Pelatihan Manajemen Konten Digital di SMK Negeri 1 Karimunjawa

Authors

  • Taruna Budiono Universitas Dian Nuswantoro

DOI:

https://doi.org/10.24002/jai.v3i4.7489

Abstract

Konten digital yang berisikan tentang pariwisata di Kepulauan Karimunjawa sudah banyak ditemukan di berbagai platform media digital, khususnya media sosial, namun dari banyak konten tersebut belum banyak yang diproduksi oleh komunitas lokal yang berada di Karimunjawa itu sendiri. SMK Negeri 1 Karimunjawa memiliki empat program keahlian yang berkaitan dengan pariwisata. Kegiatan pelatihan manajemen konten digital di SMK Negeri 1 Karimunjawa ini bertujuan untuk memberi pemahaman kepada peserta pelatihan tentang pentingnya perencanaan konten digital, serta memberi pelatihan teknis manajemen konten digital menggunakan aplikasi YouTube Studio untuk optimalisasi konten-konten digital yang sudah dan akan diproduksi. Kegiatan pelatihan ini dimulai dengan menghubungi SMK Negeri 1 Karimunjawa sebagai mitra pelatihan, dan mendiskusikan permasalahan dan solusi yang bisa ditawarkan kepada mitra. Selanjutnya kegiatan pelatihan dilaksanakan di SMK Negeri 1 Karimunjawa setelah disepakati waktu pelaksanaan pelatihan. Kegiatan ini dilaksanakan dengan melibatkan perwakilan siswa-siswi di SMK Negari 1 Karimunjawa yang telah dipilih oleh pihak sekolah. Hasil yang didapat dari pelatihan ini adalah para siswa-siswi yang mengikuti pelatihan memiliki pengetahuan dan kemampuan untuk merencanakan dang mengelola konten digital di media sosial,hasil dari pelatihan ini adalah siswa-siswi SMK Negeri 1 karimunjawa memiliki kemampuan teknis untuk mengelola konten digital yang berkaitan dengan Karimunjawa.

References

H. Allagui, I & Breslow, “Social Media for Public Relations: Lessons from Four Effective Cases.,” Public Relat. Rev., vol. 42, no. 1, pp. 20–30, 2016, [Online]. Available: https://doi.org/10.1016/j.pubrev.2015.12.001

A. AS, “Astra Kembangkan Desa Wisata Tanon,” 2020.

C. Bourne, “The Public Relations Profession as Discursive Boundary Work,” Public Relat. Rev., 2019, [Online]. Available: https://doi.org/10.1016/j.pubrev.2019.05.010

A. Harmoni, “Media Richness Theory dan Potensi Website sebagai Media Komunikasi CSR oleh Perusahaan,” Gunadarma Univ. Repos., vol. 100, 2014.

J. D. Indrayani, H., Nurlita, R., & Fitriani, “Manajemen Strategis Public Relations: Teori dan Praktik Corporate dan Government Public Relations,” in Manajemen Strategis Public Relations: Teori dan Praktik Corporate dan Government Public Relations, PR Indonesia, 2020.

C. Y. Indrayani, H., & Satriya, “Inovasi Tanggung Jawab Sosial 3.0 Kampung Berseri Astra di Desa Menari,” Semarang, 2020.

Isnawati, “Pemberdayaan Ekonomi dalam Harmoni Alam dan Tradisi di Desa Menari.,” suaramerdeka.com, 2020. [Online]. Available: https://www.suaramerdeka.com/news/baca/156137/pemberdayaan-ekonomi-dalam-harmoni-alam-dan-tradisi-di-desa-menari

M. L. Kent, “The Power of Storytelling in Public Relations: Introducing the 20 Master Plots,” Public Relat. Rev., vol. 41, no. 2, pp. 480–489, 2015, [Online]. Available: https://doi.org/10.1016/j.pubrev.2015.05.011

S. Kotler, P., Kartajaya, H., & Iwan, Marketing 4.0: Bergerak dari Tradisional ke Digital. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2016.

H. Purnamasari, D., Hidayat, M. N., & Indrayani, “trategi Nation Brand sebagai Promosi Pariwisata Indonesia.,” urnal Komun. Dan Pendidik. Widya Komunika, vol. 7, no. 2, pp. 32–49, 2017, [Online]. Available: http://jos.unsoed.ac.id/index.php/wk/article/view/1626

L. Tench, R., & Yeomans, Exploring Public Relations: Global Strategic Communication. Pearson Education Limited, 2017.

U. Wahyudin, “trategi Komunikasi Lingkungan Dalam Membangun Kepedulian Masyarakat Terhadap Lingkungan,” J. Common, vol. 1, no. 2, pp. 130–134, 2017.

U. Yananda, M. R., & Salamah, Branding Tempat: Membangun Kota, Kabupaten, dan Provinsi Berbasis Identitas. Jakarta: Makna Informasi.

F. Yusuf, “Optimalisasi Program Branding Dan Aktivasi Merek Di Era Digital,” J. Komun., vol. 7, no. 1, pp. 7–13, 2016, [Online]. Available: http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jkom/article/view/2169/1531

Downloads

Published

2023-08-01

Issue

Section

Articles