Transformasi Digital Usaha Pedesaan Menggunakan Business Marketing Model

Authors

  • Julius Galih Prima Negara UAJY

DOI:

https://doi.org/10.24002/jai.v1i4.3975

Keywords:

Digitalisasi, E-commerce, Pemasaran

Abstract

Kuliah Kerja Nyata adalah bentuk kegiatan mahasiswa yang memberikan ilmu dari pengalaman belajar yang didapat kepada masyarakat di luar lingkungan kampus. Walaupun di tengah wabah pandemi covid-19, mahasiswa masih tetap bisa melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) secara online untuk menghasilkan riset dalam bentuk laporan yang didapat dari beberapa sumber tulisan guna memberikan masyarakat pengetahuan tentang akan kemajuan teknologi di bidang informasi dan komunikasi. Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi kini bisa merambah ke bidang apapun termasuk merambah ke sektor bisnis. Dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, masyarakat desa yang kebanyakan bermata pencaharian sebagai petani dapat menggunakan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi untuk membantu menjual produk hasil pertaniannya secara luas tidak hanya di pasar lokal saja, melainkan dapat dipasarkan hingga luar daerah bahkan dapat diekspor ke luar negeri. Dengan riset yang dihasilkan oleh mahasiswa akan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi di sektor penjualan atau bisnis, diharapkan masyarakat dapat diberikan ide dan inovasi dalam memperluas pemasaran hasil pertaniannya. Walaupun ada masyarakat yang sudah familiar dengan kemajuan teknologi informasi di bidang penjualan atau bisnis ini, namun diharapkan hasil riset mahasiswa yang dituangkan dalam bentuk laporan, e-book, dan buku saku ini dapat lebih membantu atau memberikan inspirasi kepada masyarakat tentang aplikasi apa saja yang dapat digunakan untuk membantu memperluas pemasaran produk pertaniannya secara mudah dan bahkan gratis.

References

P. K. Bugel, “Profile Wilayah Desa,” bugel-kulonprogo.desa, 5 Maret 2019. [Online]. Available:

http://bugel-kulonprogo.desa.id/index.php/first/profildesa. [Diakses 4 Oktober 2020].

G. N. Carr, “IT Doesn't Matter,” Harvard Business Review, vol. 81, no. 5, pp. 41-49, 2003.

M. Pradana, “Klasifikasi Jenis-Jenis Bisnis E-Commerce,” J. Neo-bis, vol. 9, no. 2, pp. 32-40, 2015.

H. S. R. S. M. Maulana, “Implementasi E-Commerce sebagai Media Penjualan Online,” J. Adm. Bisnis, vol. 29, no. 1,

pp. 1-9, 2015.

E. A. Wibowo, “Pemanfaatan Teknologi E-Commerce dalam Proses Bisnis,” Equilibiria, vol. 1, no. 1, pp. 95-108, 2016.

R. Amaliyah, “Tech News,” Nesabamedia.com, [Online]. Available: https://www.nesabamedia.com/

pengertian-e-commerce/. [Diakses 23 Oktober 2020].

P. Eka, “Biaya,” emerhub.com, 12 November 2018. [Online]. Available: https://emerhub.com/id/tag/biaya/.

[Diakses 23 Oktober 2020].

A. N. C. K. Kasmi, “Penerapan E-Commerce Berbasis Business to Consumers untuk Meningkatkan Penjualan

Produk Makanan Khas Pringsewu,” J. Aktual, vol. 15, no. 2, p. 109, 2017.

T. P. Katadata, “Jurnalisme Data,” https://katadata.co.id/, 4 Januari 2016. [Online]. Available:

https://katadata.co.id/arsip/infografik/5e9a56dc89546/indonesia-pusat-e-commerce-asean.

[Diakses 23 Oktober 2020].

E. R. R. K. Sudarono, “E-Commerce Dorong Perekonomian Indonesia Selama Pandemi Covid-19,” J. Manaj, vol. 2,

no. 1, pp. 200-213, 2020.

Downloads

Published

2021-09-07

Issue

Section

Articles