Pengolahan sabun berbahan dasar susu kambing sebagai potensi usaha di Desa Logandeng

Authors

  • Caecilia Santi Praharsiwi Prodi Ilmu Komunikasi UAJY

DOI:

https://doi.org/10.24002/jai.v1i5.4495

Keywords:

Goat Milk, Natural Soap, Logandeng Village, Yogyakarta

Abstract

Abstract — Logandeng Village is located in Playen District, Gunung Kidul, Yogyakarta. This village is well known because every person or tourists who want to travel to Gunung Kidul Beach will pass it. Logandeng Village has several village products that have been developed, including processed food and handicraft products. This village, which is mostly farmland, is not making use of the yields of this potential. Therefore, this study aims to develop village potential that focuses on livestock products, namely processed goat milk which is used as natural soap as its basic ingredient.

Keywords — Goat Milk, Natural Soap, Logandeng Village, Yogyakarta

 

Abstrak — Desa Logandeng terletak di Kecamatan Playen, Gunung Kidul, Yogyakarta. Desa ini cukup dikenal karena setiap orang atau wisatawan yang hendak berpergian ke Pantai Gunung Kidul akan melewatinya. Desa Logandeng memiliki beberapa produk desa yang sudah dikembangkan, antara lain hasil olahan berupa makanan dan olahan kerajinan tangan. Desa ini yang sebagian besar merupakan lahan peternakan justru kurang memanfaatkan hasil dari potensi tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan potensi desa yang berfokus pada hasil peternakan yaitu olahan susu kambing yang dijadikan sabun alami sebagai bahan dasarnya.

Kata Kunci — Susu kambing, Sabun Alami, Desa Logandeng, Yogyakarta

References

BPS Kabupaten Gunungkidul, “Kecamatan Playen Dalam Angka 2020,” Gunungkidul, 2020.

B. Bungin, Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana Predana Media Group, 2011.

M. S. Seran, “Kewirausahaan Sosial: Suatu Strategi Pengembangan Potensi Desa Melalui Program Dana Desa,” J. Poros Polit., pp. 18–23, 2019, [Online]. Available: http://jurnal.unimor.ac.id/JPP/article/view/452.

F. Tjiptono, G. Chandra, and D. Adriana, Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Andi, 2007.

A. Coman and R. Boaz, “Focused SWOT: Diagnosing Critical Strengts and Weaknesses,” Int. J. Prod. Res., vol. 47, no. 20, pp. 5677–5689, 2009, [Online]. Available: https://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/00207540802146130.

F. Rangkuti, Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2001.

S. A. Rodhiah and L. Roza, “Hasil Analisis Kebutuhan Pengembangan Ebook Berbasis Multipel Representasi,” in Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika FITK UNSIQ, 2020, vol. 2, no. 1, pp. 143–149.

F. Fitria Rismawati, S. Wahyuni, and J. Widodo, “Strategi Pemasaran STP (Segmenting, Targeting, Positioning) Larissa Aesthetic Center Cabang Jember,” J. Pendidik. Ekon. J. Ilm. Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekon. dan Ilmu Sos., vol. 13, no. 2, p. 68, 2019, doi: 10.19184/jpe.v13i2.10793.

R. Kasali, Membidik Pasar Indonesia Segmenting, Targeting dan Positioning. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2011.

Purwanto, “Pengertian Sabun: Definisi Jenis Bentuk Karakteristik Bahan Pembuatan Sabun,” adev.co.id, 2021. https://adev.co.id/pengertian-sabun-dan-definisi-sabun-bentuk-dan-jenis-sabun/.

Downloads

Published

2021-11-17

Issue

Section

Articles