Pelatihan Literasi Hukum dan Komunikasi Digital dalam Pengelolaan Embung Sendangtirto

Main Article Content

R.A. Vita Astuti
Sekhar Chandra Pawana

Abstract

Embung Sendangtirto selesai dibangun di akhir tahun 2021 oleh Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Serayu Opak dan akan diserahkan pengelolaannya secara resmi kepada Kalurahan Sendangtirto di pertengahan tahun 2022. Tujuan dari pembangunan embung ini adalah untuk konservasi air, pengairan dan area publik serta wisata. Sebelum dikelola secara resmi oleh Kalurahan Sendangtirto, masyarakat sudah memanfaatkan embung sebagai area publik dan tempat mencari nafkah dengan pendirian warung-warung makan yang tidak terorganisir. Kegiatan Sebar Benih Ikan dan Reresik Embung dilaksanakan untuk mendekatkan warga Sendangtirto dengan mahasiswa sebagai peluang pemasaran dan pengenalan keberadaan Embung Sendangtirto. Pelatihan Srawung Literasi untuk optimalisasi edukasi publik dalam program pengabdian masyarakat ini diberikan dalam bentuk pengenalan dan pemasaran embung kepada warga karang taruna Sendangtirto melalui pelatihan literasi hukum dan komunikasi digital. Dalam pelatihan, masyarakat menemukan jenis pelanggaran yang berpotensi bisa terjadi di lokasi embung, yaitu memancing, vandalisme dan menyalahgunakan area sepi untuk tindakan pelanggaran hukum. Pemanfaatan media sosial dilakukan untuk meningkatkan kesadaran hukum dan potensi embung dalam bentuk kampanye persuasi memakai Instagram. Warga karang taruna belajar mencermati konten hukum dan cara-cara efektif untuk memanfaatkan media komunikasi digital.

Article Details

Section
Articles
Author Biography

R.A. Vita Astuti, Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Lecturer at Communication Department, FISIP, UAJY

References

D. S. D. A. KEMENPUPR, "Open Data PUPR," data.pu.go.id/dataset/embung, JAKARTA, 2021.

K. JOGJA, "Ditargetkan Selesai November, Embung Sendangtirto Mulai Penggalian," KR JOGJA, YOGYAKARTA, 2021.

B. M., "Analisis Kriteria Perencanaan Program Pemeliharaan Embung Irigasi (Studi Kasus Embung Haliwen dan Haekrit Kabupaten Belum)," Jurnal teknik Sipil dan Perencanaan , vol. 19, no. 2, p. 83, 2017.

S. Solichin, "Pengembangan Taman Wisata Embung Empaka Desa Sumber Pasir Kecamatan Pakis Malang," Jurnal Graha Pengabdian, vol. 1, no. 1, p. 18, 2019.

R. Jogja, "Pengelolaan Embung Dosen UMY Laksanakan Pengabdian Masyarakat," Radarjogja https://radarjogja.jawapos.com/pendidikan/2019/06/02/pengPelolaan-embung-dosen-umy-laksanakan-pengabdian-masyarakat/ , Yogyakarta, 2019.

M. E. Muhamad Syahwildan, "REVITALISASI PEMBAHARUAN AGROWISATA PERTANIAN EMBUNG EMBUNG AIR BATU BEKASI BEURUEM," KOMMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Pamulang, vol. 2, no. 2, p. 68, 2021.

T. U. M. Andalan, "PENEBARAN BENIH IKAN DI EMBUNG SENDANGTIRTO BERBAH," https://tuman.id/penebaran-benih-ikan-di-embung-sendangtirto-berbah/ , Yogyakarta, 2022.

J. Aja, "Hari Air Sedunia, Embung Sendangtirto Dihijaukan," https://jogjaaja.com/read/hari-air-sedunia-embung-sendangtirto-dihijaukan , Yogyakarta, 2022.

K. Rakyat, "Jadi Ruang Konservasi, Embung Sendangtirto Punya 20 Pohon Klengkeng Kristal dan Ribuan Bibit Ikan," https://www.krjogja.com/berita-lokal/diy/sleman/jadi-ruang-konservasi-embung-sendangtirto-punya-20-pohon-klengkeng-kristal-dan-ribuan-bibit-ikan/ , Yogyakarta, 2022.

B. Id, "Peringati Hari Bumi, Mahasiswa UAJY Reresik Embung Sendangtirto," https://benang.id/peringati-hari-bumi-mahasiswa-uajy-reresik-embung-sendangtirto/ , Yogyakarta, 2022.

P. Y. Kompas, "Atribusi Kewargaan Digital dalam Literasi Digital," Kompas https://www.kompas.com/skola/read/2021/06/15/142539669/literasi-digital-pengertian-prinsip-manfaat-tantangan-dan-contoh, Jakarta, 2021.

Eti Sumiati dan Wijonarko, "Dilansir dari Manfaat Literasi Digital Bagi Masyarakat dan Sektor Pendidikan Pada Saat Pandemi Covid-19," Kompas, Jakarta, 2020.

"Kitab Undang-Undang Hukum Pidana".

"PERATURAN DAERAH KABUPATEN SLEMAN NOMOR 12 TAHUN 2020 TENTANG Penyelenggaraan Ketentraman, Ketertiban Umum dan Perlindungan Masyarakat".

"Undang Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika".

"Peraturan Daerah DIY Nomor 12 Tahun 2005 tentang Pengendalian dan Pengawasan Minuman Beralkohol Serta Pelarangan Minuman Oplosan".

"UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 31 TAHUN 2004 TENTANG PERIKANAN".

UU No. 18 Tahun 2008 Tentang Pengelolaan Sampah.