Pemaksimalan Kampung Wisata PringOri Kalurahan Sendangsari Melalui Konsep Desa Wisata Edukasi dan Rekreasi

Authors

  • Brahma Putra Pratama Universitas Atma Jaya Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.24002/jai.v3i1.5268

Keywords:

Yogyakarta, Sendangsari, PringOri, Potensi Desa

Abstract

Sebagai salah satu kalurahan dari Kabupaten Kulon Progo, Kalurahan Sendangsari memiliki potensi desa yang beragam. Mulai dari bidang kerajinan pangan, kegiatan desa, kesenian, hingga pariwisata. Desa Sendangsari memiliki destinasi wisata yang bernama Kampung Wisata PringOri. Objek wisata ini mengandalkan keindahan pemandangan persawahannya yang menyejukan, wahana rekreasi outbound river tubing dan camping. Sektor pariwisata memiliki peran yang besar terhadap penciptaan lapangan pekerjaan, sumber pendapatan, pelestarian sumber daya alam dan budaya, hingga pengembangan infrastruktur dan usaha. Akan sedikit disayangkan apabila pemanfaatan objek wisata PringOri hanya sampai disitu, padahal terdapat begitu banyak potensi pada Kalurahan Sendangsari yang dapat dimanfaatkan. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan sektor pariwisata Kalurahan Sendangsari dengan memaksimalkan objek wisata Kampung Wisata PringOri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif yakni metode yang digunakan dalam mencari unsur, sifat, serta ciri suatu fenomena. Hasil dari penelitian ini adalah dirancangnya suatu konsep desa wisata edukasi dan rekreasi yang dituangkan dalam suatu buku elektronik dan video.

References

A. D. Axioma, T. Nasution, Y. Wagiyo, J. A. Bakir, and N. A. Irawati, Pengembangan Wisata Perdesaan & Wisata Perkotaan: Rancangan Pola Perjalanan Gelang Projo (Magelang, Kulon Progo, Purworejo), Belitung Timur, Malang Raya. Jakarta: Deputi Bidang Pengembangan Industri dan Kelembagaan Kementerian Pariwisata, 2019.

“Profil Wilayah Kalurahan - Kalurahan Sendangsari.” http://sendangsari-kulonprogo.desa.id/index.php/artikel/2019/3/6/profil-wilayah-desa (accessed Oct. 11, 2021).

“Profil Desa Sendangsari 2016 - YouTube.” https://www.youtube.com/watch?v=Q_dHyTgLGpQ&t=871s (accessed Oct. 11, 2021).

“Ebook metode penelitian.” https://www.academia.edu/8944806/Ebook_metode_penelitian (accessed Nov. 10, 2021).

“PENGASIH - DESA SENDANGSARI.” https://pengasih.kulonprogokab.go.id/detil/548/desa-sendangsari (accessed Oct. 11, 2021).

K. Endah, “Pemberdayaan Masyarakat: Menggali Potensi Lokal Desa,” J. MODERAT, vol. 6, no. 2622–691X, pp. 135–143, 2020, [Online]. Available: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/moderat/article/view/3319/2914.

B. Suswanto and R. Windiasih, “PEMBERDAYAAN KELOMPOK USAHA KECIL SEBAGAI WISATA KULINER PERDESAAN,” pp. 27–38, [Online]. Available: http://jurnal.lppm.unsoed.ac.id/ojs/index.php/Prosiding/article/viewFile/1033/889.

A. M. Irianto, “Kesenian Tradisional Sebagai Sarana Strategi Kebudayaan di Tengah Determinasi Teknologi Komunikasi,” Nusa J. Ilmu Bhs. Dan Sastra, vol. 12, pp. 90–99, 2017.

R. Ristando, J. Settyoko, and H. Haprinsyah, “Strategi pemerintahan desa dalam mengembangkan pariwisata,” J. Polit. Dan Pemerintah. Drh., vol. 1, pp. 20–51, 2019.

O. : Dwi, S. Uin, M. Malik, and I. Malang, “ANALISIS SWOT SEBAGAI STRATEGI PERUSAHAAN DALAM MEMENANGKAN PERSAINGAN BISNIS.”

Downloads

Published

2023-01-30

Issue

Section

Articles