Pelatihan Pemasaran Hasil Tani Secara Digital Melalui Aplikasi E-Commerce Dan Pembuatan Alat Penampung Air Hujan Sederhana di Desa Semanu

Authors

  • A.A.Ayu Ratih T.A.K Universitas Atma Jaya Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.24002/jai.v1i1.3885

Keywords:

Potensi Desa, E-Commerce, Sistem Panen Air Hujan,

Abstract

Program kerja potensi desa “Pelatihan Pemasaran Hasil Tani Secara Digital Melalui Aplikasi E-Commerce” bertujuan agar penduduk Desa Semanu, Gunung Kidul, Yogyakarta mengenal dan dapat menggunakan aplikasi E-Commerce untuk menunjang penjualan hasil tani mereka, Kemudian untuk program kerja penyuluhan “Pembuatan Alat Penampung Air Hujan Sederhana” diharapkan masyarakat Desa Semanu memiliki pengetahuan, pemahaman, dan ketrampilan akan sistem pemanenan air hujan sehingga pada saat musim kemarau masyarakat tidak risau akan kekurangan air bersih. Dalam menyusun program kerja  ini penulis menggunakan Pendekatan Kualitatif dimana peneitian ini bersifat deskriptif dan menggunakan analisis secara detail untuk menjelaskan fenomena berdasarkan data yang ada. Program kerja ini diharapkan agar menghasilkan manfaat yang berguna  bagi  masyarakat Desa Semanu  dan diharapkan  masyarakat mengerti bahwa program kerja ini bukan hanya untuk kepentingan penulis saja tetapi kepentingan masyarakat desa setempat, dimana penulis hanya sebagai motivator yang membantu memecahkan masalah.  Diharapkan program–program yang telah dilaksanakan dapat diteruskan dan dikembangkan serta dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat setempat.

Author Biography

A.A.Ayu Ratih T.A.K, Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Architectural Department, Engineering Faculty, Universitas Atma Jaya Yogyakarta

References

Sumarwiyanto, “KECAMATAN SEMANU DALAM ANGKA 2019,” Adm. Desa Semanu, 1396.

Y. & N. S. Rusmawati, “PENGARUH PELATIHAN BROADBRAND LEARNING CENTER (BLC) TERHADAP KOMPETENSI GURU SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) SWASTA DI SURABAYA BARAT,” vol. II, no. 2, pp. 425–431, 2016.

D. Achjari, “Potensi Manfaat Dan Problem Di E-Commerce,” J. Ekon. dan Bisnis Indones., vol. 15, no. 3, pp. 388–395, 2000, [Online]. Available: http://www.amazon.com.

E. Sutrisno, “SISTEM RAINWATER HARVESTING SEBAGAI SALAH SATU ALTERNATIF MEMENUHI KEBUTUHAN SUMBER AIR BERSIH,” 2013.

V. Efrilianita, “Pemanfaatan Air Hujan untuk Kebutuhan Air Bersih dan Konservasi dengan Metode Rainwater Harvesting,” 2018.

A. D. Nugroho et al., “IMPLEMENTASI PERMEN ESDM NO. 17 TAHUN 2012 SEBAGAI SOLUSI ANTARA PENGUSAHAAN MINERAL,” vol. 1, no. 17, pp. 1–11, 2019.

& J. A. Malik, Yogi Septian, Imam Suprayogi, “KAJIAN PEMANENAN AIR HUJAN SEBAGAI ALTERNATIF PEMENUHAN AIR BAKU DI KECAMATAN BENGKALIS,” vol. 3, no. 2, pp. 1–13, 2016.

S. M. Maulana, H. Susilo, and Riyadi, “Implementasi E-Commerce Sebagai Media Penjualan Online,” J. Adm. Bisnis, vol. 29, no. 1, pp. 1–9, 2015.

B. Harsoyo, “Teknik Pemanenan Air Hujan (Rain Water Harvesting) Sebagai Alternatif Upaya Penyelamatan Sumberdaya Air Di Wilayah Dki Jakarta,” J. Sains Teknol. Modif. Cuaca, vol. 11, no. 2, p. 29, 2010, doi: 10.29122/jstmc.v11i2.2183.

A. Yulistyorini, “Pemanenan Air Hujan Sebagai Alternatif Pengelolaan Sumber Daya Air Di Perkotaan,” Teknol. Dan Kejuru., pp. 107–109, 2011.

Downloads

Published

2021-01-04

Issue

Section

Articles