Pemanfaatan Eco Enzym dari Limbah Hasil Bumi di Desa Ngalang, Gedangsari, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Authors

  • Yohanes Hartono Yohanes Hartono a:1:{s:5:"en_US";s:32:"Universitas Atma Jaya Yogyakarta";}

DOI:

https://doi.org/10.24002/jai.v3i3.6021

Keywords:

Kuliah Kerja Nyata, Eco Enzym, Limbah Panen, Desa Ngalang, Potensi Desa

Abstract

 Kuliah Kerja Nyata KKN dilaksanakan kelompok 17 di Desa Ngalang. Desa Ngalang terletak di kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Desa ini memiliki sektor pertanian dan pariwisata yang dapat diandalkan dan dibanggakan oleh desa Ngalang itu sendiri. Desa Ngalang juga kental dengan adat istiadat, dimana tiap tahunnya Desa Ngalang menggelar upacara Nyadran. Melihat adanya potensi desa yang memiliki limbah panen, kelompok 17 membuat program kerja mengenai pengolahan limbah hasil bumi menjadi eco enzym. Metode pengabdian yang dilakukan pembuatan program beserta laporan berbasis data melalui internet atau website yang dimiliki Desa Ngalang. Pembuatan eco enzym ini membantu warga dalam mengelola limbah dari upacara Nyadran yang tiap tahunnya dilakukan oleh warga Desa Ngalang. Selain itu kelompok 17 juga melihat potensi pariwisata yang ada di Desa Ngalang. Dari adanya potensi tersebut kelompok memberikan saran untuk pengembangan pariwisata yang ada di Desa Ngalang. Dengan harapan dua program kerja yang dibuat oleh kelompok 17 dapat dilaksanakan atau terealisasikan bagi warga Desa Ngalang.

Kata Kunci — Kuliah Kerja Nyata, Eco Enzym, Limbah Panen, Desa Ngalang, Potensi Desa

References

F. Kesehatan, M. Universitas, and A. Dahlan, “Pemberdayaan Masyarakat Desa Ngalang, Gedangsari, Gunung Kidul Melalui Kuliah Kerja Nyata Universitas Ahmad Dahlan Sulistyawati Dan Suprapti Rejeki,” 2018.

E. U. Putri, “Komodifikasi Tradisi Rasulan Gubug Gedhe Di Desa Ngalang, Gedangsari, Gunung Kidul,” 2018.

Admin, “Desa Ngalang : Sajian Wisata Alam Yang Bikin Terngiang-Ngiang,” Https://Visitingjogja.Jogjaprov.Go.Id/26338/Desa-Ngalang-Sajian-Wisata-Alam-Yang-Bikin-Terngiang-Ngiang/, Apr. 10, 2022.

A. J.I., “Hubungan Pengetahuan Dan Praktik Terkait Dagusibu Pada Ibu Pkk Pedukuhan Sumberjo, Desa Ngalang, Gedangsari, Gunung Kidul,” Vol. 1, Pp. 1–8, 2020.

A. D, “‘Pengembangan Potensi Desa,’ Widyaiswara Pada Kant. Diklat Kabupaten Banyumas,” 2014.

E. P. Hartin, “‘Eco Enzyme’, Produk Limbah Organik yang Mempunyai Sejuta Manfaat,” https://bbppbinuang.bppsdmp.pertanian.go.id/eco-enzyme-produk-limbah-organik-yang-mempunyai-sejuta-manfaat/, Oct. 30, 2021.

S. Priharto, “Apa Itu Analisis SWOT? Berikut Pengertian, Metode Analisis, dan Contohnya,” https://cpssoft.com/blog/bisnis/pengertian-analisis-swot/, May 09, 2019.

E. K, “Pemberdayaan masyarakat: Menggali potensi lokal desa,” Moderat J. Ilm. Ilmu Pemerintah,” vol. 6, pp. 135–143, 2020.

“Liburan Asyik di Wisata Gunung Gentong Gunung Kidul Jogja Yogyakarta,” http://www.wisatakeyogyakarta.com/2019/06/liburan-asyik-di-wisata-gunung-gentong-gunung-kidul-jogja-ogyakarta.html, Jun. 03, 2019.

B. I.R., “Optimalisasi potensi desa di Indonesia. Gramedia Widiasarana Indonesia,” 2019

Downloads

Published

2023-05-30

Issue

Section

Articles