi, berbagai jalur masuk perguruan tinggi, serta strategi dalam memilih program studi yang sesuai dengan bidang keahlian mereka. Selain itu, kegiatan ini juga menekankan pentingnya pengembangan soft skills, seperti komunikasi, manajemen waktu, dan kepemimpinan, yang akan membantu mereka dalam beradaptasi di lingkungan akademik yang lebih tinggi. Dengan adanya program ini, diharapkan siswa SMK Muhammadiyah 1 Semarang menjadi lebih termotivasi, percaya diri, dan siap untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi guna meraih masa depan yang lebih cerah.

References

[1] Williandani, M., Tambunan, I. B., Napitupulu, B. P., Manday, C. C. R., & Rezeki, N. S. (2023). Sosialisasi Perguruan Tinggi di Industri Dalam Rangka Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia di Hotel Fave S. Parman Medan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Agung, 3(2), 34–40

[2] Hidayat, R., Mukhlasin, A., Siregar, M. F. Z., Darmila, L., Nasution, H. S., & Astarani, T. F. (2025). Peningkatan Pemahaman Dan Pandangan Kedepan Terkait Pendidikan Tinggi Bagi Santri di Pesantren Raudhatul Jannah Subulussalam. Center of Knowledge : Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 29–37.

[3] Makhrisa, R., & Pradikto, S. (2025). Analisis Peran Lingkungan Sosial Terhadap Minat Peserta Didik dalam Memilih Pendidikan Tinggi. Jurnal Kajian Dan Penelitian Umum, 3(1), 78–98

[4] Farwitawati, R., & Masirun, M. (2021). Menumbuhkan Minat Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Perpajakan. COMSEP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 21–26.

[5] Sari, M., & Khairuddin, K. (2024). Mekanisme Perencanaan Studi Lanjut Siswa Madrasah Aliyah Swasta Persiapan Medan. Jurnal Educatio: Jurnal Pendidikan Indonesia, 10(2), 40–55.

[6] Cristiana, E. (2021). Digitalisasi pendidikan ditinjau dari perspektif hukum. Edelweisia Cristiana, (3), 58–66.

[7] Audrey, A. W., Murfiyana, Y. A., Muzaki, A., & Anjarsari, R. (2023). Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mendukung Karir Siswa Smk N 3 Metro Melalui Program Bmw. PANDU : Jurnal Pendidikan Anak Dan Pendidikan Umum, 1(4), 225–233

[8] Rois, F., Hasanah, R. N., Nisa, F., & Puspitasari, N. S. (2024). Pengembangan Karir Siswa di Era Digital Melalui Pendidikan dan Konseling di SMA Negeri 2 Ngawi. Jurnal Penelitian Ilmiah Multidisiplin, 8(11), 147–157.

[9] Butar-Butar, D. S., Nugroho, A. R., & Gunawan, R. (2024). Strategi Konseling Kelompok Realitas untuk Mengembangkan Kemampuan Pengambilan Keputusan Karier Pada Siswa Kelas XI SMK Plus Pelita Nusantara. Indonesian Journal of Educational Counseling, 8(2), 271–281.

[10] Aprillia, L., & Muslimah, S. R. (2024). Optimalisasi Bimbingan Karir dalam Menemukan Minat dan Bakat Bagi Siswa. Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, Dan Psikoterapi Islam, 12(1), 21–40

[11] F. Fahrurrazi, S. Setia, and P. Jayawardaya, “Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SD Melalui Metode Pembelajaran Interaktif,” Bhs. dan Budaya, vol. 2, no. 3, pp. 101–110, 2024, [Online]. Available: https://doi.org/10.61132/semantik.v2i3.776.

[12] Uyun, M. (2023). Meningkatkan Minat Siswa Smk Untuk Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi. Communnity Development Journal, 4(1), 358–362

[13] F. E. W. Wiranata, Indah Sepwina Putri, and M. M. Christina, “Pelatihan Metode Ajar Efektif dan Pembuatan Modul Ajar pada Tenaga Volunter di Rumah Anak Pintar Indonesia (RAPI),” J. Atma Inovasia, vol. 3, no. 2, pp. 191–195, 2023, doi: 10.24002/jai.v3i2.6971

[14] N. T. S. Saptadi, “Peningkatan Kompetensi Guru dalam Penciptaan Ruang Belajar Inklusif Berbasis Inovasi dan Kreativitas Teknologi di Era Digital,” J. Atma Inovasia, vol.5 no. 1, p-ISSN: 2775-9385 e-ISSN: 2775-9113

[15] A. F. Diana and M. S. Madani, “Strategi Efektif Pengelolaan dan Analisis Data PT. Nusantara building Industries Dengan Microsoft Excel,” vol. 4, no. 2, pp. 72–82, 2024.

Downloads

Published

2025-07-30

Issue

Section

Articles