Pengembangan Digital Marketing Dimasa Pandemi Di Desa Sogan, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta

Authors

  • Caecilia Santi Praharsiwi

DOI:

https://doi.org/10.24002/jai.v1i3.3890

Keywords:

Desa Sogan, Digital Marketing, Kulon Progo, Pandemi, Kuliner

Abstract

AbstrakDesa sogan yaitu desa yang terletak di Kecamatan Wates, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, memiliki banyak potensi mulai dari kesenian seperti jathilan, kuliner seperti wedang uwuh dan keripik pisang, dan adat istiadat turun temurun luhur seperti syukuran hasil panen, dengan adanya budaya tersebut desa Sogan mempunyai potensi menjadi desa wisata yang bisa berkembang di Kulon Progo. Dengan adanya pandemi ini, jumlah pendapatan di desa Sogan mengalami penurunan dibidang wisata, tepatnya kuliner, banyak masyarakat yang mengalami penurunan omzet yang cukup banyak, dengan demikian digunakan mempersiapkan mahasiswa untuk mengatasi solusi yang dihadapi di desa Sogan tersebut, solusi yang ditawarkan yaitu digital marketing yang ditujukan untuk kuliner. Karena dengan adanya digital marketing ini mempunyai manfaat dalam mendongkrak penjualan yang selama ini dilakukan secara konvensional yang menjangkau pembeli lokal, dengan adanya digital marketing ini bisa menjangkau pembeli lebih luas, karena pemanfaatan digital marketing ini tidak terkendala oleh letak geografis di suatu wilayah.

 

References

H. D. Fadly and Sutama, “Membangun pemasaran online dan digital branding ditengah pandemi covid-19,” J. Ecoment Glob. Kaji. Bisnis dan Manag., vol. 5, pp. 213–222, 2020

A. Aco and A. H. Endang, “Analisis Bisnis E-Commerce pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar,” J. Tek. Inform., vol. 2, pp. 1–13, 2017.

Ita Suryani, “Jurnal komunikasi, ISSN 1907-898X Volume 8, Nomor 2, April 2014,” Pemanfaat. Media Sos. sebagai Media Pemasar. Prod. dan Potensi Indones. dalam Upaya Mendukung ASEAN Community 2015. (Studi Soc. Media Mark. Pada Twitter Kemenparekraf RI dan Faceb. Disparbud Provinsi Jawa Barat), vol. 8, no. April 2014, pp. 123–138, 2015.

Fadly, Hawangga Dhiyaul and Sutama, “Membangun Pemasaran Online dan Digital Branding di Tengah Pandemi Covid-19”. Jurnal Ecoment Global. vol 5, No. 2. 213-222, 2020.

M. Mustika, “Penerapan Teknologi Digital Marketing Untuk Meningkatkan Strategi Pemasaran Snack Tiwul,” JSAI (Journal Sci. Appl. Informatics), vol. 2, no. 2, pp. 165–171, 2019

Syardiansah, “PENGEMBANGAN KOMPETENSI MAHASISWA ( Studi Kasus Mahasiswa Universitas Samudra KKN Tahun 2017 ),” Jim Upb, vol. 7, no. 1, pp. 57–68, 2019.

S. M. Maulana, H. Susilo, and Riyadi, “Implementasi E-Commerce Sebagai Media Penjualan Online,” J. Adm. Bisnis, vol. 29, no. 1, pp. 1–9, 2015.

B. B. Hapsoro, Palupiningdyah, and A. Slamet, “Peran Digital Marketing sebagai Upaya Peningkatan Omset,” J. Pengabdi. Masy., vol. 23, no. 2, pp. 117–120, 2019.

J. Romdonny, M. Lucky, and N. Rosmadi, “Peran Media Sosial Dalam Mendukung Pemasaran Produk Organisasi Bisnis,” IKRAITH Ekon., vol. 1, no. 1, pp. 25–30, 2018.

N. Kusrini and R. Sulistiawati, “Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pemanfaatan,” JPM (Jurnal Pemberdayaan. Masyarakat), vol. 2, no. 2, pp. 139–150, 2017

R. Yacub and W. Mustajab, “Analisis Pengaruh Pemasaran Digital (Digital Marketing) Terhadap Brand Awareness Pada E-Commerce,” J. Manaj. dan Sist. Inf., vol. 6, no. 2, p. 2091, 2019.

N. Darna and E. Herlina, “Memilih Metode Penelitian Yang Tepat: Bagi Penelitian Bidang Ilmu Manajemen,” J. Ilmu Manaj., vol. 5, no. 1, p. 288, 2018

Downloads

Published

2021-07-01

Issue

Section

Articles