Implementasi Potensi Kewirausahaan pada Masyarakat Dusun Sendang II, Kabupaten Gunungkidul.

Authors

  • Elizabeth Fiesta Clara Shinta Budiyono

DOI:

https://doi.org/10.24002/jai.v3i3.6951

Keywords:

Sendang 2, Potensi Dusun, Pengembangan Potensi Program Kerja

Abstract

Abstrak— Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Atma Jaya Yogyakarta angkatan 82 kelompok 16 bertempat di Dusun Sendang 2, Sawahan, Gunung Kidul, DIY. Sesuai namanya, dusun ini mempunyai area persawahan yang sangat luas dan subur, sehingga potensi pertanian yang dimiliki sangat baik. Hasil pertanian yang dimiliki adalah padi dan jagung. Selain sumber daya alam, Dusun Sendang 2 juga memiliki Sumber Daya Manusia yang sangat banyak seperti perkumpulan Ibu-ibu yang membuat obat tradisional melalui rempah, dan Bapak-bapak yang aktif bertani dengan produk unggulannya yaitu jagung hibrida. Kelompok melakukan beberapa program kerja untuk memaksimalkan potensi SDM yang dimiliki Dusun Sendang 2. Program yang dilakukan antara lain Edukasi dan Pembuatan Batik Jumputan, Pengembangan Jagung Hibrida Sendang 2, dan Pengembangan Produk Sumber Waras. Program kerja ini dilakukan berdasarkan hasil observasi yang ditemukan kelompok, dan dianalisis untuk semakin menyokong potensi dusun.

Kata Kunci— Sendang 2, Potensi Dusun, Pengembangan Potensi Program Kerja

References

P. Suryani, Y. Cahyono, and B. D. Utami, “PENGARUH MOTIVASI DAN GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA PADA KARYAWAN BAGIAN PRODUKSI DI PT TUNTEX GARMENT INDONESIA,” 2020.

N. Nurmauliddiana Abdullah and K. Nasionalita, “PENGARUH SOSIALISASI TERHADAP PENGETAHUAN PELAJAR MENGENAI HOAX (Studi Pada Program Diseminasi Informasi Melalui Media Jukrak Di SMKN 1 Pangandaran) Oleh,” vol. 6, no. 1, pp. 106–119, 2018.

“Website Sawahan.” https://desasawahan.gunungkidulkab.go.id/first/wilayah (accessed Feb. 04, 2023).

“Petani Desa Sawahan Sudah Mulai Panen Jagung - Website Sawahan.” https://desasawahan.gunungkidulkab.go.id/first/artikel/1367-Petani-Desa-Sawahan-Sudah-Mulai-Panen-Jagung (accessed Feb. 04, 2023).

“Budidaya Jagung Hibrida dengan Sistim TOT (Tanpa Olah Tanah),” Mar. 22, 2021.

A. Rahma Oktaviani et al., “PENGETAHUAN DAN PEMILIHAN OBAT TRADISIONAL OLEH IBU-IBU DI SURABAYA,” 2021.

C. Kusuma Putra, R. Nur Pratiwi, and Suwondo, “PENGELOLAAN ALOKASI DANA DESA DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA (Studi pada Desa Wonorejo Kecamatan Singosari Kabupaten Malang),” Jurnal Administrasi Publik (JAP), vol. 1, no. 6, pp. 1203–1212.

M. D. Febriawan, R. Vidianti, M. S. Rizal, and M. A. Miradji, “PELATIHAN PEMBUATAN BATIK JUMPUT”.

N. Muljani, A. Suhartatik, T. Lindawati, and P. Julius F Nagel, “PENTINGNYA MEREK DAN KEMASAN UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING PRODUK DARI USAHA MIKRO DAN KECIL,” JURNAL ABDIMAS PeKA, vol. 3, no. 2, 2020, doi: 10.33508/.v3i2.2997.

H. Hermawan, “ANALISIS PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN, KEPUASAN, DAN LOYALITAS KONSUMEN DALAM PEMBELIAN ROTI CERIADI JEMBER,” Bisma Jurnal Bisnis dan Manajemen, vol. 9, no. 1, pp. 84–93, 2015.

Downloads

Published

2023-06-15

Issue

Section

Articles