Pemasaran Online Kerajinan Perak Sebagai Potensi Desa Sodo

Authors

  • Venina Maharani

DOI:

https://doi.org/10.24002/jai.v1i3.3962

Keywords:

UKM, pemasaran online, kerajinan perak, media sosial, Sodo

Abstract

Bencana pandemik COVID-19 memiliki dampak yang mempengaruhi kondisi ekonomi Indonesia dalam seluruh bidang dan tingkatan. Saat ini perkembangan teknologi digital sangatlah pesat. Jaringan internet maupun teknologi informasi komputer dapat diakses dari berbagai tempat. Media sosial dapat dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan salah satunya pemasaran online. Terdapat banyak usaha kecil menengah (UKM) terutama kerajinan perak di Desa Sodo harus bertahan dalam pandemik dimana salah satu caranya ialah dengan mengganti atau mengembangkan sistem pemasaran yang semula offline menjadi online. Pemasaran online dapat menekan pengeluaran modal UKM dan menghemat waktu. Tentunya akan mempermudah UKM di Desa Sodo untuk bertahan dan berkembang dalam masa pandemik.

References

B. A. Pramudita, “Deretan Perubahan Perilaku Konsumen karena Corona,” Warta Ekonomi, 2020.

https://www.wartaekonomi.co.id/read281999/deretan-perubahanperilaku-konsumen-karena-corona (accessed Nov. 07, 2020).

W. Setiawan, “Era Digital dan Tantangannya,” Semin. Nas. Pendidik., 2017.

R. J. Anugrah, “Efektifitas penerapan strategi online marketing oleh umkm dalam masa pembatasan sosial berskala besar (psbb)

corona viruses disease 2019 (covid-19),” Manova, 2020. [4] I. Suryani, “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pemasaran Produk Dan Potensi Indonesia Dalam Upaya Mendukung Asean Community 2015. (Studi Social Media Marketing Pada Twitter Kemenparekraf Ri Dan Facebook Disparbud Provinsi Jawa Barat),” J. Komun., vol. 8, no. 2, pp. 123–138, 2014, doi:10.20885/komunikasi.vol8.iss2.art2.

N. Purwanti, B. Irawan, and S. S, “Eksplorasi Faktor-Faktor Online Marketing Yang Memengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Belanja Online Pada Naufal Bag Collection,” e-Journal Ekon. Bisnis dan Akunt., 2017, doi: 10.19184/ejeba.v4i1.4597.

D. H. Jayani, “10 Media Sosial yang Paling Sering Digunakan di Indonesia,” 2020. ttps://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/02/26/10-mediasosial-yang-paling-sering-digunakan-di-indonesia (accessed Nov.

, 2020).

N. L. Junaedi, “Ini 5 daftar marketplace paling unggul 2020 di Jurnal Atma Inovasia (JAI) Vol. 1, No. 1, Desember 2020

Pemasaran Online Kerajinan Perak Sebagai Potensi Desa Sodo, Kecamatan Paliyan, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta

Indonesia,” 2020. https://www.ekrut.com/media/marketplacepaling-unggul-2020 (accessed Nov. 30, 2020).

D. F. Soemanagara, “Moselo, Marketplace Produk Kreatif dan Handmade,” 2019. https://mnews.co.id/read/beritalainnya/moselo-marketplace-produk-kreatif-dan-handmade/(accessed Nov. 30, 2020).

P. Lisawati, “EFEKTIVITAS IKLAN PADA JEJARING SOSIAL SEBAGAI SALAH SATU STRATEGI PEMASARAN BISNIS

USAHA KECIL MENENGAH (UKM) DENGAN MENGGUNAKAN METODE,” J. Ilm. Ekon. Bisnis, 2016.

T. Suripto, “Kajian Literatur Efektifitas Pemasaran Produk Dengan Menggunakan Sistim Online Marketing di Era

Disruption,” JESI (Jurnal Ekon. Syariah Indones., 2019, doi: 10.21927/jesi.2018.8(2).120-128.

B. Hudayana et al., “Participatory Rural Appraisal (PRA) untuk Pengembangan Desa Wisata di Pedukuhan Pucung, Desa

Wukirsari, Bantul,” Bakti Budaya, 2019, doi: 10.22146/bb.50890.

Downloads

Published

2021-07-30

Issue

Section

Articles