Pemanfaatan Potensi Desa di Kawasan Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul

Authors

  • Danny Christian Pranoto
  • Liebertha Lirung
  • Willy Hermanto
  • Michael Axell Effendi
  • Ni Komang Putri Kemuning Sari
  • Putu Wahyu Teja Ryana Ari Putra
  • Satria Dewi
  • Benedikta Ave Martevalenia
  • Wulan Dari
  • Vincentius Claudio Darmasaputra Wibowo
  • Yohanes Mario Pratama Universitas Atma Jaya Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.24002/jai.v4i5.5955

Abstract

Menyebarkan ataupun mempromosikan potensi desa merupakan langkah yang dapat memajukan ekonomi dari suatu desa. Pada Desa Purwodadi yang berletak di Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, kelompok KKN 67 Periode 81 membuat rancangan pemasaran dari potensi desa yang dimiliki oleh Desa Purwodadi. Dalam hal ini, kelompok 67 memilih tanaman jali sebagai potensi desa tersebut. Dipilihnya tanaman jali karena tanaman jali tergolong tanaman langka yang juga sulit untuk dibudidayakan, namun masyarakat Desa Tepus dapat menanam serta membudidayakannya. Selain itu, tanaman jali juga dapat berperan sebagai pengganti beras dan dapat diolah menjadi berbagai olahan makanan serta minuman. Kelompok 67 memilih bubur jali sebagai olahan dari tanaman jali. Proses penyebaran ataupun promosi yang dilakukan adalah melalui media sosial Instagram. Tujuan dari dilakukannya kegiatan ini ialah untuk dapat menyebarkan atau mempromosikan potensi desa yang dimiliki Desa Tepus, yang dalam hal ini ialah tanaman jali yang mana bisa  diharapkan akan berdampak pada peningkatan penghasilan di desa tersebut.

Author Biography

Yohanes Mario Pratama, Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Lecturer of Accounting at Universitas Atma Jaya Yogyakarta

References

[1] Badan Pusat Statistik Kabupaten Gunung Kidul, “Kecamatan Tepus dalam Angka 2021,” Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, 2021.

[2] S. Wahyuni and M. Murdaningsih, “Inventarisasi Plasma Nutfah Serealia Lahan Kering Di Sekitar Kawasan Taman Nasional Kelimutu,” Agrica, vol. 4, no. 1, pp. 55–68, 2020, doi: 10.37478/agr.v4i1.467.

[3] Rutriana, “Penuhi Nutrisi Anak di Masa Pandemi, P2TTG LIPI Kembangkan Cookies Berbasis Jali dan Kelor,” Badan Riset dan Inovasi Nasional, Pusat Riset Teknologi Tepat Guna, 2021. .

[4] A. Hidayat, A. Abdullah, and H. Fitriani, “Budidaya Tanaman Pangan Hanjeli (Coix Lacryma-Jobi L),” Bandung, 2017.

[5] D. A. Syahputri and A. K. Wardani, “Pengaruh fermentasi jali (Coix lacryma joni-L) pada proses pembuatan tepung terhadap karakteristik fisik dan kimia cookies dan roti tawar,” J. Pangan dan Agroindustri, vol. 3, no. 3, pp. 984–995, 2015.

[6] A. Shinta, Manajemen Pemasaran. Malang: Tim UB Press, Universitas Brawijaya Press, 2011.

[7] R. IRAWANTO, “Jali (Coix lacryma-jobi L.): Biji, perkecambahan, dan potensinya,” Semin. Nas. Masy. Biodiversitas Indones., vol. 3, no. Irawanto 2011, pp. 147–153, 2017, doi: 10.13057/psnmbi/m030124.

[8] D. Untari and D. E. Fajariana, “Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif Pada Akun @Subur_Batik),” Widya Cipta, vol. 2, no. 2, pp. 271–278, 2018, [Online]. Available: http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/widyacipta.

[9] T. Juhaeti, N. Setyowati, and I. Gunawan, “Pemanfaatan dan Prospek Serealia Minor Jali (Coix Lacryma-Jobi L.) dalam Pembuatan Kuliner untuk Pengembangan Usaha Industri Rumah Tangga,” VIVABIO J. Pengabdi. Multidisiplin, vol. 3, no. 2, p. 6, 2021, doi: 10.35799/vivabio.3.2.2021.34113.

[10] N. Istiani and A. Islamy, “Fikih Media Sosial Di Indonesia,” Asy Syar’Iyyah J. Ilmu Syari’Ah Dan Perbank. Islam, vol. 5, no. 2, pp. 202–225, 2020, doi: 10.32923/asy.v5i2.1586.

Downloads

Published

2024-09-30

Issue

Section

Articles