Pemanfaatan Olahan Singkong dalam Meningkatkan Nilai Ekonomi Masyarakat Desa Girimulyo, Kabupaten Gunungkidul

Authors

  • Michael Reskiantio Pabubung a:1:{s:5:"en_US";s:32:"Universitas Atma Jaya Yogyakarta";}
  • Lidya Putri Keren Hapukh
  • Lolita Chandra Budikusuma
  • Albertus Anggito Pramudito
  • Sherina Lourencia Putri
  • Salsabila
  • Kristyadi Retra Dinata
  • Devina Karsten Setiadi
  • Verena Septiriani
  • Richardus Alga Admaja
  • Elia Sepen Daridu

DOI:

https://doi.org/10.24002/jai.v5i1.5960

Keywords:

Ekonomi, Girimulyo, Pengabdian, Produk Pertanian, Singkong

Abstract

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa. Kegiatan Kuliah Kerja Nyata oleh Universitas Atma Jaya Yogyakarta kali ini memasuki periode ke-81 dan berlangsung secara “dalam jaringan” tanpa adanya penerjunan secara langsung oleh para peserta kegiatan Kuliah Kerja Nyata kali ini, dikarenakan kondisi pandemi yang kini belum pulih. Pada pelaksanaan kegiatan Kuliah Kerja Nyata ini, kelompok penulis mendapatkan Desa Girimulyo sebagai lokasi pelaksanaan kegiatan ini. Desa Girimulyo terletak di Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Desa Girimulyo merupakan suatu desa yang memiliki potensi hasil alam yang melimpah. Saat ini, pemanfaatan hasil alam ini masih kurang optimal. Hal ini yang menjadi acuan untuk kelompok penulis dalam pelaksanaan kegiatan Kuliah Kerja Nyata ini. Pengolahan secara optimal akan berpotensi untuk menaikkan nilai ekonomi dan perlahan dapat memberikan kesejahteraan bagi masyarakat Desa Girimulyo. Informasi seputar Desa Girimulyo ini diperoleh melalui data literatur online dan observasi langsung. Observasi langsung dilakukan untuk melengkapi data yang belum tersedia di internet. Program kerja kelompok penulis adalah mengedukasi serta memberikan wawasan baru dalam mengelola hasil alam yang berupa singkong yang dapat manfaatkan menjadi brownies agar dapat menaikkan nilai jual singkong dengan beberapa langkah perancangan dari bahan mentah hingga menjadi produk yang dapat dikonsumsi banyak orang. Informasi baru ini diharapkan dapat memotivasi masyarakat Desa Girimulyo untuk memanfaatkan hasil alam yang melimpah dengan optimal demi peningkatan nilai ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Desa Girimulyo.

References

[1] M. M. Drs. H. Jabrohim, M. T. Ir. Moehamad Aman, and M. Hum. P. Dr. Rina Ratih Sri Sudaryani, “Kuliah Kerja Nyata Muhammadiyah Untuk Negeri,” pp. 4–4, 2015.

[2] E. N. Pulungan, “Uji Daya Terima dan Nilai Gizi Brownies Singkong,” Medan, vol. 1, pp. 1–94, 2013.

[3] U. Warmadewa and A. S. Kkn, “Materi pembekalan kkn unwar 2019 1,” pp. 1–13, 2019.

[4] A. Budisusila et al., “Pemberdayaan Kelompok Wanita Tani Sidoluhur untuk Inisiasi Budidaya Anggur Substitusi Impor (ASI),” Jurnal Atma Inovasia (JAI), vol. 4, no. 6, 2024.

[5] A. Giri Anjassari et al., “Pengembangan Potensi Desa Giriwungu, Kapanewon Panggang, Kabupaten Gunungkidul,” Jurnal Atma Inovasia (JAI), vol. 3, no. 5, 2023.

[6] M. R. Pabubung et al., “Pengembangan Desa Girikarto sebagai Desa Wisata di Kabupaten Gunungkidul, DIY,” 2024.

[7] Kecamatan Panggang dalam angka, “Kecamatan Panggang Dalam Angka 2021,” pp. 1–6, 2021.

[8] “Praktek pengolahan brownies singkong panggang,” p. 1.

[9] “KAJIAN MUTU BROWNIES DENGAN PENAMBAHAN SINGKONG ( Manihot utilissima ) SKRIPSI Oleh : RIKA RAHMAYANI,” 2018.

[10] O. Strategi Pemasaran Gula Jawa di UMKM Gula Merah Leugit Padukuhan Kabrokan Kulon et al., “Optimalisasi Strategi Pemasaran Gula Jawa di UMKM Gula Merah Leugit Padukuhan Kabrokan Kulon,” Jurnal Atma Inovasia (JAI), vol. 4, no. 1, 2024.

[11] L. Hartajanie, D. Wulandari, and E. Lucky Maretha Sitinjak, “Packaging Design dan Manajemen Kas Akselerasi Penetrasi Pasar dan Penjualan Klaster Pangan UMKM Srondol Kota Semarang,” 2024.

[12] N. Rina and R. W. Yuriadi, “Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Mempertahankan Brand Image Brownies Amanda sebagai Kue Oleh-oleh Bandung,” Jurnal Lingkar Studi Komunikasi, vol. 5, no. 1, pp. 66–73, 2019.

[13] Z. Abidin Achmad, T. Zendo Azhari, W. Naufal Esfandiar, N. Nuryaningrum, A. Farah Dhilah Syifana, and I. Cahyaningrum, “Pemanfaatan Media Sosial dalam Pemasaran Produk UMKM di Kelurahan Sidokumpul, Kabupaten Gresik,” Jurnal Ilmu Komunikasi, vol. 10, no. 1, pp. 17–31, 2020, doi: 10.15642/jik.2020.10.1.17-31.

[14] K. Silaen, L. E. Bachtiar, M. Silaen, A. Parhusip, I. Bisnis Dan Komputer Indonesia, and K. L. Com, “STRATEGI PEMASARAN DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK LOKAL DIERA ONLINE.”

[15] D. Jayanti Mandasari, J. Widodo, and S. Djaja, “STRATEGI PEMASARAN USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) BATIK MAGENDA TAMANAN KABUPATEN BONDOWOSO,” JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, vol. 13, no. 1, p. 123, Apr. 2019, doi: 10.19184/jpe.v13i1.10432.

[16] Z. Fikri, “Strategi Promosi Di Era Digital Untuk,” Skripsi, 2018.

[17] A. Wardhana, “Strategi Digital Marketing dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing UMK di Indonesia,” In Seminar Nasional Keuangan dan Bisnis IV, no. April 2015, pp. 327–337, 2015.

[18] S. Shabina et al., “CENDIKIA PENDIDIKAN REVITALISASI CITRA DAN BRANDING UMKM : UPAYA MENGEMBALIKAN KEPERCAYAAN KONSUMEN TERHADAP PRODUK LOKAL MELALUI PENAMAAN MERK BERBAHASA INDONESIA,” vol. 4, no. 11, pp. 91–100, 2024, doi: 10.9644/sindoro.v4i5.3317.

[19] S. Bambang Riono, D. Harini, A. Sholeha, and P. Studi Manajemen, “Sosialisasi Pemberdayaan Masyarakat Mengenai Strategi Branding untuk Meningkatkan Pemasaran UMKM Produk Lokal di Desa Kaliwlingi Community Empowerment Socialization Regarding Branding Strategy to Increase MSME Marketing of Local Products in Kaliwlingi Village,” 2023.

Downloads

Published

2025-01-30

Issue

Section

Articles