Pengembangan Buku Ajar Matematika sebagai Upaya Mengasah Kemampuan Berpikir Anak di Desa Kembang, Kulon Progo

Authors

  • Putri Nastiti Universitas Atma Jaya Yogyakarta, (Google Scholar : https://scholar.google.com/citations?user=2Z5ZDVgAAAAJ&hl=en)

DOI:

https://doi.org/10.24002/jai.v2i4.4520

Keywords:

Pandemi Covid-19, Kemampuan Berpikir, Matematika, Desa Kembang.

Abstract

Sejak pandemi Covid-19 masuk ke Indonesia yang menyebabkan masyarakat harus mengikuti peraturan yang telah dikeluarkan oleh pemerintah. Peraturan tersebut diantaranya yaitu penerapan protokol kesehatan dalam mencegah dan mengendalikan Covid-19. Hampir semua anak-anak sekolah di Indonesia melaksanakan sekolah secara daring dirumah seperti melalui zoom, google classroom. Buku ajar dibuat untuk anak-anak desa Kembang yang melaksanakan sekolah daring. Pelaksanaan kegiatan Pengabdian Masyarakat dibagi kedalam 3 tahap yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap pelaporan. Kegiatan bermain sambil belajar, media yang diperlukan, dan langkah praktis dalam mengajarkan matematika dijelaskan dalam pembahasan selanjutnya pada jurnal ini. Jurnal ini meyajikan pembahasan tentang matematika yang perlu diajarkan kepada anak usia dini khususnya Taman Kanak-Kanak dan langkah praktis yang dapat digunakan untuk mengajarkan materi tersebut.  Maka dari itu, untuk memajukan pengetahuan masyarakat di Desa Kembang, Kabupaten Kulon Progo, Kecamatan Nanggulan, Yogyakarta khususnya dalam hal berpikir kelompok menyediakan buku ajar dalam bentuk ebook yang dapat digunakan kapan saja dan dimana saja. Hal ini memudahkan target sasaran kelompok dalam belajar selama working from home (WFH).

References

http://jatisarono-kulonprogo.desa.id/index.php/first diakses pada 31 Mei 2021 pukul 17:33 WIB

https://www.antaranews.com/berita/1965996/mendongkrak-pendapatan-petani-kulon-progo-dengan-tiga-komoditas-unggul diakses pada 31 Mei 2021 pukul 18:48 WIB.

Wicaksono, A. (2014). Perkembangan Alas Kaki Manusia. Jurnal Ilmiah WUNY, 16(4), 1–6. https://doi.org/10.21831/jwuny.v16i4.3519

UNTUK SANDAL. (1989). XV, 40–46

Manson, S. M., & O’Sullivan, D. (2006). 肖沉 1, 2, 孙莉 1, 2∆, 曹杉杉 1, 2, 梁浩 1, 2, 程焱 1, 2. Tjyybjb.Ac.Cn, 3(2252), 58–66.

Waskito, M., & Setiadi, E. (2019). Pemanfaatan Teknologi Digital Sebagai Usaha Meningkatkan Kemampuan Kreatif Pekerja Desain Di Ikm Alas Kaki Melalui Kegiatan Perancangan Ragam Hias Upper Sepatu. Jurnal Desain Indonesia, 01, 15–23. https://doi.org/10.52265/jdi.v1i1.5

https://kumparan.com/diniamaria790/perilaku-konsumtif-masyarakat-terhadap-boba-1usc1sxgleb diakses pada 31 Mei 2021 pukul 01:27 WIB.

Sari, C. A. (2015). Perilaku Berbelanja Online Di Kalangan Mahasiswi Antropologi Universitas Airlangga. Jurnal Antro Unair, 4(2), 205–216.

Gischa, Serafica. (2019, Desember 12). Indonesia sebagai Negara Agraris, Apa Artinya?. Kompas.com. Diakses dari https://www.kompas.com/skola/read/2019/12/12/172322669/indonesia-sebagai-negara-agraris-apa-artinya?page=all pada 25 Mei 2021 pukul 23:20 WIB.

Mentri Pertanian. (2018, Desember 19). Pengertian Padi, Klasifikasi, Ciri, dan Manfaatnya. Dosenpertanian.com. Diakses dari https://dosenpertanian.com/pengertian-padi/ pada 25 Mei 2021 pukul 23:21 WIB.

Downloads

Published

2022-07-28

Issue

Section

Articles