Pengembangan Wisata Telaga Boh Kulon dan Pemanfaatan E-Commerce dalam Pemasaran di Desa Bohol

Authors

  • Harsono Harsono Universitas Atma Jaya Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.24002/jai.v1i2.3945

Keywords:

Telaga Boh Kulon, E-Commerce, Rempeyek, Objek Wisata, Bohol

Abstract

Desa Bohol merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Rongkop, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pada desa ini terdapat potensi yang dapat dikembangkan, salah satunya adalah Telaga Boh Kulon. Telaga ini didirikan dengan tujuan untuk menampung air hujan, sehingga dapat membantu memenuhi kebutuhan air bersih. Akan tetapi seiring berjalannya waktu, kualitas air di telaga ini menjadi buruk karena proses pengolahan air yang kurang tepat, sehingga air di telaga ini tidak dapat dikonsumsi oleh warga dan hanya dapat digunakan sebagai  air minum ternak. Selain itu di Desa Bohol juga terdapat suatu usaha pembuatan rempeyek kacang. Akan tetapi perkembangan dari usaha ini masih lambat karena belum memanfaatkan teknologi. Maka tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk menyajikan suatu informasi terkait dengan potensi yang dimiliki oleh Desa Bohol, yakni untuk mengembangkan Telaga Boh Kulon menjadi objek wisata dan edukasi pemanfaatan e-commerce. Tahapan program pengabdian dimulai dari, 1) pengumpulan data mengenai potensi Desa Bohol, 2) perancangan kegiatan dengan topik objek wisata Telaga Boh Kulon dan e-commerce untuk usaha rempeyek, 3) pelaksanaan program pengabdian berupa edukasi pengembangan Telaga Boh Kulon dan pemanfaatan e-commerce. Kegiatan pengabdian ini diharapkan dapat memperluas wawasan penduduk Desa Bohol terkait dengan potensi yang dimiliki, sehingga dapat meningkatkan perekonomian desa.

References

K. Rongkop, “Pelatihan Peyek Kacang Kampung KB Ngasem,” pp. 1–8, 2020.

BPS Kabupaten Gunungkidul, “Kecamatan Rongkop Dalam Angka 2020,” Kabupaten Ngawi dalam Angka, p. 77, 2020, [Online]. Available: https://ngawikab.bps.go.id/publikasi.html.

K. Rongkop, “Wajah Baru Telaga Boh Kulon,” pp. 1–5, 2020.

metode penelitian Nursalam, 2016 and A. . Fallis, “Analisis Penerapan Metode SEO untuk Meningkatkan SERP,” J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2013.

N. Astri, “Devisa dari Pariwisata Terus Meningkat,” pp. 1–5, 2020.

Downloads

Published

2021-04-30

Issue

Section

Articles