Desa Karangsari dengan Potensi Perkembangannya

Authors

  • Fedelis Brian Putra Prakasa, S.T., M.Kom. Prodi Informatika Universitas Atma Jaya Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.24002/jai.v2i2.4461

Keywords:

Karangsari, Pariwisata, Seni Budaya, Peternakan, Pertanian.

Abstract

Desa Karangsari yang berlokasi di kecamatan Semin, Gunungkidul yang memiliki penduduk sebesar 5.456 jiwa. Hasilnya meliputi mengembangkan potensi desa di sektor pariwisata yaitu keberadaan goa dan air terjun yang tentu akan menarik perhatian para turis lokal maupun manca negara, yang kedua melestarikan budaya Desa Karangsari yang merupakan tarian khas desa tersebut yang bernama tari tayub dengan memanfaatkan kemajuan zaman dari segi teknologi informasi media sosial, misalnya YouTube, yang ketiga mengembangkan potensi desa di sektor peternakan yang dimana Desa Karangsari merupakan bagian desa dari kecamatan Semin yang memiliki populasi ternak besar di Kecamatan Semin terbilang besar bila dibandingkan dengan kecamatan lainnya di kabupaten Gunungkidul,  hal ini ditandai dengan pada tahun 2018, populasi ternak mencapai sebanyak 13.254 ekor. Selanjutnya yang keempat mengembangkan potensi desa di sektor pertanian yang dimana mayoritas matapencaharian warga Desa Karangsari adalah petani hal ini didukung dengan Pertanian pada tahun 2018 di Kecamatan Semin mengalami perkembangan yang berarti. Pada tahun itu, Kecamatan Semin tidak mengalami puso sehingga luas panen lahan padi sawah pada tahun 2018 mencapai 3.858,4 hektare dan mayoritas sawah daerah Desa Karangsari adalah sawah tadah hujan, warga Desa Karangsari memiliki potensi panen pertanian yang tinggi, terutama di masa penghujan yang panjang.

References

M. Yusuf, “KKN sebagai Wahana Mini Tour Penelitian,” Www.Staialfurqanmakassar.Ac.Id, p. https://www.staialfurqanmakassar.ac.id, 2019, [Online]. Available: https://www.staialfurqanmakassar.ac.id/2019/01/kkn-sebagai-wahana-mini-tour-penelitian-oleh-muhammad-yusuf/.

“Kecamatan Semin dalam Angka 2019,” Kec. Semin dalam Angka 2019, 2019.

Administrator, “Visi Misi Pemerintah Desa Karangsari,” 2013, [Online]. Available: https://www.karangsari-semin.desa.id/first/artikel/8 .

siska, “September 2017 7 Wisata Populer Paling Diminati di Yogyakarta,” Sept. 2017 7 Wisata Pop. Paling Diminati di Yogyakarta, 2017, [Online]. Available: https://jogjaholic.com/september-2017-7-wisata-populer-paling-diminati-di-yogyakarta/.

O. Desa, “Tayub’ Kesenian di Desa Karagsari,” 2017, [Online]. Available: https://www.karangsari-semin.desa.id/first/artikel/97--Tayub--Kesenian-Di-Desa-Karangsari .

O. Desa, “Panen Padi di Tengah Pandemi COVID-19,” 2020, [Online]. Available: https://www.karangsari-semin.desa.id/first/artikel/400-PANEN-PADI-DITENGAH-PANDEMI-COVID-19.

Bhimo, “Desa Karangsari Lakukan Pembinaan RT/RW,” Desa Karangsari Lakukan Pembin. RT/RW, 2019, [Online]. Available: https://godepok.com/desa-karangsari-lakukan-pembinaan-rt-rw/.

S. Pudji Astuti, “Membuat Kompos dari Sampah Rumah Tangga,” Membuat Kompos dari Sampah Rumah Tangga, p. www.pertanian.pontianakkota.go.id, 2019, [Online]. Available: https://pertanian.pontianakkota.go.id/artikel/57-membuat-kompos-dari-sampah-rumah-tangga.html.

B. Biananda, “4 Cara Membuat Pupuk Kompos yang Mudah dan Sederhana,” 2020, [Online]. Available: https://lifestyle.kontan.co.id/news/4-cara-membuat-pupuk-kompos-yang-mudah-dan-sederhana .

B.Rahmanto, “Hidangan Sarapan Nasi Bungkus Daun Jati,” 2020, [Online]. Available: https://seputargk.id/hidangan-sarapan/.

Downloads

Published

2022-03-09

Issue

Section

Articles