Perencanaan dan Perancangan Objek Wisata Sendang Ngembel di Kabupaten Bantul dengan Pendekatan Ecotourism

Authors

  • Nicolaus Nino Ardhiansyah Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Adityo Universitas Atma Jaya Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.24002/jai.v2i6.6398

Keywords:

Potensi Desa, Objek wisata, Sendang, Ecotourism, Strategi pengembangan

Abstract

Abstrak - Objek Wisata Sendang Ngembel yang berada di Desa Wisata Sendangsari merupakan satu dari 3 Sendang yang tersisa dimana mempunyai potensi ekonomi yang dapat dikembangkan khususnya pada sektor pariwisata, salah satunya adalah wisata air. Pariwisata berkelanjutan merupakan salah satu bentuk industri pariwisata yang belakangan ini menjadi tujuan dari sebagian besar masyarakatdi Indonesia , termasuk di kota Yogyakarta. Faktor – faktor perencanaan dan perancangan objek wisata Sendang ngembel dilakukan dengan metode kualitatif. Sumber data penelitian menggunakan data primer dan data sekunder. Metode penelitian dilakukan dengan design deskriptif karena dalam penelitian ini langsung turun ke lapangan melakukan pengumpulan data dengan cara observasi dan wawancara. Untuk memperlengkap data, peneliti juga melakukan studi litelatur dan studi komparasi terhadap objek wisata Sendang Ngembel. Teori pendekatan yang menarik diterapkan untuk mengoptimalkan proses perencanaan dan perancangan , dimana menghasilkan program pengembangan yang memberikan implikasi perbaikan perekonomian masyarakat desa Sendangsari , peningkatan SDM dan perkembangan kepariwisataan .

References

KORU ARCHITECT, “CAN DESIGN MAKE ECOTOURISM EVEN BETTER?,” 2022. HTTP://WWW.KORUARCHITECTS.CO.UK/DESIGN-ECOTOURISM-EVEN-BETTER/

A. KURNIAWAN, “TUJUAN PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN DAN LATAR BELAKANG,” 2022. HTTPS://WWW.GURUPENDIDIKAN.CO.ID/PEMBANGUNAN-BERKELANJUTAN/

KEMENTERIAN PEKERJAAN UMUM DAN PERUMAHAN RAKYAT, “KONSEP PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN,” 2016. HTTP://SIM.CIPTAKARYA.PU.GO.ID/P2KH/KNOWLEDGE/DETAIL/PEMBANGUNAN-BERKELANJUTAN

O. MOH ET AL., “PENGEMBANGAN PARIWISATA YANG BERKELANJUTAN MELALUI EKOWISATA*.”

RINDI PANDAN ARUM, “UPAYA PENGELOLA DALAM PENGEMBANGAN SENDANG NGEMBEL DI BEJI WETAN, PAJANGAN KABUPATEN BANTUL,” SEKOLAH TINGGI PARIWISATA AMPTA , YOGYAKARTA, 2020.

PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN BANTUL, “PERATURAN DAERAH KABUPATEN BANTUL NOMOR 4 TAHUN 2011 TENTANG RENCANA TATA RUANG WILAYAH KABUPATEN BANTUL TAHUN 2010-2030,” 2011.

P. TOURISM GALLERY DENGAN PENDEKATAN EKOWISATA BERBASIS EDUKASI DI KAMPOENG REKLAMASI AIR JANGKANG, “AIR JANGKANG AIR JANGKANG TOURISM GALLERY TOURISM GALLERY.”

I. D. PERMATA, Y. LUBIS, AND A. NST, “PENGARUH KEBERADAAN AGROWISATA TAMAN AIR PERCUT TERHADAP SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT (STUDI KASUS: DESA TANJUNG SELAMAT, KEC. PERCUT SEI TUAN, KAB. DELI SERDANG, SUMATERA UTARA),” JURNAL AGRIUMA, VOL. 3, NO. 2, PP. 71–78, OCT. 2021, DOI: 10.31289/AGRI.V3I2.5999.

J. PENDIDIKAN AND D. KONSELING, “PERANCANGAN DESAIN SITE PLAN EKOWISATA MANGROVE LANTEBUNG SESUAI PRINSIP SUSTAINABLE TOURISM DEVELOPMENT DI KOTA MAKASSAR.”

RK BLAMEY, PRINCIPLES OF ECOTOURISM. THE ENCYCLOPEDIA OF ECOTOURISM, BOOKS.GOOGLE.COM, 2001.

Downloads

Published

2022-11-28

Issue

Section

Articles