Pengembangan Potensi Pantai Slili dengan SWOT dan Buku Ajar PAUD di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul

Authors

  • A.A.Ayu Ratih T.A.K Universitas Atma Jaya Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.24002/jai.v1i1.3888

Keywords:

Pantai, Pendidikan Anak Usia Dini

Abstract

Pantai sebagai salah satu wisata bahari adalah daerah pertemuan antara air pasang tinggi dengan daratan, dimana sepanjang pantai memiliki garis pantai yang menghubungkan titik-titik pertemuan antara air pasang tinggi dengan daratan dengan garis-garis pantai yang terbentuk mengikuti konfigurasi tanah pantai atau daratan itu sendiri. Desa Sidoharjo, Tepus, Gunung Kidul memiliki potensi wisata berupa Pantai Slili yang perlu pemberdayaan dari warganya

Potensi desa yang ada di Sidoharjo perlu diimbangi dengan kemampuan sumber daya manusia agar dapat mengolah dan mengatur pantai ini dengan baik. Salah satu faktor yang menentukan kualitas sumber daya manusia adalah pendidikan. Jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan jenjang pendidikan yang paling awal dimana anak mulai tumbuh dan berkembang  memahami dunia di sekitarnya.

References

D. Prastya, “Kualitas Pendidikan di Indonesia,” kompasiana.com, 2019. .

N. Rohmah and D. F. Fatimah, “Pola Pengelolaan Pendidikan Anak Usia Dini di PAUD Ceria Gondangsari Jawa Tengah,” Manag. J. Manaj. Pendidik. Islam, vol. 1, no. 2, pp. 247–273, 2017, doi: 10.14421/manageria.2016.12-05.

A. . Muljadi and S. Nurhayati, Pengertian Pariwisata: Kursus Tertulis Pariwisata Tingkat Dasar. Modul 1. 2002.

Musanef, Manajemen Pariwisata di Indonesia. Jakarta: Gunung Harta, 1995.

H. Muliawan, Pengembangan Pariwisata Berbasis Masyarakat Konsep dan Implementasi. 2008.

Cooper, Tourism Principles & Practice. London: Longman Group Limited, 1995.

S. Sutojo and F. Kleinsteuber, Strategi Manajemen Pemasaran, 1st ed. Jakarta: Damar Mulia Pustaka, 2002.

F. Rangkuti, Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, 15th ed. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2008.

M. Nasution, Strategi Pelayanan. Jakarta: Prenhallindo, 2006.

A. Coman and B. Ronen, “Focused SWOT: Diagnosing critical strength and weakness,” Int. J. Prod. Res., vol. 47, no. 20, pp. 5677–5689, 2009.

M. Rangkuti, Manajemen Strategi. Jakarta: Salemba, 2008.

R. Gustian, “Belajar Tentang Hewan.” .

F. A. Santi Palupi, “Pedoman pengembangan wisata kuliner,” 2019.

A. Rahajeng, “Strategi Pemasaran Produk Suvenir Pendukung Desa Wisata Tinalah Dan Program Bela Beli Kulon Progo.”

Downloads

Published

2021-01-04

Issue

Section

Articles