Pemberdayaan Guru dalam Mengintegrasikan Educational Data Analytics sebagai Upaya Optimalisasi Proses Pembelajaran di Era Digital

Authors

  • Rasim Universitas Pendidikan Indonesia
  • Enjang Ali Nurdin Universitas Pendidikan Indonesia
  • Enjun Junaeti Universitas Pendidikan Indonesia
  • Yuli Sopianti Universitas Pendidikan Indonesia
  • Latifahny Aridia Alfitri

Keywords:

Educational Data Analytics (EDA), kompetensi guru, pembelajaran berbasis data, teknologi pendidikan

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dalam dunia pendidikan membuka peluang besar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran melalui analisis data pendidikan atau Educational Data Analytics (EDA). Namun, pemahaman dan keterampilan guru dalam memanfaatkan EDA masih terbatas. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian ini bertujuan mengenalkan konsep dasar dan potensi pemanfaatan EDA kepada guru-guru SMP di Kecamatan Gununghalu, Jawa Barat. Metode kegiatan berupa sosialisasi dan pelatihan dasar secara interaktif dengan pendekatan pemaparan teori, demonstrasi alat analitik sederhana, dan diskusi terbuka. Kegiatan ini diikuti oleh 42 guru SMP yang menunjukkan antusiasme tinggi selama pelatihan berlangsung. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa para guru mulai memahami pentingnya EDA sebagai dasar pengambilan keputusan pembelajaran berbasis data. Meskipun masih pada tahap pengenalan, peserta telah menunjukkan ketertarikan untuk mengintegrasikan EDA dalam praktik mengajar peserta. Dapat disimpulkan bahwa tahap awal pengenalan konsep EDA efektif dalam membangun kesadaran guru tentang pentingnya analisis data pendidikan, sehingga perlu ditindaklanjuti dengan pelatihan lanjutan yang lebih intensif dan praktis.

References

[1] J. Hutahaean and S. Amelia, “Teknologi Pendidikan Penggunaan Teknologi Big Data Untuk Menganalisis Perilaku Teknologi Pendidikan,” vol. 3, no. 1, pp. 152–160, 2024, doi: 10.56854/tp.v3i1.232.

[2] S. A. A. Kharis and A. H. A. Zili, “Learning Analytics dan Educational Data Mining pada Data Pendidikan,” J. Ris. Pembelajaran Mat. Sekol., vol. 6, no. 1, pp. 12–20, 2022, doi: 10.21009/jrpms.061.02.

[3] I. Widiasanti, J. T. Adelia, L. Rosidin, M. F. Viola, and M. Daniarista, “Implementasi Penggunaan Big Data Dalam Menganalisis Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Siswa Dalam Hasil Ujian,” Akademika, vol. 12, no. 01, pp. 239–250, 2023, doi: 10.34005/akademika.v12i01.2607.

[4] D. Heryana, L. Setiawati, and B. Suhendar, “Sistem Informasi Dan Potensi Manfaat Big Data Untuk Pendidikan,” Gunahumas, vol. 2, no. 2, pp. 350–357, 2020, doi: 10.17509/ghm.v2i2.23023.

[5] M. G. Efgivia, “Pemanfaatan Big Data Dalam Penelitian Teknologi Pendidikan,” Educ. J. Teknol. Pendidik., vol. 5, no. 2, pp. 107–119, 2020, doi: 10.32832/educate.v5i2.3381.

[6] J. S. Santos, W. L. Andrade, J. Brunet, and M. R. A. Melo, “A Systematic Literature Review on Predictive Cognitive Skills in Novice Programming,” in 2022 IEEE Frontiers in Education Conference (FIE), 2022, pp. 1–9. doi: 10.1109/FIE56618.2022.9962582.

[7] R. Abedi et al., “The Effects of Personalized Learning on Achieving Meaningful Learning Outcomes,” Interdiscip. J. Virtual Learn. Med. Sci., vol. 12, no. 3, pp. 177–187, 2019, doi: 10.30476/of.

[8] L. Lin, X. Lin, X. Zhang, and P. Ginns, “The Personalized Learning by Interest Effect on Interest, Cognitive Load, Retention, and Transfer: A Meta-Analysis,” Educ. Psychol. Rev., vol. 36, no. 3, p. 88, 2024, doi: 10.1007/s10648-024-09933-7.

[9] Y. Zhou, X. Ye, and Y. Liu, “The influence of personalized learning intervention system on student learning a study of junior middle school,” Interact. Technol. Smart Educ., vol. 19, no. 4, pp. 441–459, Jan. 2022, doi: 10.1108/ITSE-10-2021-0192.

[10] C. P. Raffe and T. Loughland, “‘We’re not data analysts’: Teachers’ perspectives on factors impacting their use of student assessment data,” Issues Educ. Res., vol. 31, no. 1, pp. 224–240, 2021.

[11] A. I. Starčič and M. Vukan, “Teachers’ perception of data-driven school ecosystem and data analytics,” in Proceedings of the 10th International Conference on E-Education, E-Business, E-Management and E-Learning, in IC4E ’19. New York, NY, USA: Association for Computing Machinery, 2019, pp. 245–249. doi: 10.1145/3306500.3306573.

[12] T. Purwoningsih, H. B. Santoso, and Z. A. Hasibuan, “Data Analytics of Students’ Profiles and Activities in a Full Online Learning Context,” in 2020 Fifth International Conference on Informatics and Computing (ICIC), 2020, pp. 1–8. doi: 10.1109/ICIC50835.2020.9288540.

[13] A. Rabelo, M. W. Rodrigues, C. Nobre, S. Isotani, and L. Zárate, “Educational data mining and learning analytics: a review of educational management in e-learning,” Inf. Discov. Deliv., vol. 52, no. 2, pp. 149–163, 2024, doi: 10.1108/IDD-10-2022-0099.

[14] D. R. Pimentel, N. J. Horton, and M. H. Wilkerson, “Tools to support data analysis and data science in K-12 education,” Work. Found. Data Sci. Students Grades K-12, 2022.

[15] B. Slaw Afriyie et al., “Information Systems Education Journal (An Industry Survey of Analytics Spreadsheet Tools Adoption: Microsoft Excel vs Google Sheets),” Inf. Syst. Educ. J., vol. 21, no. November, pp. 29–42, 2023, [Online]. Available: https://isedj.org

[16] Khadka and Birendra, “DATA ANALYSIS THEORY AND PRACTICE Case: Python and Excel Tools,” Centria University of Applied Sciences Date, 2019.

[17] Y. M. Pratama et al., “Pelatihan Akuntansi UMKM Berbasis Excel kepada Musyawarah Guru Mata Pelajaran Ekonomi, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta,” J. Atma Inovasia, vol. 3, no. 6, pp. 525–529, 2023, doi: 10.24002/jai.v3i6.7873.

[18] L. Aulia, Z. B. Ikhtiyar, A. Ginanjar, and A. F. Diana, “Peningkatan Produktivitas Karyawan PT . NBI melalui Pelatihan Microsoft Excel sebagai Strategi dalam Pengelolaan Data Perusahaan,” vol. 4, no. 5, pp. 195–201, 2024.

[19] C. D. Kurnianingtyas and Ratna Mustika Dewi, “Pelatihan Microsoft Excel bagi Guru-guru di SD Negeri 3 Bareng Lor Klaten,” J. Atma Inovasia, vol. 3, no. 3, pp. 255–258, 2023, doi: 10.24002/jai.v3i3.7051.

[20] N. Tri and S. Saptadi, “Peningkatan Kompetensi Guru dalam Penciptaan Ruang Belajar Inklusif Berbasis Inovasi dan Kreativitas Teknologi di Era Digital,” vol. 5, no. 1, pp. 1–7, 2025.

Downloads

Published

2025-09-30

Issue

Section

Articles