Pelatihan Copywriting Periklanan dan Pelatihan Pengelolaan Keuangan bagi UMKM Kelurahan Mangunharjo, Semarang
DOI:
https://doi.org/10.24002/jai.v5i4.11365Abstract
Pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan dalam kegiatan KKU dan KKS pada semester genap tahun akademik 2023–2024. Sasaran pengabdian kepada masyarakat adalah mitra UMKM, tim penggerak, dan ibu-ibu PKK di Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang. Permasalahan yang dihadapi oleh para mitra adalah adanya usaha kecil dan menengah, namun produk dan jasa yang mereka miliki belum semuanya diketahui oleh masyarakat luas, terutama di luar Kelurahan Mangunharjo. Tidak semua mitra mempromosikan potensi dan produk UMKM mereka melalui media sosial. Beberapa mitra masih mengandalkan promosi melalui gethok tular (dari mulut ke mulut), sebagian lain menggunakan media sosial, namun dengan pengetahuan yang masih sederhana. Oleh karena itu, pelaku UMKM perlu meningkatkan pengetahuan tentang penggunaan media sosial dan teknik advertising copywriting agar pesan yang disampaikan kepada masyarakat menjadi lebih efektif. Selain itu, mitra juga belum mampu mengelola keuangan UMKM dengan baik, sehingga pengeluaran, pemasukan, dan keuntungan tidak tercatat secara rapi. Pengabdian ini dilaksanakan berdasarkan hasil observasi dan diskusi dengan sebagian besar pelaku UMKM di Kelurahan Mangunharjo yang menunjukkan bahwa mereka belum mempromosikan produk melalui media sosial dan belum mencatat keuangan secara baik. Hal ini disebabkan oleh keyakinan bahwa selama ini usaha mereka masih dapat berjalan. Inilah yang menjadi fokus perhatian tim pengabdian. Metode yang digunakan adalah pemberian pelatihan penggunaan media sosial untuk pemasaran, pelatihan advertising copywriting, dan pelatihan pelaporan keuangan. Hasil dari kegiatan pengabdian menunjukkan bahwa para peserta sangat antusias dan mulai memikirkan langkah-langkah untuk mempromosikan produk serta mengembangkan usaha mereka, serta menyadari pentingnya pengelolaan keuangan yang baik.
References
[1] H. Sri, Sukesi, and H. Kanty, “Manajemen UMKM dan Koperasi: Optimalisasi Ekonomi Masyarakat Pesisir Pantai,” Unitomo Press, vol. 1, pp. 1–245, 2019.
[2] A. T. Budisantoso and C. H. Kurniawan, “Pelatihan Literasi Akuntansi Keuangan bagi Pelaku UMKM Credit Union Cindelaras Tumangkar,” vol. 5, no. 1, pp. 7–11, 2025.
[3] Y. M. Pratama et al., “Pelatihan dan Pendampingan Tata Kelola Usaha dan Digital Marketing pada UMKM Binaan PLUT Kabupaten Semarang, Jawa Tengah,” J. Atma Inovasia, vol. 3, no. 5, pp. 417–422, 2023, doi: 10.24002/jai.v3i5.7760.
[4] A. W. N. Jati, L. I. M. Yulianti, E. P. Ginting, E. Fallovi, and R. Ruskim, “Pendampingan Peningkatan Produk Teh Penunjang Ekowisata di Turgo , Purwobinangun , Taman Nasional Gunung Merapi,” vol. 5, no. 1, pp. 71–76, 2025.
[5] M. R. N. Hilmawati and R. Kusumaningtias, “Inklusi Keuangan Dan Literasi Keuangan Terhadap Kinerja Dan Keberlangsungan Sektor Usaha Mikro Kecil Menengah,” Nominal Barom. Ris. Akunt. dan Manaj., vol. 10, no. 1, pp. 135–152, 2021, doi: 10.21831/nominal.v10i1.33881.
[6] P. Krisna and P. Nuratama, Tata Kelola Manajemen & Keuangan Usaha Mikro Kecil Menengah. 2021.
[7] Dicky Perwira Ompusunggu and Nina Irenetia, “Pentingnya Manajemen Keuangan Bagi Perusahaan,” CEMERLANG J. Manaj. dan Ekon. Bisnis, vol. 3, no. 2, pp. 140–147, 2023, doi: 10.55606/cemerlang.v3i2.1129.
[8] Ikatan Akuntan Indonesia (IAI), “Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil dan Menengah,” Jakarta: Dewan Standar Akuntansi Keuangan, 2016. .
[9] I. G. B. B. . Yogantari, M.V., Ariesta, “Kajian Pengaruh Copywriting Kreatif Terhadap Identitas Brand Kedai Kopi Takeaway Di Denpasar,” Nawala Vis., vol. 3, no. No 1. Mei 2021., pp. 8–16, 2021, doi: https://doi.org/10.35886/nawalavisual.v3i1.160.
[10] L. (2024) Nadifah, K. N., & Indayani, “Influence Visual, Copywriting, and Public Speaking on Social Media Accounts Instagram@ Sidoarjokuliner in Attracting Consumers Buying Interest in Sidoarjo,” Kolok. J. Pendidik. Luar Sekol., vol. 12, no. 1, 2024, doi: https://doi.org/10.21070/ups.4650.
[11] H. Khalil, Ibrahim., Shihab, S. Muchsin., Hammad, “Pengaruh Konten dan Copywriting Instagram Terhadap Brand Awareness dan Keputusan Pembelian.,” J. Adm. dan Manaj., vol. 13, no. 3, pp. 307–315, 2023.
[12] O. Husna, “Pengaruh Copywriting, Content Marketing dan Social Media Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen Pada UMKM Mika Hijab Store Solo,” urnal Ilm. Ekon. Islam dan Gen., vol. 3, no. 1, pp. 333–343, 2024.
[13] A. P. J. I. Indonesia, “Hasil Survei Internet APJII 2023,” 2023. [Online]. Available: https://survei.apjii.or.id/survei/survei/group/8.
[14] T. Albrightron, The ABC of Copywriting. Norwich: ABC Business Communications Ltd., 2013.
[15] W. Ariyadi, 101 Amazing Copwriting Ideas. Yogyakarta: Quadrant, 2017.
[16] F. Asriani, Persuasive Copywriting, Sebuah Seni Menjual melalui Tulisan. Quadrant, 2021.
[17] A. Nugroho, Fifto., “Pelatihan Penggunaan Copywriting bagi Komunitas Kubependa Rawalumbu Bekasi,” Jurnal Pengabdian Masyarakat Gemilang, vol. 2, no. 3, pp. 62–68, 2022.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Lenny Setyowati, Stefani Fierzca Dewi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.








