Produksi video ramah anak bersama Sumbu Pakarti
DOI:
https://doi.org/10.24002/jai.v1i5.5144Keywords:
Kolaborasi, Sumbu Pakarti, Video Ramah AnakAbstract
Minimnya tontonan ramah anak mengilhami Sumbu Pakarti memproduksi materi pembelajaran audiovisual secara mandiri untuk anak-anak dampingannya. Pengabdian ini bertujuan membangun kolaborasi untuk proses produksi materi audiovisual tersebut. Metode diskusi dan aplikasi digunakan untuk menggali potensi kolaborasi dan praktik yang memadai untuk menghasilkan produk prototipe. Hasilnya berupa video prototipe yang menjadi bagian dari kurikulum pembelajaran. Tiga kesimpulan pun dapat diraih. Pertama, fokus pada kebutuhan anak-anak menjadi orientasi utama. Kedua, kolaborasi menghasilkan proses produksi yang lebih sistematis dan ramah anak. Ketiga, persiapan produksi menjadi kunci keberlangsungan keseluruhan proses produksi.References
Sumbu Pakarti, “Keyakinan Kami”, 2021, [Online] <https://www.sumbupakarti.or.id/>
Sumbu Pakarti, “Data Base Sanggar dan Taman Literasi”. Yogyakarta: Dokumen Sumbu Pakarti (tidak diterbitkan), 2021.
UNICEF, UNDP, Prospera, dan SMERU. “Analisis Dampak Sosial dan Ekonomi Covid-19 pada Rumah Tangga dan Rekomendasi Strategis untuk Indonesia”, Jakarta, 2021.
UNICEF Indonesia, Akun Instagram UNICEF Indonesia, 2021, [Online] <https://www.instagram.com/p/CUCrUgZBNdb/>
Filmindonesia.or.id, “Katalog”, 2021, [Online], <http://filmindonesia.or.id/movie/title/list/genre/children#.YY-UlroxXb0>
Ira, “Anugerah Penyiaran Ramah Anak 2019: Program Anak Berkualitas Harus Lebih Sering Hadir Di TV dan Radio”. 2019, 25 Juli, [Online], <http://www.kpi.go.id/index.php/id/umum/38-dalam-negeri/35209-anugerah-penyiaran-ramah-anak-2019-program-anak-berkualitas-harus-lebih-sering-hadir-di-tv-dan-radio>
D. Lemish, Children and Media. Wiley Professional, Reference & Trade (Wiley K&L), 2014.
Ibid.
M. F. Joubish & M. A. Khurram, Cognitive Development in Jean Piaget’s Work and its Implications for Teachers. World Applied Sciences Journal, 12(8), 1260-1265, 2011. [Online] <https://pdfs.semanticscholar.org/4d5b/346602122c634fba7bb9535cd1db18018b48.pdf>
Lembaga Sensor Film, Majalah Sensor Film: Informasi Sensor dan Film (Edisi II Tahun 2020). Jakarta: Lembaga Sensor Film, 2020. [Online] <https://lsf.go.id/majalah/>
FSK, Alterseinstufungen und FSK-kennzeichen. Freiwillige Selbskontrolle der Filmwirtschaft¸ 2021, [Online] <https://www.spio-fsk.de/?seitid=508&tid=72>
KAVI, “Age Ratings and Classification of Audiovisual Programmes”, 2021, [Online] <https://kavi.fi/en/age-ratings/>
The Collaboration of Early Childhood, “Our story”, www.collab4kids.org, 2021, [Online] <https://collab4kids.org/our-story/>
S. Armstrong, M. Chen & R. Furger, “Media Literacy: Collaborating to Create Media-savvy Young People”. www.edutopia.org, 2003, [Online] <https://www.edutopia.org/media-literacy-collaboration>
K. Dunne, R. Bree, V. Duggan, & D. T. Campion, “Practical recommendations on the production of video teaching resources”. AISHE Journal, Volume 12 (1), 2020, [Online] <https://www.researchgate.net/publication/342804496_Practical_recommendations_on_the_production_of_video_teaching_resources>
Colorado State University Extension, “A Friendly Guide to Video Production”, 2020, [Online] <https://extension.colostate.edu/docs/comm/video-handbook2.pdf>
Ibid. Dunne, dkk. (2020).
Ibid. Colorado State University Extension. (2020).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Lukas Deni Setiawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.