Penggunaan Media Komunikasi Organisasi di Yayasan Sayap Ibu Daerah Istimewa Yogyakarta dan Kopilimo Café & Homestay

Authors

  • Sherly Hindra Negoro Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • MC Ninik Sri Rejeki

DOI:

https://doi.org/10.24002/jai.v2i1.5305

Keywords:

Komunikasi Organisasi, Media Komunikasi Organisasi, Panduan Penggunaan Media

Abstract

Sebuah organisasi penting untuk memahami komunikasi organisasi. Dengan pemahaman yang baik dari para aktor pengelola organisasi, maka akan tercapai praktek komunikasi organisasi yang berkualitas. Salah satu praktek komunikasi organisasi adalah penggunaan media komunikasi organisasi. Yayasan Sayap Ibu DIY (YSI) dan Kopilimo Café & Homestay belum memiliki panduan penggunaan media komunikasi organisasi. Permasalahannya adalah tidak terdistribusikannya informasi yang penting dan bermanfaat, lemahnya pemahaman akan konsep komunikasi organisasi, dan lemahnya fungsi koordinasi. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pendampingan bagi YSI dan Kopilimo Café & Homestay dalam menyusun panduan penggunaan media komunikasi organisasi.

Landasan teoritik yang digunakan dalam penyusunan panduan adalah komunikasi organisasi, mencakup konsep komunikasi organisasi dan media komunikasi organisasi, serta pemanfataannya. Metode pelaksanaan pendampingan berupa ceramah, diskusi, dan workshop.

Target pendampingan sebanyak tujuh kali pertemuan dengan luaran pengabdian berupa panduan penggunaan media komunikasi organisasi. Panduan memuat jenis media, konsep, dan tata cara penggunaan, serta petunjuk teknis dalam menggunakan setiap jenis media. Kesimpulan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah bahwa efektifitas komunikasi organisasi harus ditunjang oleh tersedianya panduan penggunaan media komunikasi organisasi yang terrencana. Untuk itu diperlukan pendampingan dari tim pengabdi yang memiliki kompetensi di bidang komunikasi organisasi. 

References

A. K. Batubara, “Aliran Informasi,” Jurnal Iqra, vol. 10, no. 1, pp. 70–91, May 2016.

O. : Oktaviani, M. Katuuk, N. Mewengkang, and E. R. Kalesaran, “PERAN KOMUNIKASI ORGANISASI DALAM MENINGKATKAN EKSISTENSI SANGGAR SENI VOX ANGELICA,” 2016.

L. Paramita, V. P. K. Lengkong, and G. M. Sendow, “THE EFFECT OF ORGANIZATION COMMUNICATION AND WORK STRESS TO WORK SATISFACTION AND THE IMPACT TO EMPLOYEE PERFORMANCE AT PERUM BULOG DIVRE SULUT,” 2016.

B. D. P. Cahyanto and I. W. M. Utama, “Komor & Lingkungan Kerja,” Manajemen Unud, vol. 5, no. 5, pp. 3248–3273, 2016.

R. W. PACE and D. F. FAULES, Komunikasi Organisasi: Strategi Meningkatkan Kinerja Perusahaan. Bandung: Rosda, 2006.

R. West and H. L. Turner, Pengantar Teori Komunikasi: Analisis dan Aplikasi. Jakarta: Salemba Humanika, 2008.

B. Suswanto, “Aliran Informasi,” Media kom, vol. 6, no. 2, pp. 1–15, 2016.

B. W. Utami, M. Molo, and E. Widiyanti, “Kelembagaan & Aliran Informasi,” J-SEP, vol. 5, no. 3, pp. 45–53, 2011.

I. Ruyadi, Y. Winoto, and N. Komariah, “MEDIA KOMUNIKASI DAN INFORMASI DALAM MENUNJANGKEGIATAN PENYULUHAN PERTANIAN,” Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, vol. 5, no. 1, pp. 37–50, 2017.

O. : Eribka, R. David, M. Sondakh, and S. Harilama, “Pengaruh Konten Vlog dalam Youtube terhadap Pembentukan Sikap Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sam Ratulangi,” 2017.

Downloads

Published

2022-01-05

Issue

Section

Articles