Pelatihan Metode Ajar Efektif dan Pembuatan Modul Ajar pada Tenaga Volunter di Rumah Anak Pintar Indonesia (RAPI)

Authors

  • F. Edwin Wiranata Wiranata Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Indah Sepwina Putri Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Mikha Meilinda Christina Universitas Atma Jaya Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.24002/jai.v3i2.6971

Keywords:

metode ajar, modul ajar, tenaga pengajar, volunteer

Abstract

Sejak pandemi COVID-19 masuk ke Indonesia, banyak dampak yang terjadi terutama pada kegiatan pembelajaran. Metode Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) mulai diadaptasi. Namun, metode ini tidak sepenuhnya berjalan maksimal bagi anak-anak yang memiliki keterbatasan dalam mengakses materi secara online sehingga anak-anak membutuhkan pihak ke-tiga untuk dapat memenuhi kebutuhan pendidikannya. RAPI merupakan lembaga yang menyediakan pelayanan pendidikan gratis bagi anak-anak yang membutuhkan. Kehadiran RAPI di tengah masyarakat dapat membantu tugas orang tua yang harus mendampingi pembelajaran anak selama di rumah. Para pengajar ataupun tutor yang bergabung ke dalam RAPI bersifat sukarela, sehingga memiliki latar belakang pendidikan yang berbeda. Latar belakang pendidikan serta pengalaman mengajar yang bervariasi menyebabkan RAPI memerlukan penyegaran kembali tentang teknik mengajar. Modul pembelajaran juga menjadi kebutuhan para tenaga pengajar RAPI sebagai pedoman dalam mengajar tetapi hal ini juga belum dimiliki. Oleh karena itu, pengabdian ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi teknik pengajaran serta pembuatan modul kepada tenaga pengajar di RAPI demi mendukung pembangunan bangsa dalam bidang akademik. Hasil pengabdian menunjukkan para tenaga pengajar yang mendapatkan materi dan mengikuti brainstorming dengan tim, mulai menemukan insight tentang langkah-langkah yang perlu dipersiapkan untuk membenahi sistem yang ada saat ini. Tenaga pengajar mendapatkan gambaran tentang mengsiasati permasalahan mengajar di lapangan yakni pos-pos pengajaran yang ada. Selain itu, tenaga pengajar menjadi paham cara memulai untuk membuat modul ajar sebagai pendamping bagi tutor dan siswa.

References

R. Pawicara and M. Conilie, “Analisis Pembelajaran Daring terhadap Kejenuhan Belajar Mahasiswa Tadris Biologi IAIN Jember di Tengah Pandemi Covid-19,” ALVEOLI J. Pendidik. Biol., vol. 1, no. 1, pp. 29–38, 2020, https://doi.org/10.35719/alveoli.v1i1.7.

E. Utami, “Kendala dan Peran Orangtua dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19,” Pros. Semin. Nas. Pascasarj., pp. 471–479, 2020, [Online]. Available: https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/637/555.

Morel, G.M. Student-centered learning: context needed. Education Tech Research Dev 69, 91–92 (2021). https://doi.org/10.1007/s11423-021-09951-0

Hamzah B. Uno dan Nurdin Mohamad, Belajar dengan Pendekatan Pembelajaran Aktif Inovatif Lingkungan Kreatif Efektif, Menarik, Bumi Aksara, Jakarta, 2011, hlm. 7.

Romanelli F, Bird E, Ryan M. Learning styles: a review of theory, application, and best practices. Am J Pharm Educ. 2009 Feb 19;73(1):9. doi: 10.5688/aj730109. PMID: 19513146; PMCID: PMC2690881.

Lalley, J.P., & Miller, R.H. (2007). The Learning Pyramid: Does It Point Teachers in the Right Direction? Education 3-13, 128, 64-79.

Letrud, Kåre. (2012). A rebuttal of NTL Institute's learning pyramid. Education. 133. 117-124.

Hasibuan, P. (2021). EFEKTIFITAS PENERAPAN METODE TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS TOPIK ANNOUNCEMENT PADA SISWA KELAS X IPS.1 SMA NEGERI 5 MEDAN DI SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Serunai : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(1), 89–94. https://doi.org/10.37755/sjip.v7i1.425

Yafie, E., Olufunke, O.-F. T., Ali, M., Robbaniyah, I., Maulidia, L. N., & Setyaningsih, D. (2021). The Combination of Imaginative Teaching Methods and Multimedia Learning in Early Childhood Education during COVID Pandemic: Social-Emotional and Language Development . Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 7(1), 1-14. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2021.71-01

Hanipudin, S. (2021). Implementasi Metode Bernyanyi dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di RA Baitussalam Wringinharjo Cilacap. JEA (Jurnal Edukasi AUD), 6(2), 117. https://doi.org/10.18592/jea.v6i2.4109

Kartika, S., & Khaeri, M. S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Inggris Melalui Metode Bernyanyi Pada Siswa Kelas Ia Mi Nurul Anwar Kota Bekasi. El Banar : Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 3(1), 93–102. https://doi.org/10.54125/elbanar.v3i1.58

Yusmanto, Y. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Metode Bernyanyi di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan : Riset Dan Konseptual, 2(3), 313. https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v2i3.68

Syawaludin, A., & Marmoah, S. (2018). REWARD AND PUNISHMENT IN THE PERSPECTIVE OF BEHAVIORISM LEARNING THEORY AND ITS IMPLEMENTATION IN ELEMENTARY SCHOOL. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 1(1). https://doi.org/10.20961/shes.v1i1.23614

Nafisah, U. L., & Kirana, D. P. (2021). Penerapan Reward untuk Meningkatkan Disiplin Anak dalam Belajar. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 14–26. https://doi.org/10.19105/kiddo.v2i1.3612

Sari, F. S. (2020). PENDIDIKAN KARAKTER DAN REWARD DALAM MENGUATKAN MOTIVASI BELAJAR ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. Joyful Learning Journal, 9(2), 84–89. https://doi.org/10.15294/jlj.v9i2.39716

Downloads

Published

2023-03-28

Issue

Section

Articles