Pendampingan Kegiatan Studi Independen Mahasiswa terkait Artificial Intelligence di PT. Orbit Ventura Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.24002/jai.v5i4.11281Keywords:
Pendidikan, Kampus Merdeka, Studi Independen, Artificial IntelligenceAbstract
Kebijakan Kampus Merdeka, yang digagas oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) pada tahun 2020, berperan penting dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang kompeten dan mampu beradaptasi dengan perkembangan di era Industri 4.0 dan Society 5.0. Untuk mendukung kesiapan Perguruan Tinggi dalam menghadapi tantangan tersebut, kebijakan Kampus Merdeka memberikan kebebasan bagi mahasiswa untuk memperoleh pengalaman belajar di luar lingkungan kampus melalui program Studi Independen yang bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan keterampilan praktis yang relevan dengan perkembangan teknologi yang diterapkan dalam dunia industri. Program ini memungkinkan mahasiswa untuk mendalami bidang yang diminati seperti Artificial Intelegence dengan bimbingan dari lembaga mitra salah satunya adalah PT. Orbit Ventura Indonesia. Pembelajaran dilakukan secara daring dimulai dari bulan agustus 2023 hingga januari 2024 yang dimonitoring oleh Dosen Pendamping Program (DPP). DPP melakukan koordinasi bersama mitra dalam mengevaluasi proses pembelajaran mahasiswa di PT. Orbit Ventura Indonesia. Hasil monitoring dilaporkan secara berkala melalui LMS Kampus Merdeka.
References
[1] M. G. Suryatno dan D. R. M. Insana, “Dampak Program Mbkm Magang Studi Independen Bersertifikat Dalam Meningkatkan Minat Wirausaha Global Mahasiswa Sebagai Eksportir Baru 4.0,” j.usaha, vol. 3, no. 2, hlm. 15–28, Des 2022, doi: 10.30998/juuk.v3i2.1412.
[2] P. Samosir, W. Rajagukguk, dan D. B. S. Simamora, “Pendampingan Kegiatan MBKM Artificial Intelligence for Startup di PT. Orbit Ventura Indonesia,” cs, vol. 5, no. 2, hlm. 1340–1359, Sep 2023, doi: 10.33541/cs.v5i2.4882.
[3] M. R. Perdana Dan U. E. Unggul, “Pengaruh Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Mbkm) Terhadap Mahasiswa Pada Prodi Teknik Informatika Fakultas Ilmu Komputer Universitas Esa Unggul”.
[4] A. Rahman, E. Satispi, dan I. Setyaningrum, “Evaluasi Pelaksanaan Kebijakan Kampus Merdeka : Studi Pada Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB)”.
[5] P. U. Kamalia dan E. H. Andriansyah, “Independent Learning-Independent Campus (MBKM) in Students’ Perception,” j. kependidikan. has. penelit. kaji. kepustakaan. bid. pendidik. pengajaran. n.a., vol. 7, no. 4, hlm. 857, Des 2021, doi: 10.33394/jk.v7i4.4031.
[6] S. Ode dan Y. A. Marajohan Tambun, “Implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Tahun 2021 (Implementasi Program Studi Independen Bersertifikat Sekolah Ekspor),” GOV, vol. 7, no. 2, hlm. 38–50, Jun 2022, doi: 10.52447/gov.v7i2.6131.
[7] A. Kholik, H. Bisri, Z. K. Lathifah, B. Kartakusumah, M. Maufur, dan T. Prasetyo, “Impelementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Berdasarkan Persepsi Dosen dan Mahasiswa,” basicedu, vol. 6, no. 1, hlm. 738–748, Jan 2022, doi: 10.31004/basicedu.v6i1.2045.
[8] A. Rahman, D. C. Sukmajati, M. Mawar, E. Satispi, dan D. Gunanto, “Implementasi Kebijakan pada Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat di Indonesia,” sosio, vol. 9, no. 2, hlm. 266–291, Jul 2023, doi: 10.30738/sosio.v9i2.14832.
[9] R. Vhalery, A. M. Setyastanto, dan A. W. Leksono, “Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Sebuah Kajian Literatur,” RDJE, vol. 8, no. 1, hlm. 185, Apr 2022, doi: 10.30998/rdje.v8i1.11718.
[10] J. Kuncoro dan A. Handayani, “Peningkatan Soft Skill Melalui Kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM),” vol. 17, 2022.
[11] An Nisaa’ Budi Sulistyaningrum, Nurulita Artanti Nirwana, Dhiya Ratri Januar, dan Nela Najwa Hilalia, “Performa Kebijakan Kampus Merdeka pada Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat,” MUDIMA, vol. 2, no. 6, hlm. 2771–2786, Jun 2022, doi: 10.55927/mudima.v2i6.489.
[12] K. S. Witanto dan L. G. Astuti, “Kegiatan Studi Independen Bersertifikat Pengembang Machine Learning Dan Front-End Web Di Pt Presentologics Dicoding Indonesia”.
[13] E. Simatupang dan I. Yuhertiana, “Merdeka Belajar Kampus Merdeka terhadap Perubahan Paradigma Pembelajaran pada Pendidikan Tinggi: Sebuah Tinjauan Literatur,” JBME, vol. 2, no. 2, hlm. 30–38, Apr 2021, doi: 10.47747/jbme.v2i2.230.
[14] E. M. Sartika dkk., “Pemanfaatan Tools AI dalam Pembuatan Materi Pengajaran bagi Guru- Guru di BPPK Bandung,” JAI, vol. 4, no. 4, hlm. 153–157, Jul 2024, doi: 10.24002/jai.v4i4.9399.
[15] C. A. Aurelia dan D. A. Prasetya, “Implementasi Pembelajaran AI Mastery Program dalam Mengembangkan Aplikasi Berbasis Web di PT. Orbit Ventura Indonesia,” society, vol. 4, no. 1, hlm. 1–10, Okt 2023, doi: 10.37802/society.v4i1.299.
[16] D. De Silva dan D. Alahakoon, “An artificial intelligence life cycle: From conception to production,” Patterns, vol. 3, no. 6, hlm. 100489, Jun 2022, doi: 10.1016/j.patter.2022.100489.
[17] E. Fitriani, “Pelatihan aplikasi Chatgpt sebagai alat pendukung pembelajaran,” SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, vol. 8, Sep 2024.
[18] R. D. Indahsari, T. D. Andini, . S., A. E. Irsyada, dan J. Arifin, “Pemanfaatan Chatgpt Dalam Pembelajaran Secara Optimal Di Smk Al-Basthomi Loceret Nganjuk,” Jur. abdimas, vol. 3, no. 2, hlm. 81, Okt 2024, doi: 10.26798/jpm.v3i2.1450.
[19] K. Nisa, A. I. Lailani, A. Maulana, N. A. Hasannah, S. Rihani, dan N. Setianingrum, “Peran Sikap Profesional, Etika Kerja, Dan Keterampilan Dalam Meningkatkan Produktifitas Karyawan,” Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu, vol. 2, Oktober 2024, doi: https://doi.org/10.59435/gjmi.v2i10.963.
[20] S. Aslamiyah dan W. Reviandani, “Pendampingan Literasi Keuangan Era Digital Pada Generasi Millenial,” jpm, vol. 3, no. 2, hlm. 82, Jun 2024, doi: 10.30587/jpm.v3i2.7641.
[21] F. Zainuddin, V. Fattah, dan S. Samudra, “Pendampingan Pengembangan Literasi Keuangan Dalam Meningkatkan Kinerja Umkm,” no. 5, 2024.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fetronela Bobu, Dian Grace Ludji, Handrianus V.M. Wula, Risald

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.








