Motivasi Berwirausaha sebagai Upaya Menyiapkan Siswa SMK Menjadi Generasi Muda Mandiri

Authors

  • Rowiyani Institut Teknologi Statistika dan Bisnis Muhammadiyah Semarang
  • Arista Fitri Diana Institut Teknologi Statistika dan Bisnis Muhammadiyah Semarang
  • Alfin Muslikhun Institut Teknologi Statistika dan Bisnis Muhammadiyah Semarang
  • Mukhlidin Institut Teknologi Statistika dan Bisnis Muhammadiyah Semarang
  • Khoerul Soleh Institut Teknologi Statistika dan Bisnis Muhammadiyah Semarang
  • Ardani Duta Ilham Syaifullah Institut Teknologi Statistika dan Bisnis Muhammadiyah Semarang

DOI:

https://doi.org/10.24002/jai.v5i5.11374

Keywords:

motivasi berwirausaha, kewirausahaan siswa, pengabdian kepada masyarakat

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi berwirausaha di kalangan siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah 2 Boja sebagai upaya menyiapkan generasi muda yang mandiri secara ekonomi. Latar belakang kegiatan ini didasarkan pada rendahnya minat siswa SMK untuk menciptakan usaha mandiri, yang disebabkan oleh minimnya motivasi dan pendekatan kewirausahaan yang lebih bersifat teoritis. Melalui pendekatan interaktif, kegiatan ini dilaksanakan dalam empat tahapan utama, yaitu persiapan, pelaksanaan motivasi kewirausahaan, refleksi dan evaluasi, serta tindak lanjut. Metode yang digunakan meliputi seminar interaktif, pemutaran video inspiratif, diskusi kelompok kecil, dan pengisian kuesioner pre-test serta post-test. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan pada perubahan persepsi siswa terhadap kewirausahaan (44%), peningkatan semangat berwirausaha (48%), serta kesiapan siswa dalam memulai usaha (27%). Selain itu, sebanyak 54% peserta menyatakan sangat puas terhadap materi yang disampaikan. Kegiatan ini terbukti memberikan dampak positif dalam membentuk karakter siswa yang lebih mandiri, kreatif, dan berdaya saing. Tindak lanjut kegiatan berupa pelatihan lanjutan. Dengan demikian, motivasi berwirausaha yang diberikan secara langsung dan kontekstual menjadi strategi efektif dalam menyiapkan lulusan SMK yang tidak hanya siap kerja, tetapi juga mampu menciptakan lapangan kerja.

References

[1] E. Andayani, L. S. Hariani, and M. Jauhari, “Pembentukan kemandirian melalui pembelajaran kewirausahaan sosial untuk meningkatkan kesadaran sosial dan kesadaran ekonomi,” J. Ris. Pendidik. Ekon., vol. 6, no. 1, pp. 22–34, 2021, doi: 10.21067/jrpe.v6i1.5143.

[2] D. Junaid, Aminah, “Pengembangan Jiwa Kewirausahaan di Era Millenial sebagai Pembentukan Kapabilitas Kemandirian Berusaha,” J. Hum. Educ., vol. 4, no. 1, pp. 306–311, 2024, [Online]. Available: http://jahe.or.id/index.php/jahe/article/view/600

[3] Y. Novriansyah, M. Asman, and D. F. Harahab, “Mengembangkan Kreativitas Berwirausaha Generasi Muda Masa Pandemi Covid 19 Di Kecamatan Tanah Sepenggal Kabupaten Bungo,” J. Pengabdi. KITA, vol. 4, no. 01, pp. 1–6, 2021.

[4] K. A. A. Alfin Muslikhun, Rowiyani, Mukhlidin, “Kombinasi Aplikasi Canva Dan Pixlr Dalam Memaksimalkan Konten di Media Sosial ( Pelatihan pada Pelaku UMKM di wilayah Kelurahan Ngaliyan ) Combination of Canva and Pixlr Applications to Maximize Content on Social Media ( Training for MSMEs in the Ngaliyan,” J. Pelayanan Masy. ( JPM ), vol. 1, no. 2, 2024, [Online]. Available: https://doi.org/10.62951/jpm.v1i2.212

[5] A. M. Safaat Yulianto, Atika Nurani Ambarwati, Zakaria Bani Ikhtiyar, “Penerapan Manajemen Waktu dan Penerapan Konseling Individu untuk Mengurangi Prokrastinasi Akademik di SMK Miftahul Huda Kendal,” SAFARI J. Pengabdi. Masy. Indones., vol. 5, no. 20, 2025, [Online]. Available: https://doi.org/10.56910/safari.v5i1.1904

[6] A. M. Nurul Huda, Deden Istiawan, Alya Masitha, “Meningkatkan Keterampilan Profesional Mahasiswa: Strategi Penguatan Soft Skills untuk Sukses di Era Digital,” J. Pengabdi. Masy. Sains dan Teknol., no. 4, 2025, [Online]. Available: https://doi.org/10.58169/jpmsaintek.v3i4.660

[7] A. Mahiruna, Semarang, Rowiyani, Ngatimin, R. Riansyah, and A. Y. E. Wardana, “Optimalisasi Media Sosial Youtube sebagai Media Berwirausaha,” J. Atma Inovasia, vol. 4, no. 5, 2024, [Online]. Available: https://doi.org/10.24002/jai.v4i5.9350

[8] R. Rowiyani, A. Mahiruna, K. Soleh, M. Robeth Suprayitno, and B. Maira Cahaya Putra, “Dampak Media Sosial Shopee Terhadap Pendapatan Bisnis Online,” J. Pengabdi. Masy. Nusant., vol. 4, no. 1, pp. 17–22, 2024, doi: 10.35870/jpmn.v4i1.2671.

[9] W. P. Rowiyani, Mukhlidin, Alfin Muslikhun, Khoirul Sholeh, Iqbal Maulana, “Pelatihan Pembuatan Kuliner Kekinian Takoyaki pada Ibu-Ibu PKK Desa,” J. Pengabdi. Masy. Sains dan Teknol., no. 4, 2023, [Online]. Available: https://doi.org/10.58169/jpmsaintek.v2i4.588

[10] I. M. Alfin Muslikhun, Rowiyani, Mukhlidin, Khoerul Soleh, “Budidaya Lele Dan Tanaman Kangkung Dalam Satu Ember Untuk Meningkatkan Ekonomi Rumah Tangga ( Pelatihan Warga RT 01 RW 03 Kelurahan Kedungmundu ),” J. Atma Inovasia, vol. 5, no. 1, pp. 12–16, 2025, [Online]. Available: https://doi.org/10.24002/jai.v5i1.10031

[11] N. L. Brilianti, R. Yoseptry, H. Anisa, S. Islamy, N. E. Nurlela, and S. Nurhasanah, “Implementasi Program Sekolah Pencetak Wirausaha ( SPW ) Dalam Mengembangkan Minat Berwirausaha Siswa Di SMKN 1 Majalaya,” AL-AFKAR J. Islam. Stud., vol. 6, no. 2, pp. 340–352, 2023, doi: 10.31943/afkarjournal.v6i2.558..Implementation.

[12] M. S. Ahmad Afifuddin, Muhammad Janky Dawsat, Lutfi Rahmawati, Yuyud Susilo, “Menumbuhkan Minat Wirausaha Siswa Kelas Xi Di Sekolah Menengah Kejuruan (Smk) Islamic Boarding School (Ibs) Tathmainul Quluub Kabupaten Indramayu,” J. MASLAHAH, vol. 5, no. 1, pp. 48–58, 2024.

[13] P. Amin, D. Ulfah Arini, W. Bamang Permadi, and U. Pamulang, “Memetakan Bakat Dan Minat Siswa Dengan Membangun Mental Wirausaha Guna Mendukung Program Ekonomi Kreatif Di Lingkungan Sekolah,” J. Masy. Mandiri, vol. 4, no. 2, pp. 308–318, 2020, [Online]. Available: http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm

[14] N. Oktaviani, A. Soleh, S. Suwarni, S. Sachanovrissa, and D. Hardinata, “Sosialisasi Kewirausahaan Untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Siswa Kelas XII Alfamart Class SMKN 1 Kota Bengkulu,” J. Dehasen Untuk Negeri, vol. 3, no. 1, pp. 15–18, 2024, doi: 10.37676/jdun.v3i1.5448.

[15] T. R. Putri, A. Soleh, I. U. Putra, W. Wagini, and A. Rahman, “Sosialisasi Menumbuhkan Semangat Wirausahawan Kreatif Dan Inovatif Diera Digitalisasi Pada Siswa Kelas X DKV SMK 1 Pembangunan Kota Bengkulu,” J. Dehasen Untuk Negeri, vol. 3, no. 2, pp. 217–222, 2024, doi: 10.37676/jdun.v3i2.6222.

[16] E. D. Munte, L. L. Tarigan, B. N. Siahaan, M. Purba, N. Fridayanti, and R. Abdillah, “Sosialisasi Meningkatkan Jiwa Wirausaha Dikalangan Generasi Muda pada Smk Skylandsea Yappsu,” Abdimas Mandiri J. Pengabdi. pada Masy., vol. 4, no. 1, pp. 36–39, 2024.

[17] A. Sembiring and R. Halila Nasution, “Pelatihan Desain Grafis Dan Percetakan Untuk Wirausaha Dalam Rangka Meningkatkan Kemandirian Siswa Smk,” Semin. Nas. Unisla, vol. 3, no. 2, pp. 270–276, 2018, [Online]. Available: https://karokab.bps.go.id

[18] S. Alifah, D. Narsih, and S. Widiyarto, “Pengaruh Metode Partisipatori Dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Berwirausaha Siswa Smk,” Lect. J. Pendidik., vol. 10, no. 1, pp. 66–81, 2019, doi: 10.31849/lectura.v10i1.2410.

[19] N. Falah and N. Marlena, “Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Pengalaman Prakerin Terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMK,” J. PTK dan Pendidik., vol. 8, no. 1, 2022, doi: 10.18592/ptk.v8i1.6453.

Downloads

Published

2025-09-30

Issue

Section

Articles