Implementasi Integrated Place Brand Identity untuk Peningkatan Ekonomi Kreatif di Desa Wisata Tinalah, Kulon Progo

Authors

  • Desideria Cempaka Wijaya Murti
  • Victoria Sundari Handoko
  • Antonius Bima Murti Wijaya
  • Gabriel Emerald a:1:{s:5:"en_US";s:9:"Mahasiswa";}

DOI:

https://doi.org/10.24002/jai.v2i5.6315

Keywords:

Branding, Desa Wisata, Packaging, Teknologi Point of Sale, UMKM

Abstract

Desa Wisata Tinalah (Dewi Tinalah) terletak di wilayah Desa Purwoharjo merupakan kawasan yang memiliki beragam potensi seperti wisata alam, kebudayaan, maupun kuliner tradisional. Pandemi COVID-19 membawa dampak bagi produksi UMKM di Dewi Tinalah. Selain itu, pengelola UMKM masih kesulitan untuk melakukan pemasaran, branding, serta belum adanya alat untuk membantu manajemen penjualan produk. Tim Abdimas melakukan Focus Group Discussion (FGD) bersama penduduk untuk mengidentifikasi place brand identity yang diintegrasikan dengan teknologi Point of Sales dipilih sebagai langkah alternatif inovasi untuk menjawab permasalahan yang ada. Kegiatan ini bermanfaat untuk meningkatkan nilai jual produk UMKM dan sistem pembayaran cashless di Desa Wisata Tinalah. Kegiatan abdimas dengan melibatkan partisipasi pengelola desa wisata dan UMKM secara aktif diharapkan mampu meningkatkan wawasan dan inovasi kreatif untuk pengembangan Desa Wisata Tinalah.

References

M. Konecnik Ruzzier and L. de Chernatony, “Developing and applying a place brand identity model: The case of Slovenia,” J. Bus. Res., vol. 66, no. 1, pp. 45–52, 2013, doi: 10.1016/j.jbusres.2012.05.023.

E. Pawłusz and A. Polese, “‘Scandinavia’s best-kept secret.’† Tourism promotion, nation-branding, and identity construction in Estonia (with a free guided tour of Tallinn Airport),” Natl. Pap., vol. 45, no. 5, pp. 873–892, 2017, doi: 10.1080/00905992.2017.1287167.

M. Kavaratzis and M. J. Hatch, “The dynamics of place brands: An identity-based approach to place branding theory,” Mark. Theory, vol. 13, no. 1, pp. 69–86, 2013, doi: 10.1177/1470593112467268.

L. Texts, T. H. E. Application, O. F. Branding, and T. T. O. Nations, “Dinnie2004_Article_PlaceBrandingOverviewOfAnEmerg,” vol. 1, pp. 106–110, 2004.

I. Takeshi, “The Dynamics of Local Governance Reform in Decentralizing Indonesia: Participatory Planning and Village Empowerment in Bandung, West Java,” Asian African Area Stud., vol. 5, no. 2, pp. 137–183, 2006, [Online]. Available: http://www.asafas.kyoto-u.ac.jp/publication/pdf/no_0502/p137-183.pdf.

S. E. Jokela, “Tourism and identity politics in the Helsinki churchscape,” Tour. Geogr., vol. 16, no. 2, pp. 252–269, 2014, doi: 10.1080/14616688.2013.865070.

A. Pomering, “Indigenous identity in the nation brand: Tension and inconsistency in a nation’s tourism advertising campaigns,” Corp. Reput. Rev., vol. 16, no. 1, pp. 66–79, 2013, doi: 10.1057/crr.2012.26.

N. Kaneva, “Κριτική Επισκόπηση Στο Nation Branding Ως Φιλοσοφία Και Πρακτική,” Εικόνες Κρατών, Στρατηγική Επικοινωνία, Ήπια Ισχύς Και Μέσα Ενημέρωσης, vol. 1, pp. 60–75, 2014.

E. Pawłusz, A. Polese, M. Konecnik Ruzzier, L. de Chernatony, M. Kavaratzis, and M. J. Hatch, “Developing and applying a place brand identity model: The case of Slovenia,” Natl. Pap., vol. 45, no. 1, pp. 69–86, 2013, doi: 10.1080/00905992.2017.1287167.

G. Mainolfi and V. Marino, “Destination beliefs, event satisfaction and post-visit product receptivity in event marketing. Results from a tourism experience,” J. Bus. Res., vol. 116, no. February, pp. 699–710, 2020, doi: 10.1016/j.jbusres.2018.03.001.

J. S. Horng and C. T. (Simon) Tsai, “Government websites for promoting East Asian culinary tourism: A cross-national analysis,” Tour. Manag., vol. 31, no. 1, pp. 74–85, 2010, doi: 10.1016/j.tourman.2009.01.009.

W. Juliprijanto, S. N. Sarfiah, and nuwun priyono, “DISKRIPSI DAN PERMASALAHAN PELAKU USAHA KECIL MENENGAH (UKM) (Studi Kasus UKM di Desa Balesari, Kecamatan Windusari),” J. REP (Riset Ekon. Pembangunan), vol. 2, no. 1, pp. 77–90, 2017, doi: 10.31002/rep.v2i2.224.

Downloads

Published

2022-09-28

Issue

Section

Articles