Pengembangan Potensi Desa Tancep dan Pengenalan Batik Khas Tancep, Ngawen, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta

Authors

  • Ika Murti Kristiyani Universitas Atma Jaya Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.24002/jai.v3i2.4506

Keywords:

Batik Tancep, Tanaman bambu, Potensi desa

Abstract

Sumber daya alam merupakan suatu hal yang menjadi kelebihan di Desa Tancep. Pewarna alami untuk batik tersedia dalam jumlah banyak di daerah Desa Tancep. Selain itu, tanaman bambu juga meramaikan suasana di daerah Desa Tancep. Pewarna alami batik sudah dikelola dengan baik, sedangkan untuk tanaman bambu tersebut masih belum dikelola dengan baik. Batik Tancep sendiri merupakan karya yang sungguh berpotensi, namun masih belum dikenal baik oleh masyarakat luar, sehingga penulis ingin mengembangkan potensi kelola tanaman bambu dan memperkenalkan lebih luas Batik Tancep kepada masyarakat luar. Harapannya dengan memperkenalkan Batik Tancep dan meningkatkan nilai jual dari tanaman bambu dapat perlahan meningkatkan ekonomi dari Desa Tancep.

References

Hari, “Batik Tulis Tancep, Batik Khas dari Gunung Kidul,” Article, Apr. 2015.

Anonim, “Pelatihan Kerajinan Batik,” Article, 2018. https://www.tancep-ngawen.desa.id/first/artikel/108-PELATIHAN-KERAJINAN-BATIK.

Anonim, “Batik Tancep Menembus Pasar Eropa,” Article, 2012. http://gdhe.web.id/batik-tancep-menembus-pasar-eropa/.

D. A. Kurniawati, “Bambu: Pengertian, Morfologi, dan Potensi,” Article, 2019. https://foresteract.com/bambu/.

Anonim, “Mari Mengenal Proses Pengawetan Bambu dari A sampai Z,” 2021. https://arafuru.com/sipil/mari-mengenal-proses-pengawetan-bambu-dari-a-sampai-z.html.

Anonim, “Cara Merawat Produk / Bangunan Bambu,” Article, 2021. https://sahabatbambu.com/Perawatan.html.

R. Swastika, “9 Motif Batik Tancep Gunungkidul yang Indah Bernilai Tinggi,” Article, 2019.

A. H. Ikramah, “Cara Membuat Batik Tulis Sederhana untuk Tugas Sekolah,” Article, 2020. https://portaljember.pikiran-rakyat.com/pendidikan/pr-16794696/cara-membuat-batik-tulis-sederhana-untuk-tugas-sekolah.

Anonim, “7 Cara Merawat dan Menyimpan Batik,” Article, 2020. https://www.infobatik.com/7-cara-merawat-dan-menyimpan-batik-tulis/.

M. Muryanti, “Menuju Kewirausahaan Sosial di Desa melalui Badan Usaha Milik Desa,” vol. 8, no. 1, pp. 170–181, 2020, doi: 10.33019/society.v8i1.161.

Downloads

Published

2023-03-28

Issue

Section

Articles