Pengemasan Kreatif dan Pemasaran Online Produk Makanan di Desa Tayuban, Kulon Progo

Authors

  • Ignatius Indra Kristianto Universitas Atma Jaya Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.24002/jai.v1i4.4031

Keywords:

Desa Tayuban, Pemasaran, Kemasan

Abstract

Desa Tayuban, kecamatan Panjatan, kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan desa kesenian yang memiliki kebudayaan yang sangat kental. Letak dan geografis desa Tayuban memiliki potensi pertanian. Hasil pertanian tersebut kemudian diolah menjadi makanan seperti jamur tiram, apem, dawet, peyek bayam,tempe kedelai, abon lele, wajik lapis, gudheg, jenang,wingko merah, roti mlati, criping, molen dan peyek welut. Olahan makanan ini diproduksi oleh usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang dilakukan oleh kelompok ibu-ibu tani di Desa Tayuban. Namun, kurangnya strategi pemasaran dan belum memiliki kemasan yang menarik konsumen sehingga membuat masyarakat kurang mengenal produk-produk olahan makanan. Tujuan dari makalah ini adalah untuk memberikan pelatihan serta meningkatkan keterampilan melalui kratifitas kemasan-kemasan yang menarik pada masing-masing produk sehingga memiliki ciri khas tersendiri serta memberi pelatihan untuk memasarkan produknya sehingga dapat dikenal oleh masyrakat dan menarik perhatian konsumen. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dan kualitatif. Hasil dari makalah ini adalah memberikan inovasi kemasan yang menarik untuk makanan dan minuman tradisional juga memberikan solusi mengenai pemasaran produk makanan tradisional Desa Tayuban secara online melalui marketplace bernama Tokopedia.

References

Desa Tayuban, “Peta Desa Tayuban,” Desa Tayuban, 2020. [Online]. Available: http://tayuban-kulonprogo.desa.id/index.php/first. [Accessed: 27-Nov-2020].

PuspadantaTV, “Potensi Desa Budaya Tayuban,” Potensi Desa Budaya Tayuban, 2019. [Online]. Available: https://www.youtube.com/watch?v=Q9zNzMDJqr0.

Salopos.com, “Peternak Tayuban Ingin Bikin Pasar Hewan,” Salopos.com, 2012. [Online]. Available: https://m.solopos.com/peternak-tayuban-ingin-bikin-pasar-hewan-184781.

Admin Tayuban-kulonprogo.desa.id, “Sejarah Desa Tayuban,” Sejarah Desa Tayuban, 2019. [Online]. Available: http://tayuban-kulonprogo.desa.id/index.php/first/artikel/3.

D. Ariani and B. M. Dwiyanto, “Analisis Pengaruh Supply Chain Management Terhadap Kinerja Perusahaan,” Diponegoro J. Manag., vol. 2, no. 3, pp. 1–10, 2013.

T. Susetyarsi, “Kemasan Produk Ditinjau Dari Bahan Kemasan, Bentuk Kemasan Dan Pelabelan Pada Kemasan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Minuman Mizone Di Kota Semarang,” J. Stie Semarang, vol. 4, no. 3, p. 19, 2012.

D. L. Fithri, A. P. Utomo, and F. Nugraha, “Pemanfaatan E-Commerce Populer Untuk Optimalisasi,” J. Simetris, vol. 8, no. 2, pp. 819–824, 2017.

S. Mukhtar and M. Nurif, “Peranan Packaging Dalam Meningkatkan Hasil Produksi Terhadap Konsumen,” J. Sos. Hum., vol. 8, no. 2, p. 181, 2015, doi: 10.12962/j24433527.v8i2.1251.

A. Permatasari, “Abdipraja : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Pembuatan Hand Sanitizer Alami Dengan Memanfaatkan,” vol. 1, no. 1, pp. 29–35, 2020.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2014.

Downloads

Published

2021-09-28

Issue

Section

Articles