Pengolahan Potensi Tanaman Jagung dan Peningkatan Produksi Pertanian Melalui Metode Hidroponik di Desa Jurangjero

Authors

  • Ika Murti Kristiyani Universitas Atma Jaya Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.24002/jai.v1i5.4509

Keywords:

Potensi desa, Hidroponik, Tanaman jagung, Pertanian

Abstract

Penelitian ini difokuskan pada pengolahan hasil potensi desa dan peningkatan produksi pertanian melalui metode hidroponik. Mata pencaharian utama warga Desa Jurangjero sebagian besar adalah pertanian atau perkebunan. Penelitian ini dilakukan untuk membantu warga desa yang memiliki potensi hasil pertanian atau perkebunan. Warga desa bisa mengubah cara mereka membudidayakan tanaman agar lebih efektif, terutama dalam penggunaan lahan serta perawatannya. Keterbatasan akan pengetahuan dan teknologi yang menunjang keberlangsungan sistem pertanian adalah faktor yang membuat warga desa masih menerapkan sistem pertanian yang terbilang sederhana. Tujuan penelitian ini untuk memberikan pemberdayaan dan pengetahuan kepada warga desa dan masyarakat secara umum untuk lebih mengetahui cara memanfaatkan potensi desa yang ada dan menerapkan sistem pertanian yang lebih efektif. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dimana peneliti lebih cenderung menekankan pada analisis secara deskriptif dari data yang diperoleh. Hasil yang diharapkan dari penelitian ini berupa pengolahan potensi desa yaitu tanaman jagung menjadi produk susu jagung, dan pemanfaatan metode hidroponik untuk menunjang cara dalam budidaya tanaman pertanian atau perkebunan. Program ini menjadi inovasi yang dapat diterapkan untuk membantu pengembangkan sistem pertanian dan peningkatan hasil panen warga.

References

a. f. suramal, nurkhaeni, r. b. sari, s. fatimah, and s. royanah, “Manfaat Pelatihan Budidaya Dengan Sistem Hidroponik Pada Masa Pandemi Covid-19 di kabupaten brebes,” J. Univ. Negeri Semarang, 2005.

Kementan, “Aneka Olahan Jagung,” Badan Penelit. dan Pengemb. Pertan., 2012.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2009.

K. Poerwandari, “Pendekatan Kualitatif Untuk Penelitian Perilaku Manusia,” Fak. Psikol. UI, 2005.

K. Sellang, A. Yasin, and Yudi, “Pemberdayaan Masyarakat Melalui Wirausaha Budidaya Tanaman Jagung Di Desa Mattirotasi Kecamatan Watang Pulu Kabupaten Sidenreng Rappang,” Pengabdi. pada Masy., no. June, 2017.

S. A. Mulasari, “Penerapan Teknologi Tepat Guna (Penanam Hidroponik Menggunakan Media Tanam) Bagi Masyarakat Sosrowijayan Yogyakarta,” J. Pemberdaya. Publ. Has. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 2, no. 3, p. 425, 2019, doi: 10.12928/jp.v2i3.418.

Susilawati, Dasar – Dasar Bertanam Secara Hidroponik. Palembang: UPT. Penerbit dan Percetakan, 2019.

A. P. Sudarmo, “Pemanfaatan pertanian secara hidroponik untuk mengatasi keterbatasan lahan pertanian di Daerah Perkotaan,” Semin. Nas. Pengabdi. Kpd. Masyarakt Univ. Terbuka, pp. 1–8, 2018.

B. H. Isnawan and Mulyono, “Beberapa Sistem Hidroponik & Cara Budidaya Tanaman Dengan Hidroponik Sistem Sumbu* Beberapa Sistem Hidroponik,” UMY Repos., no. September 2016, 2016, [Online]. Available: http://repository.umy.ac.id/bitstream/handle/123456789/14300/Hidroponik%0Asistem%0Ainjeksi.pdf?sequence=1.

M. Maherawati and S. Sarbino, “Diversifikasi Produk Olahan Jagung Manis Sebagai Upaya Peningkatan Nilai Tambah Bagi Petani Jagung di Daerah Wisata Pasir Panjang-Singkawang,” J. Pengabdi, vol. 1, no. 1, p. 17, 2018, doi: 10.26418/jplp2km.v1i1.25477.

N. Hidayah, A. N. Istiani, and A. Septiani, “Pemanfaatan jagung (Zea mays) sebagai bahan dasar pembuatan keripik jagung untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di desa panca tunggal,” J. Pengabdi. Masy., vol. 1, no. 1, pp. 42–48, 2020, [Online]. Available: http://www.ejournal.radenintan.ac.id/index.php/ajpm/article/view/6181.

Downloads

Published

2021-11-17

Issue

Section

Articles