Potensi Desa Tawangsari, Pengasih, Kulon Progo Era Digitalisasi

Authors

  • Brahma Putra Pratama Universitas Atma Jaya Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.24002/jai.v3i2.5269

Keywords:

digitalisasi, Tawangsari, kelengkeng, branding

Abstract

Mengembangkan berbagai sektor baik dari sisi produksi, ekonomi, hingga komodifikasi pesan komunikasi masyarakat. KKN di era pandemi mengharapkan mahasiswa melakukan inovasi nyata kepada masyarakat berupa output. Potensi yang dimiliki Desa Tawangsari yang berada di Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo dapat memaksimalkan potensinya sebagai penghasil kelengkeng. Metode pemetaan desa Tawangsari dilakukan dengan data sekunder melalui Badan Pusat Statistik (BPS) dan website desa. Artikel ini akan menjelaskan kontribusi yang dilakukan oleh mahasiswa KKN 80 sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat dengan rangkaian kegiatan yang inovatif. Kontribusi kelompok KKN 114 adalah melakukan sebuah branding terhadap buah kelengkeng di Desa Tawangsari.

References

BPS Kabupaten Kulon Progo, “Kapanewon Pengasih Dalam Angka 2020 | i,” p. 146, 2020.

“SISTEM INFORMASI KELURAHAN TAWANGSARI,” 5 Maret 2021, 2021. http://tawangsari-pengasih.desa.id/index.php/artikel/2019/3/5/sejarah-desa.

I. Hendrawan, “Teknologi off-season Tanaman Lengkeng pada Rumah Tanaman sebagai Upaya Memenuhi Kebutuhan Pasar,” E-Jurnal WIDYA Eksakta, vol. 1, no. 1, pp. 21–27, 2013.

F. D. Anggraeni, I. Hardjanto, and A. Hayat, “Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Melalui Fasilitasi Pihak Eksternal Dan Potensi Internal,” J. Adm. Publik, vol. 1, no. 6, pp. 1286–1295, 2013, doi: 10.31949/jb.v2i4.1525.

B. . Prasetyo and N. . Febriani, Strategi Branding: Teori dan Perspektif Komunikasi dalam Bisnis. Malang: UB Press, 2020.

A. Russo, J. Watkins, L. Kelly, and S. Chan, “Participatory Communication with Social Media,” Curator Museum J., vol. 51, no. 1, pp. 21–31, 2008, doi: 10.1111/j.2151-6952.2008.tb00292.x.

G. Elliott, S. Rundle-Thiele, and D. Waller, Marketing. Wiley, 2014.

B. Indonesia, “Teknologi Finansial (Fintech),” 2020. https://www.bi.go.id/id/fungsi-utama/sistem-pembayaran/ritel/financial-technology/default.aspx.

O. J. Keuangan, “Financial Technology - P2P Lending,” 2017. https://www.ojk.go.id/id/kanal/iknb/financial-technology/default.aspx.

Government of Indonesia, “Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2014 Tentang Perkebunan,” Undang-undang, no. 1, pp. 1–50, 2014.

P. Hervás, R. & Millares, “Undang-Undang No 32 Tahun 2004 Tentang Pemerintah Daerah,” CWL Publ. Enterp. Inc., Madison, vol. 2004, p. 352, 2004, [Online]. Available: http://onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1002/cbdv.200490137/abstract.

K. Keahlian, B. Mikroba, S. Bisnis, and M. Itb, “MODEL DESA VOKASI DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN Pingkan Aditiawati , Dea Indriani Astuti , Gede [1] BPS Kabupaten Kulon Progo, “Kapanewon Pengasih Dalam Angka 2020 | i,” p. 146, 2020.

“SISTEM INFORMASI KELURAHAN TAWANGSARI,” 5 Maret 2021, 2021. http://tawangsari-pengasih.desa.id/index.php/artikel/2019/3/5/sejarah-desa.

I. Hendrawan, “Teknologi off-season Tanaman Lengkeng pada Rumah Tanaman sebagai Upaya Memenuhi Kebutuhan Pasar,” E-Jurnal WIDYA Eksakta, vol. 1, no. 1, pp. 21–27, 2013.

F. D. Anggraeni, I. Hardjanto, and A. Hayat, “Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Melalui Fasilitasi Pihak Eksternal Dan Potensi Internal,” J. Adm. Publik, vol. 1, no. 6, pp. 1286–1295, 2013, doi: 10.31949/jb.v2i4.1525.

B. . Prasetyo and N. . Febriani, Strategi Branding: Teori dan Perspektif Komunikasi dalam Bisnis. Malang: UB Press, 2020.

A. Russo, J. Watkins, L. Kelly, and S. Chan, “Participatory Communication with Social Media,” Curator Museum J., vol. 51, no. 1, pp. 21–31, 2008, doi: 10.1111/j.2151-6952.2008.tb00292.x.

G. Elliott, S. Rundle-Thiele, and D. Waller, Marketing. Wiley, 2014.

B. Indonesia, “Teknologi Finansial (Fintech),” 2020. https://www.bi.go.id/id/fungsi-utama/sistem-pembayaran/ritel/financial-technology/default.aspx.

O. J. Keuangan, “Financial Technology - P2P Lending,” 2017. https://www.ojk.go.id/id/kanal/iknb/financial-technology/default.aspx.

Government of Indonesia, “Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2014 Tentang Perkebunan,” Undang-undang, no. 1, pp. 1–50, 2014.

P. Hervás, R. & Millares, “Undang-Undang No 32 Tahun 2004 Tentang Pemerintah Daerah,” CWL Publ. Enterp. Inc., Madison, vol. 2004, p. 352, 2004, [Online]. Available: http://onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1002/cbdv.200490137/abstract.

K. Keahlian, B. Mikroba, S. Bisnis, and M. Itb, “MODEL DESA VOKASI DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN Pingkan Aditiawati , Dea Indriani Astuti , Gede Suantika , Togar M . Simatupang PENDAHULUAN Potensi lokal adalah kekayaan alam , budaya , dan SDM pada suatu daerah . Potensi alam di suatu daerah bergantu.”

Downloads

Published

2023-03-28

Issue

Section

Articles