Potensi Ekonomi Tanaman Jagung di Desa Sumberwungu

Authors

  • A.A.Ayu Ratih T.A.K Universitas Atma Jaya Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.24002/jai.v1i1.3891

Keywords:

Jagung, Potensi, Ternak.

Abstract

Desa Sumberwungu merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Letaknya yang berada di pegunungan dan didominasi oleh jenis tanah kering memberi keuntungan juga kerugian bagi Desa Sumberwungu. Keindahan alam, hasil pertanian, perkebunan, dan peternakan menjadi potensi unggul yang ada di Desa Sumberwungu. Namun, dengan potensi unggul yang ada masih terdapat beberapa perm asalahan ekonomi. Mengolah serta memaksimalkan potensi pertanian yang ada dapat membantu meningkatkan kesejahteraan di Desa Sumberwungu. Dengan memperlajari dari berbagai sumber seperti artikel, jurnal, buku dan juga data desa penulis mengerti apa saja potensi yang dapat dikembangkan, permasalahan di desa serta penyelesaian permasalahan. Dari proses diskusi dan memahami literatur, disimpulkan bahwa perlu adanya peningkatan nilai atau value dari potensi yang ada dan juga perlu adanya pemaksimalan pemanfaatan potensi unggul. Cara yang dulakukan yaitu dengan mengolah hasil pertanian sehingga menjadi produk yang memiliki nilai jual tinggi dan mengolah hasil pertanian sehingga dapat dimanfaatkan pada ternak.

References

Desa Pengiringan, “Potensi Desa,” 2020. https://pegiringan.desa.id/potensi-desa/#:~:text=Potensi desa adalah segenap sumber,bagi kelangsungan dan perkembangan desa.

Badan Pusat Statistik, “Balitbang dalam angka 2020,” 2020.

N. R. Iriany, M. H. G. Yasin, and a. M. Takdir, “Asal, Sejarah, Evolusi, dan Taksonomi Tanaman Jagung,” Jagung Tek. Produksi dan Pengemb., pp. 1–15, 2009.

Agrikan, “7 Jenis Jagung.” https://agrikan.id/7-jenis-tanaman-jagung-di-dunia/.

Ardi, “Jagung Gigi Kuda,” 2015. http://infococok-tanam.blogspot.com/search/label/JAGUNG.

Admin, “Jagung Mutiara,” 2015. http://infococok-tanam.blogspot.com/2015/09/jagung-mutiara-flint-corn-biji-jagung.html.

Ardi, “Jagung Manis,” 2015. http://infococok-tanam.blogspot.com/2015/09/jagung-manis-s-weet-corn-jagung-manis-z.html.

Admin, “Jagung.” https://b-pikiran.cekkembali.com/jagung/.

K. Adrian, “Manfaat Jagung,” 2018. https://www.alodokter.com/spesial-dari-kampung-3-manfaat-jagung-yang-luar-biasa#:~:text=Vitamin yang terdapat pada jagung,magnesium%2C seng%2C dan tembaga.

“Apa itu Divertikulosis?” https://www.docdoc.com/id/info/condition/radang-divertikula-usus.

“Jagung Memperkuat Gigi dan Tulang,” 2011. https://health.detik.com/hidup-sehat-detikhealth/d-1678665/jagung-memperkuat-tulang-dan-gigi.

N. N. Farida, “Selain Turunkan Kolestrol, Ini Aneka Manfaat Jagung yang Dapat Kamu Peroleh,” 2020. https://www.gooddoctor.co.id/tips-kesehatan/nutrisi/manfaat-jagung/.

T. Savitri, “4 Manfaat Jagung untuk Kesehatan yang Mungkin Tak Pernah Anda Duga,” 2020. https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/manfaat-jagung-untuk-kesehatan/#gref.

S. Setiawan, “Syarat dalam Budidaya Tanaman Jagung Secara Lengkap,” 2020. https://www.gurupendidikan.co.id/budidaya-tanaman-jagung/#ftoc-heading-10.

“Budidaya Tanaman Jagung,” 2019. https://8villages.com/full/petani/article/id/5c7355f05ad98dd507a1cda6.

Andre, “Pengendalian Fisik dan Mekanis,” 2011. https://andre4088.blogspot.com/2012/03/pengendalian-fisik-dan-mekanik-fysical.html.

D. Sunarti and A. Turang, “Penanganan Panen dan Pasca Panen Jagung untuk Tingkat Mutu Jagung,” 2017. http://sulut.litbang.pertanian.go.id/index.php/info-teknologi/pangan/106-infoteknologi4/810-penanganan-panen-dan-pasca-panen-jagung-untuk-tingkat-mutu-jagung.

Downloads

Published

2021-01-04

Issue

Section

Articles