Strategi Pemasaran Keripik Ikan Layur sebagai Pendukung Perekonomian Desa Songbanyu, Kecamatan Girisubo, Gunung Kidul

Authors

  • Harsono Harsono Universitas Atma Jaya Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.24002/jai.v1i1.3930

Keywords:

Desa Songbanyu, keripik ikan layur, strategi pemasaran, produk

Abstract

Salah satu cara untuk mendukung pertumbuhan ekonomi Desa Songbanyu adalah dengan memaksimalkan potensi desa. Desa Songbanyu terkenal dengan sektor kelautan dan perikanannya. Oleh karena itu, kami ingin memanfaatkan sektor perikanan untuk menciptakan sebuah produk baru sebagai wajah baru dari Desa Songbanyu dan untuk membantu peningkatan pertumbuhan ekonomi desa. Salah satu cara untuk mendukung produk ini dikenal dan mendukung penjualannya adalah dengan merencanakan strategi pemasaran. Tujuan dalam merencanakan pemasaran ini tidak hanya untuk membuat desa lebih dikenal, tetapi juga untuk membuka lapangan kerja bagi masyarakat Desa Songbanyu. Produk yang dihasilkan adalah Keripik Ikan Layur yang dapat diterima oleh semua lapisan masyarakat karena produknya dapat mengikuti tren pasar masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan studi literatur. Hasil dan pembahasan dari penelitian ini secara keseluruhan adalah bahwa strategi pemasaran keripik ikan layur harus memperhatikan kekuatan, kelemahan, peluang, ancaman produk, sehingga target dapat dicapai dengan mudah. Dengan demikian, strategi pemasaran keripik ikan layur dapat menjadikan keberhasilan produk.

References

K. Kurniawan, “9 Strategi Pemasaran 2020: Cara Membuat Strategi,” 2020. https://projasaweb.com/strategi-pemasaran/ (accessed Nov. 27, 2020).

A. M. Indri, “Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran,” Ilmu Manaj., vol. 17, 2020, [Online]. Available: https://journal.uny.ac.id/index.php/jim/article/view/34175/14289.

Pusat Informasi Pelabuhan Perikanan, “Produksi dan Harga dari Kapal,” PIPP, 2020. http://pipp.djpt.kkp.go.id/profil_pelabuhan/2776/informasi (accessed Nov. 27, 2020).

A. Mufreni, “Pengaruh Desain Produk, Bentuk Kemasan, dan Bahan Kemasan terhadap Minat beli Konsumen,” J. Ekon. Manaj., vol. 2, 2016, [Online]. Available: http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jem.

M. H. Khoirudin, “Implementasi Strategi Pemasaran Berbasis Internet Marketing Untuk Meningkatkan Pendapatan,” Ekon. dan Bisnis Islam, vol. 3, 2020, [Online]. Available: https://core.ac.uk/download/pdf/287306878.pdf.

W. Jati, “Pengaruh Strategi Pemasaran Online (Online Marketing Strategy) Terhadap Minat Beli Konsumen,” Manajermen Pemasar., vol. 1, 2017, [Online]. Available: http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JPK/article/download/679/554.

Badan Pusat Statistik Gunung Kidul, “Kecamatan Girisubo dalam Angka 2020,” 2020. https://gunungkidulkab.bps.go.id/publication/2020/09/28/1c694f4fe9575055c5af3918/kecamatan-girisubo-dalam-angka-2020.html (accessed Nov. 27, 2020).

P. Lestari, “Implementasi Strategi Promosi Produk dalam Proses Keputusan Pembelian melalui Digital Marketing saat Pandemi Covid’19,” Manaj. Inov., vol. 3, 2020, [Online]. Available: http://jurnalfebi.uinsby.ac.id/index.php/MANOVA/article/view/301/250.

M. E. Wibowo, “Strategi Pemasaran Produk Sosis Siap Makan,” vol. 13, 2018, [Online]. Available: https://core.ac.uk/download/pdf/291492287.pdf.

H. Setyorini, “Analisis Strategi Pemasaran Menggunakan Matriks SWOT dan QSPM,” Teknol. dan Manaj. Agroindustri, vol. 5, 2016, [Online]. Available: https://industria.ub.ac.id/index.php/industri/article/view/269/261.

I. P. Budiarta, “Strategi Pemasaran Objek Wisata Alas Kedaton Untuk Meningkatkan Jumlah Kunjungan Wisatawan,” vol. 6, 2020, [Online]. Available: https://proceeding.isas.or.id/index.php/sentrinov/article/view/498/177.

Downloads

Published

2021-01-26

Issue

Section

Articles