Pemanfaatan Media Digital TaniHub sebagai Upaya Promosi dan Kerjasama terhadap Hasil Pertanian Desa Giripanggung

Authors

  • A.A.Ayu Ratih T.A.K Universitas Atma Jaya Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.24002/jai.v1i1.3908

Keywords:

Potensi Desa, Desa Giripanggung, Pemasaran Digital, Pertanian, TaniHub.

Abstract

Masing-masing desa di Indonesia mempunyai potensinya tersendiri untuk bisa bertumbuh. Desa Giripanggung, Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta sebagai desa yang memproduksi hasil pertanian ada baiknya memanfaatkan era digitalisasi dengan baik. Melalui metode analisis deskriptif, kami menemukan bahwa Desa Giripanggung dapat memanfaatkan media digital, yaitu TaniHub. Pemanfaatan TaniHub merupakan upaya penyelenggaraan promosi dan kerjasama dalam rangka meningkatkan kesejahteraan warga di Desa Giripanggung.

References

Rasyid, "Analisis Sektor Potensi Pertanian di Kabupaten Kediri Tahun 2010-2014," Jurnal Ekonomi Pembangunan, vol. 14, no. 02, pp. 100-111, 2016.

Republik Indonesia, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2004 Tentang Pemerintahan Daerah, Jakarta (ID): RI, 2004.

Badan Pusat Statistik, Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja, Jakarta: BPS, 2019.

Desa Giripanggung, "Statistik Berdasarkan Pekerjaan," [Online]. Available: https://www.giripanggung-tepus.desa.id/first/statistik/pekerjaan. [Accessed 12 Oktober 2020].

Harga.web.id, "Info Terbaru Harga Singkong per Kg di Pasaran," 28 September 2020. [Online]. Available: https://harga.web.id/info-harga-singkong-per-kg-di-pasaran-saat-ini.info. [Accessed 12 Oktober 2020].

Kusuma, D. Fitri and M. S. Sugandi, "Kusuma, D. F., & Sugandi, M. S. (2018). Strategi pemanfaatan Instagram sebagai media komunikasi pemasaran digital yang dilakukan oleh Dino Donuts," Jurnal Manajemen Komunikasi, vol. 3, no. 1, pp. 18-33, 2018.

D. Chaffey, Digital marketing. UK, UK: Pearson, 2019.

H. Ali, Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan, Yogyakarta: CAPS, 2013.

I. Krisnawati, I. A. Ubaidi, H. Rais, and R. L. Batu, “Strategi Digital Marketing dalam Perdagangan Hasil Tani untuk Meningkatkan Pendapatan Kabupaten Karawang,” J. Ilm. Ekon. Glob. Masa Kini, vol. 10, no. 2, pp. 70–75, 2019.

N. Anggraini, C. Fatih, M. Zaini, E. Humaidi, and P. N. Lampung, “Digital Marketing Produk Pertanian di Desa Sukawaringin Kecamatan Bangunrejo Kabupaten Lampung Tengah,” Pengabdi. Nas., vol. 1, no. 1, pp. 36–45, 2020.

Downloads

Published

2021-01-26

Issue

Section

Articles