Pengembangan Potensi Wisata Bukit Cempluk Kesamben Desa Ngleri dengan Digital Marketing

Authors

DOI:

https://doi.org/10.24002/jai.v2i3.4515

Keywords:

Pemasaran digital, website, wisata

Abstract

Abstrak— Kabupaten Gunungkidul merupakan kabupaten yang berada di sisi tenggara Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang memiliki 18 kecamatan, salah satunya yaitu Kecamatan Playen.Desa Ngleri merupakan salah satu diantara 13 desa yang terletak di Kecamatan Playen, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Salah satu potensi wisata di desa Ngleri yaitu bukit cempluk kesamben. Sebuah lokasi wisata yang terletak di salah titik tertinggi di desa Ngleri. Lokasi wisata ini dibuka beberapa tahun yang lalu dan mulai menarik wisatawan lokal maupun luar daerah. Perkembangan lokasi wisata ini terbilang lambat, hal ini disebabkan oleh masih belum terlalu terkenalnya lokasi ini bagi masyarakat luas. Dengan bantuan digital marketing, lokasi wisata ini dapat mulai memperkenalkan diri ke target pengunjung yang lebih luas secara strategis. Pengembangan digital marketing dilakukan melalui media sosial yaitu Instagram, dan pembentukan situs web yang keduanya nanti akan memberikan informasi yang relevan bagi calon pengunjung.

References

D. T. Raharjana and H. S. A. Putra, “Penguatan SDM dalam e-Marketing untuk Promosi Desa Wisata di Kabupaten Malang,” J. Nas. Pariwisata, vol. 12, no. 2, p. 140, 2020, doi: 10.22146/jnp.60403.

D. Pradiatiningtyas, “Peran Instagram Dalam Menarik Minat Wisatawan Berkunjung Ke Objek Wisata Yogyakarta,” J. Khasanah Ilmu, vol. 7, no. 2, 2016.

J. M. C. Verissimo and T. Tiago, “Marketing and Social Media: Benefits, and Ways Forward,” Int. Netw. Bus. Manag. Journals, 2013.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RD, Cetakan Ke. Bandung: ALFABETA, 2013.

P. Aaltonen and H. Ikävalko, “Implementing strategies successfully,” Integr. Manuf. Syst., vol. 13, no. 6, pp. 415–418, 2002, doi: 10.1108/09576060210436669.

T. Piñeiro-Otero and X. Martínez-Rolán, Understanding Digital Marketing—Basics and Actions, no. November 2017. 2016.

BPS Gunungkidul, “Jumlah Wisatawan Mancanegara dan Domestik di Kabupaten Gunungkidul,” 2018. https://gunungkidulkab.bps.go.id/statictable/2018/02/27/74/jumlah-wisatawan-mancanegara-dan-domestik-di-kabupaten-gunungkidul-2011-2016-.html (accessed May 11, 2021).

J. Magano and M. N. Cunha, “Digital marketing impact on tourism in Portugal: A quantitative study,” African J. Hosp. Tour. Leis., vol. 9, no. 1, pp. 1–19, 2020.

A. W. Kurnianti, “STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DIGITAL SEBAGAI PENGGERAK DESA WISATA KABUPATEN WONOSOBO PROVINSI JAWA TENGAH,” J. Ris. Komun., vol. 1, no. 1, pp. 180–190, 2018.

I. Setiawan and H. Kartajaya, WOW Marketing. Jakarta: Erlangga Pustaka Utama, 2014.

Blog, Lera. “Advantages and Disadvantages of Digital Signatures.” Lera Blog, 2021, https://lerablog.org/technology/data-security/advantages-and-disadvantages-of-digital-signatures/.

O’Brien, Clodagh, ‘What Are the Benefits of Digital Transformation?’, Digital Marketing Institute, 2018 <https://digitalmarketinginstitute.com/blog/13-03-18-what-are-the-benefits-of-digital-transformation>

Downloads

Published

2022-05-25

Issue

Section

Articles