Pembangunan UKM dan Pemberdayaan Pupuk Kompos sebagai Potensi Desa Ngunut, Kecamatan Playen

Authors

Keywords:

Pertanian, Desa Ngunut, pupuk

Abstract

Abstrak—Indonesia merupakan negara agraris tropis terbesar di dunia dan alasan Indonesia disebut sebagai negara agraris adalah, karena sebagian besar penduduknya bekerja pada bidang pertanian atau bercocok tanam. Bidang pertanian memegang peranan penting dari keseluruhan perekonomian nasional, Indonesia. Tidak terkecuali masyarakat Desa Ngunut yang mayoritasnya bekerja sebagai petani/perkebunan, dapat disimpulkan bahwa potensi terbesar desa Ngunut terletak dibidang atau sektor ini. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan perekonomian serta mensejahterakan kehidupan masyarakat Desa Ngunut sendiri. Metode pelaksanaan kegiatan ini adalah pembangunan ukm pupuk kompos dengan melibatkan e-commerce sebagai tempat untuk penjualan produk pupuk. Apalagi di masa pandemi dan di tengah perkembangan arus digital yang semakin canggih masyarakat Desa Ngunut juga dapat membuat penjualan e-commerce. Menjual hasil pupuk organik melalui e-commerce yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia membuat kegiatan penjualan masyarakat semakin efektif dan efisien. Selain itu dengan menjual pupuk secara online di e-commerce dapat memperluas jangkauan konsumen.

References

L. D. Warpindyastuti and M. E. S. Sulistyawati, “Pemanfaatan Teknologi Internet Menggunakan Media Sosial Sebagai Sarana Penyebaran Informasi dan Promosi Pada MIN 18 Jakarta,” Widya Cipta - J. Sekr. dan Manaj., vol. 2, no. 1, pp. 91–95, 2018, [Online]. Available: http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/widyacipta/article/view/2971/2039.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. Bandung: Alfabeta, 2012.

M. Nazir, Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia, 1988.

A. Ratriyanto, S. D. Widyawati, W. P.S. Suprayogi, S. Prastowo, and N. Widyas, “Pembuatan Pupuk Organik dari Kotoran Ternak untuk Meningkatkan Produksi Pertanian,” SEMAR (Jurnal Ilmu Pengetahuan, Teknol. dan Seni bagi Masyarakat), vol. 8, no. 1, pp. 9–13, 2019, doi: 10.20961/semar.v8i1.40204.

D. Darrany, “ANALISIS KADAR FOSFOR PADA PUPUK Azzola microphylla DENGAN PENAMBAHAN BERBAGAI KONSENTRASI EM4,” Universitas Muhammadiyah Malang, 2019.

Ajeks, “Profil Desa,” ngunut.playen.desa, 2013. https://www.ngunut-playen.desa.id/first (accessed May 30, 2021).

P. Lingga and Marsono, Petunjuk Penggunaan Pupuk. Jakarta: Penebar Swadaya, 2001.

Hendra zalmi, M. I. S. Gemasih, and A. Rahmadani, “Jenis Jenis Pupuk Dan Industri Pupuk Yang Berada Di Indonesia,” 2019, doi: 10.31227/osf.io/2edx7.

A. Raksun, “APLIKASI PUPUK ORGANIK UNTUK MENINGKATKAN PERTUMBUHAN BIBIT JAMBU METE (Anacardium occidentale L.),” J. Biol. Trop., vol. 16, pp. 1–9, 2016.

A. R. SARINASTITI, “ANALISIS PENGARUH PINJAMAN DANA BERGULIR TERHADAP KINERJA UMKM DI KECAMATAN PLAYEN KABUPATEN GUNUNGKIDUL,” Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, 2019.

Downloads

Published

2022-10-01

Issue

Section

Articles