Produksi dan Pemasaran Tanaman Tembakau di Desa Watusigar, Kecamatan Ngawen, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta

Main Article Content

Ika Murti Kristiyani

Abstract

Desa Watusigar yang terletak di kecamatan Ngawen kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan lokasi objek pengamatan peneliti. Sebagian besar dari penduduk desa bekerja sebagai petani untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Dalam bidang pertanian ada salah satu tanaman yang dapat menjadi potensi besar dari desa Watusigar yakni tanaman tembakau. Produksi tembakau pada desa ini masih sangat sederhana dan kurangnya pendampingan dalam bidang pemasaran menjadikan hasil produksi desa Watusigar kalah saing dengan produsen lain. Oleh karena itu, peneliti ingin memberikan pengetahuan tentang bagaimana cara memproduksi tanaman tembakau dari proses penanaman hingga panen serta proses pemasaran agar hasil produksi tembakau dari desa Watusigar dapat meningkatkan ekonomi warga desa.

Article Details

Section
Articles

References

Wikipedia, “Kabupaten Gunungkidul - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas,” id.wikipedia.org, 2021. https://id.wikipedia.org/wiki/Kabupaten_Gunungkidul.

D. Watusigar, “Profil Desa - Website Watusigar,” watusigar-ngawen.desa.id, 2013. https://www.watusigar-ngawen.desa.id/first/artikel/32.

Sutopo, “Petani Tembakau Desa Watusigar,” 2019. https://www.watusigar-ngawen.desa.id/first/artikel/170-PETANI-TEMBAKAU-DESA-WATUSIGAR.

Sorot.co, “keuntungan tembakau,” 2018. https://gunungkidul.sorot.co/berita-98065-sukses-main-tembakau-petani-raup-keuntungan-puluhan-juta.html.

A. . Amelia, “Hasil Kajian Beberapa Jenis Tembakau di Indonesia,” AgroSainT UKI Toraja, vol. 3, no. 1, pp. 243–251, 2012.

D. Paramartha and Y. Lazurdi, “Pemanfaatan Nikotin Pada Daun Tembakau Untuk Memproduksi Bioinsektisida Dengan Proses Ekstraksi Cair-Cair,” J. Teknol. Kim. dan Ind., vol. 2, no. 2, pp. 233–239, 2013, [Online]. Available: http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/jtki.

F. Adzani, “minyak atsiri adalah ekstrak tumbuhan yang baik untuk kesehatan, apa saja manfaatnya,” 2020. https://www.sehatq.com/artikel/minyak-atsiri-adalah-cairan-dari-tumbuhan-yang-bermanfaat-bagi-kesehatan.

I. P. Sari, “TANAMAN TEMBAKAU Disusun oleh : Indriani Puspita Sari Dosen Pengampu : Mahrus Ali , S . TP ,. M . Agr Fakultas Pertanian Program Studi Agroteknologi Universitas Merdeka Surabaya Tahun 2017,” 2017, [Online]. Available: https://osf.io/zy3eb.

Cybext, “Cara pembuatan pestisida dari daun tembakau,” 2020. http://cybex.pertanian.go.id/mobile/artikel/91413/CARA-PEMBUATAN-PESTISIDA-NABATI--DARI-TEMBAKAU/.

D. Kurniawati and N. Arifin, “Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial dan Minat Beli Mahasiswa,” J. Simbolika, vol. I, pp. 193–198, 2015, [Online]. Available: https://www.google.com/search?safe=strict&sxsrf=ALeKk03-s_TjO9QTgnca4dOQJjoUQUCOEw%3A1611333057739&ei=wf0KYMjVLNberQHWkoiICw&q=proposal+penelitian+pemasaran+pada+media+sosia&oq=proposal+penelitian+pemasaran+pada+media+sosia&gs_lcp=CgZwc3ktYWIQAzIFCCEQoAEy.