Pelatihan Desain Grafis Menggunakan Canva di Tengah Pandemi Covid-19 pada Pondok Asuh Harapan Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.24002/jai.v3i1.5997Keywords:
Covid-19, pelatihan, desain, Canva, pengabdianAbstract
Covid-19 membawa perubahan yang membuat kehidupan masyarakat menjadi sangat berbeda, termasuk pendidikan. Pembelajaran online merupakan model pendidikan baru di Indonesia, sehingga pendidik harus mampu mengakomodir kebutuhan pembelajaran seperti membuat presentasi dan video pembelajaran. Maka pelatihan menggunakan aplikasi online Canva dilakukan di Panti Asuhan Pondok Asuh Harapan Yogyakarta dengan tujuan untuk memberikan pemahaman tentang cara menciptakan desain kreatif. Metode yang diterapkan dalam pelaksanaan pengabdian ini yaitu dengan memberikan informasi mengenai cara mengoperasikan aplikasi Canva guna membuat desain yang diperlukan dalam proses belajar mengajar seperti bahan belajar anak, kartu ucapan, logo, power point, dll. Mewujudkan kegiatan tersebut adalah dilaksanakannya kursus pelatihan menggunakan aplikasi Canva, dengan 9 peserta pelatihan mengikuti kursus pelatihan dan peserta pelatihan belajar pengetahuan menggunakan aplikasi Canva untuk meningkatkan keterampilan mereka dari Panti Asuhan Harapan.
References
V. Nomor et al., “Pengenalan Dasar Teknologi Informasi Pada Yayasan Intifa Cinta Yatim Dan Dhuafa Al-Ikhwaniyah,” vol. 2, pp. 132–134, 2021.
N. I. Rahayu, S. Rahmayanti, S. H. Sandri, and ..., “Pengenalan Media Pembelajaran Online Kreatif di Tengah Pandemi Covid-19 Pada Panti Asuhan Putri Aisyiyah Wilayah Riau,” COMSEP J. …, vol. 2, no. 2, pp. 196–200, 2021.
S. Resmini’, I. Satriani, and M. Rafi, “Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva sebagai Media Pembuatan Bahan Ajar dalam Pembelajaran Bahasa Inggris,” Abdimas Sliwangi, vol. 04, no. 02, pp. 335–343, 2021, [Online]. Available: https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/abdimas-siliwangi/article/view/6859/2593
K. N. Isnaini, D. F. Sulistiyani, and Z. R. K. Putri, “Pelatihan Desain Menggunakan Aplikasi Canva,” SELAPARANG J. Pengabdi. Masy. Berkemajuan, vol. 5, no. 1, p. 291, 2021, doi: 10.31764/jpmb.v5i1.6434.
E. Sinduningrum, I. F. Hanif, R. Rosalina, N. Pratiwi, and M. Sholeh, “Pelatihan Aplikasi Canva Dalam Mendukung Pelajaran Jarak Jauh Bagi Guru Smk Muhammadiyah 7 Jakarta,” SELAPARANG J. Pengabdi. Masy. Berkemajuan, vol. 5, no. 1, p. 25, 2021, doi: 10.31764/jpmb.v5i1.4898.
M. L. Famukhit, “Pelatihan Desain Promosi Usaha Menggunakan Canva Pada Smk Diponegoro Tulakan Kabupaten Pacitan,” J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2020.
Tiawan, Musawarman, L. Sakinah, N. Rahmawati, and H. Salman, “Pelatihan Desain Grafis Menggunakan Aplikasi Canva Tingkat Smk Di Smkn 1 Gunung Putri Bogor,” BERNAS J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1, no. 4, pp. 476–480, 2020, doi: 10.31949/jb.v1i4.417.
P. D. Komputer and D. I. Yayasan, “Pengenalan dasar-dasar komputer di yayasan setiabudi panti asuhan amanah pamulang tangerang selatan,” vol. 2, pp. 442–444, 2021.
D. R. Saputra, R. Rosen, S. Juniawan, M. Y. Abdillah, and M. Ardiansyah, “Pemanfaatan Canva Dan Google Form Di Yayasan,” vol. 2, pp. 297–300, 2021.
L. P. Yuli Purwati, “Pelatihan Desain Menggunakan Aplikasi Canva Untuk Anggota Komunitas Ibu Profesional Banyumas Raya,” vol. 1, no. 1, 2019.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Leoni Cahya, Caroline Risya Belinda, Lorensius Dimas Triprasojo, Kezia Nathalie Margareth, Valerya Vioretta Tantra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.