Potensi Desa Temuwuh Kapanewon Dlingo Kabupaten Bantul pada Bidang Kewirausahaan

Main Article Content

Dewi Krisna Hardjanti, S.H., M.H.

Abstract

Temuwuh mempunyai beragam potensi desa dalam berbagai aspek atau bidang, seperti pertanian dan kerajinan mebel. Tentunya, mebel menjadi salah satu objek yang paling menonjol bagi Desa Temuwuh seantero Kapanewon Dlingo di Kabupaten Bantul. Dari segi kewirausahaannya, perlu adanya pemetaan mengenai bagaimana potensi desa mebel Temuwuh dapat dipasarkan secara baik dan benar, apalagi di era online marketplace seperti sekarang ini. Secara tidak langsung, hal ini akan memberikan masyarakat pencerahan untuk lebih mengembangkan potensi mebel yang mereka miliki dengan berbagai gagasan dan tata langkah yang tepat dalam penjualan potensi desa tersebut. Data diperoleh secara studi pustaka dari Badan Pusat Statistik, situs dan berbagai artikel terkait. Analisis dilaksanakan secara berkelompok dengan membagi porsi pekerjaan kepada masing-masing anggota untuk tiap-tiap bagiannya. Pertemuan rutin juga kerap diselenggarakan secara bersama dan tidak individualis guna melancarkan proses serta memangkas waktu kerja. Hasil jurnal yang didapatkan datang karena suatu anggapan akan perlunya proses jual-beli yang lebih efektif dan mudah dikenal masyarakat luar dengan online marketplace yang kiranya belum diperoleh oleh masyarakat desa pada umumnya.

Article Details

Section
Articles
Author Biography

Dewi Krisna Hardjanti, S.H., M.H., Fakultas Hüküm Universitas Atma Jaya Yogyakarta

KKN KELOMPOK 8

References

temuwuh.bantulkab.go.id, "Profil Desa," 2013. [Online]. Available: https://temuwuh.bantulkab.go.id/first/artikel/32.

Kemenperin.go.id, "Kembali Tumbuh di TW-I 2021, Industri Furnitur Genjot Investasi dan Ekspor," 2021. [Online]. Available: https://kemenperin.go.id/artikel/22540/Growing-Back-in-Q1-2021,-Furniture-Industry-Boosts-Investment-and-Exports.

C. M. O. Mintardjo, I. W. Ogi, G. M. V. Kawung and M. C. Raintung, "Sejarah Teori Kewirausahaan: Dari Saudagar sampai ke Teknoprenur Startup," JMBI UNSRAT, vol. 7, no. 1, pp. 187-196, 2020.

Syardiansah, "Peranan Kuliah Kerja Nyata Sebagai Bagian Dari Pengembangan Kompetensi Mahasiswa," JIM UPB, vol. 7, no. 1, pp. 57-68, 2019.

S. Wahyujatmiko and I. Y. Hadi, "Manajemen Pemasaran Online Makaroni Huhhah Yogyakarta," Jurnal Bisnis Teori dan Implementasi, vol. 9, no. 2, pp. 100-120, 2018.

A. M. I. Astuti and S. Ratnawati, "Analisis SWOT dalam Menentukan Strategi Pemasaran," Jurnal Ilmu Manajemen, vol. 7, no. 2, 2020.

Zulkarnain, M. G. Saputra and D. Silvia, "Strategi Pengembangan Bisnis melalui Pendekatan Business Model Canvas pasa PT Pitu Kreatif Berkah," Journal Industrial Services, vol. 6, no. 1, 2020.

N. Herawati, T. Lindriati and I. B. Suryaningrat, "Penerapan Bisnis Model Kanvas dalam Penentuan Rencana Manajemen Usaha Kedelai Edamame Goreng," Jurnal Agroteknologi, vol. 13, no. 1, 2019.

H. Hartatik and T. Baroto, "Strategi Pengembangan Bisnis Dengan Metode Business Model Canvas," Jurnal Teknik Industri, vol. 18, no. 2, pp. 113-120, 2017.

Z. U. Rizqi, R. D. A. Purba and R. R. Nugroho, "Penentuan Strategi Pengembangan Bisnis Menggunakan Analisis Swot Dan Business Model Canvas," IENACO, pp. 307-315, 2019.