Meningkatkan Kreativitas Dengan Pelatihan Bahan Keras Dengan Teknik Anyaman Bagi Siswa SMPK Trimulia HITS

Authors

  • Irena Vanessa Gunawan
  • Erwin Ardianto Halim a:1:{s:5:"en_US";s:29:"Universitas Kristen Maranatha";}

DOI:

https://doi.org/10.24002/jai.v2i6.6506

Keywords:

Anyaman, Pelatihan, Kreatifitas

Abstract

Sesuai dengan kurikulum 2013 revisi 2016 salah satu Kompetensi Dasar siswa-siswi SMP di bidang kerajinan adalah memahami pengetahuan tentang jenis, sifat, karakter dan teknik pengolahan bahan olahan (kali ini menggunakan Busa Eva).SMPK Trimulia HITS mengajukan permohonan pelatihan untuk memperluas wawasan bagi guru maupun siswa tentang alternatif pengolahan bahan keras.  Dengan demikian tim FSRD mencari ide kriya dengan struktur sekaligus finishing yang tergabung dari dua material , tidak sekedar hanya menempelkan satu material di atas material lainnya. Materi yang diusulkan adalah busa eva, karena mudah untuk dipotong, dimanipulasi dengan cara ditekuk , dilengkungkan dan dapat dengan mudah dijahit. Adapun kriya yang diajarkan selalu berusaha memasukkan unsur-unsur kriya tradisional Indonesia , dalam hal ini adalah anyaman. Unsur menganyam akan dimasukkan untuk memperkuat pertemuan dua material antara busa eva dan benang yang dijalin atau dianyam membentuk tekstil. Pelatihan ini diharapkan dapat menumbuhkan kreativitas peserta didalam bidang seni dan mendukung perkembangan motorik peserta

 

References

M. Sudarma, "Mengembangkan Kerampilan Berpikir Kreatif," Jakarta, Rajawali Press, 2013, p. 19.

U. Munandar, "Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat," Rineka Cipta, p. 10, 2009.

T. Y. E. Siswono, Model Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif, Surabaya: Unesa University Press, 2018.

M. Sudarma, Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kreatif, Jakarta: Rajawali Press, 2016.

Althaf, M. A., Aditya, D. K., Kreatif, F. I., & Telkom, U. (2017). Mural Sebagai Media Edukasi Mengenai Kebudayaan Kecamatan Terbengkalai. E-Proceesing of Art & Design, 4(3), 438–446.

S. M. Asidigianti Surya Patria, "Kerajinan Anyam sebagai Pelestarian Kearifan Lokal," 2015.

A. S. E. A. Siti Mutmainah, "Pengembangan Buku Ajar Kriya Anyamuntuk Mahasiswa S1 Pendidikan Seni Rupa," Dimensi, vol. 12, 2015.

Ratnaningsih, R., Indrawati, D., Rinanti, A.,& Wijayanti, A. (2020). Training for fasilitator ( tff ) desa bersih dan pengelolaan sampah 3r ( bank sampah ) di desa cibodas , training for fasilitators ( tff ) of clean water and 3r waste management ( bank of waste ) in cibodas village , pasir jambu, bandung regency abstract. Abdimas dan kearifan lokal, 1(1), 58–68.

H. d. N. Muhammad, Belajar Dengan Pendekatan PAILKEM, Jakarta: Bumi Aksara, 2014.

R. C. A. Puspita., Analisis Keterampilan Motorik Halus melalui kegiatan finger Painting pada anak TK kelompok B Segugus Paud 06 Imogiri Kecamatan Imogiri kabupaten Bantul, Bantul, 2013.

Downloads

Published

2022-11-28

Issue

Section

Articles