Mengembangkan Bahasa Ekspresif Anak Down Syndrome dengan Pelatihan Dramatherapy

Authors

  • Sherlen Thalia a:1:{s:5:"en_US";s:4:"Miss";}
  • Birgitta Nerissa Arviana
  • Revania Andrea
  • Ria Wardani

DOI:

https://doi.org/10.24002/jai.v2i6.6477

Keywords:

down syndrome, dramatherapy, bahasa ekspresif

Abstract

Perilaku adaptif dibutuhkan individu dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Salah satu aspek perilaku adaptif, yaitu kemampuan berbahasa. Individu dengan Down Syndrome, utamanya terhambat dalam kemampuan berbahasa ekspresif. Kami menemukan bahwa SLB ABCD Caringin belum pernah memberikan program untuk meningkatkan kemampuan Bahasa ekspresif anak-anak. Jadi, kami tergerak untuk membuat program ini. Dalam program ini, kami mengajak anak-anak dengan down syndrome (usia 14-19 tahun) untuk melakukan dramatherapy. Metode kuantitatif, empat hari, di SLB ABCD Caringin Kota Bandung. Sebelum dan sesudah program dimulai, kami akan mengukur kemampuan berbahasa ekspresif anak-anak dengan alat ukur buatan kami. Lalu, hasilnya akan dibandingkan. Anak-anak akan melakukan dramatherapy dalam empat situasi: (1) situasi kelas antara guru dan siswa, (2) situasi antara teman di sekolah, (3) situasi sarapan di rumah, dan (4) situasi di masyarakat. Sebelum dramatherapy, anak-anak akan diperlihatkan video-video pendek dan gambar-gambar yang terkait dengan situasi. Hasilnya, kemampuan bahasa ekspresif anak-anak meningkat secara signifikan (Asymp. Sig. (1-tailed) = 0.034) dan selama proses kegiatan, kami menemukan bahwa anak-anak tertarik dengan dramatherapy. Kami juga menemukan bahwa penggunaan video dan gambar membantu.

References

K. K. RI, "Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018," 2018. [Online]. Available: https://kesmas.kemkes.go.id/assets/upload/dir_519d41d8cd98f00/files/Hasil-riskesdas-2018_1274.pdf. [Accessed 10 Juni 2022].

E. J. Mash and D. A. Wolfe, Abnormal Child Psychology, Seventh Edition, Boston: Cengage Learning, 2019.

A. Turnbull, Exceptional Lives : Special Education in Today’s Schools, Pearson, 2013.

M. A. Lloyd, An Exploration into Dramatic Play and Story Drama as a Tool for Supporting Children from a Socio-Disadvantaged Background with Speech, Language and Communication Needs, University of South Wales, 2014.

A. Mann, "Down Syndrome from a Communication Perspective," 4 April 2017. [Online]. Available: https://docs.google.com/document/d/1mSt8MtHEAxA6yNtc1aInT2nD5esDEq373QEsA4L9siI/edit#. [Accessed 11 Juni 2022].

M. Kamrujjaman, "Oral Motor Difficulties and Speech Intelligibility in Bangla Speaking Children with Down Syndrome," Journal of Health and Medical Science, vol. 1, no. 1, pp. 81-91, 2018.

S. R. Pordanjani, "Effectiveness of Drama Therapy on Social Skills of Autistic Children," Journal of Practice in Clinical Psychology, vol. 9, no. 1, pp. 9-18, 2021.

Irwanto, A-Z: Sindrom Down, Surabaya: Airlangga University Press, 2019.

M. Ismail, "Efektivitas Permainan Gambar Benda Dalam Meningkatkan Kecerdasan Bahasa Anak Down Syndrome," Jurnal Edukasi AUD, vol. 1, no. 1, pp. 31-65, 2015.

H. C. Mefford, M. L. Basthaw and E. P. Hoffman, "Genomics, Intellectual Disability, and Autism," New England Journal of Medicine, vol. 366, no. 23, pp. 733-743, 2012.

R. E. Owens, Language Development: An Introduction, Pearson, 2016.

J. S. Nevid, S. A. Rathus and B. Greene, Abnormal Psychology: In A Changing World (10th ed), New York: Pearson Education, 2018.

A. P. Rina, "Meningkatkan Life Skill pada Anak Down Syndrome dengan Teknik Modelling," Persona, Jurnal Psikologi Indonesia, vol. 5, no. 3, pp. 31-65, 2016.

M. C. D. Saputri, "Meningkatkan Kemampuan Bahasa Ekspresif Melalui Kegiatan Bermain Peran Makro pada Kelompok A," Jurnal PAUD Teratai, vol. 5, no. 3, pp. 91-94, 2016.

R. Wiesel, H. Orkibi and D. Federman, "The Use of Creative art Therapies for Diagnostic and Therapeutic Purposes," Journal of Urban Culture Research, vol. 6, pp. 17-25, 2013.

I. F. Zahro, "Optimalisasi Kecerdasan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Peran," Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 1, no. 1, pp. 12-24, 2018.

Downloads

Published

2022-11-28

Issue

Section

Articles