Desa Sumbermulyo dengan Potensi Pengembangan Anggur

Main Article Content

Fedelis Brian Putra Prakasa

Abstract

Desa Sumbermulyo merupakan salah satu desa yang berada di wilayah Kapanewon Bambanglipuro, Kabupaten Bantul dengan luas wilayah sebesar 8,19 km2 yang dalam persentase luas kecamatan ini sebesar 36,12%. Potensi desa dari Desa Sumbermulyo sangat bervariasi, yang dalam hal ini potensi yang dikembangkan yakni potensi hasil alamnya yaitu anggur. Pengembangan potensi sumber daya alam yakni anggur dilakukan karena dapat dijadikan peluang berwirausaha bagi masyarakat di desa. Pengolahan pengembangan anggur ini dilakukan dengan melakukan riset potensi desa secara daring terlebih dahulu, lalu ditemukan potensi Kampung Anggur, sehingga selanjutnya diolah anggur untuk dijadikan produk makanan dan minuman berbahan dasar anggur. Produk yang pertama yaitu Susu GRAPRO yaitu termasuk minuman probiotik yang menggunakan anggur sebagai bahan utamanya. Produk yang kedua yaitu Muffin Anggur, produk ini merupakan makanan yang termasuk dalam bolu yang dicetak menggunakan cup kecil. Produk ini dapat dijadikan cemilan yang membuat kenyang dan menyehatkan. Kedua produk ini dipilih karena selain rasanya yang lezat, juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

Article Details

Section
Articles

References

K. B. K. Bantul, "Profil Desa Sumbermulyo," 2 October 2021. [Online]. Available: https://kec-bambanglipuro.bantulkab.go.id/desa/sumbermulyo.

S. Widagdha and F. C. Nisa, "Pengaruh Penambahan Sari Anggur (Vitris vinifera L.) dan Lama Fermentasi Terhadap Karakteristik Fisiko Kimia Yoghurt," Jurnal Pangan dan Agroindustri, vol. 3, no. 1, pp. 248-258, 2015.

I. N. Aunulloh, "4 Efek Samping Terlalu Banyak Makan Anggur, Salah Satunya Sebabkan Alergi," 2020. [Online]. Available: https://www.pikiran-rakyat.com/gaya-hidup/pr-01343530/4-efek-samping-terlalu-banyak-makan-anggur-salah-satunya-sebabkan-alergi. [Accessed 6 October 2021].

M. E. F. N. d. A. R. T. S. Rizal, "Karakteristik Probiotik Minuman Fermentasi Laktat Sari Buah Nanas dengan Variasi Jenis Bakteri Asam Laktat," Jurnal Kimia Terapi Indonesia, vol. 18, no. 1, pp. 63-71, 2016.

Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa Pasal 1 ayat 1.

U. Nain, Pembangunan Desa dalam Perspektif Sosiohistoris, Makassar: Garis Khatulistiwa, 2019.

Khairudin, Tradisi, Agama, dan Akseptasi Modernisasi Pada Masyarakat Pedesaan Jawa, 2016.

S. E. E. P. D. W. A. Saputro, "Tradisi Wiwitan: Cara Penyebaran dan Proses Pembelajaran oleh Masyarakat," Agritexts: Journal of Agricultural Extension, vol. 43, no. 2, pp. 73-79, 2019.

D. Ayu Ningrum, "IDENTIFIKASI LAHAN POTENSIAL UNTUK PENGEMBANGAN BUDIDAYA ANGGUR (Vitis sp.) DI PROBOLINGGO-JAWA TIMUR DENGAN MENGGUNAKAN SIG (SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS)," pp. 7-8, 2006.

F. Kurniawan, "Hama Penyakit Tanaman Anggur," 2020. [Online]. Available: https://fredikurniawan.com/hama-penyakit-tanaman-anggur/. [Accessed 10 October 2021].

T. Hidayah, "Penambahan Sari Buah pada Susu Murni sebagai Minuman Probiotik," Sainstech Innovation Journal, vol. 2, no. 2, pp. 21-26, 2019.