Inovasi Kewirausahaan Tempe Jagung di Desa Bedoyo Kapanewon Ponjong Kabupaten Gunungkidul

Authors

  • Victoria Sundari Handoko Universitas Atma Jaya Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.24002/jai.v3i6.7641

Abstract

Desa Bedoyo Wetan yang terletak di Kecamatan Ponjong Kabupaten Gunung Kidul memiliki produksi bahan pangan yang berlimpah, terutama jagung. Warga Bedoyo Wetan yang menghasilkan jagung hanya menjual jagung dalam bentuk mentah. KKN UAJY kelompok 62 melakukan inovasi dengan mengolah jagung menjadi tempe agar dapat dipasarkan selain bentuk mentah. Pengolahan jagung menjadi bentuk tempe dapat menjadi alternatif disaat harga kedelai naik. Selain itu tempe jagung juga mengandung karbohidrat yang tinggi. Pengolahan tempe jagung melibatkan warga-warga Bedoyo Wetan yang memiliki lahan tanaman jagung sehingga diharapkan selain memanen dan menjual jagung mentah dapat menambah kewirausahaan baru dengan penjualan tempe jagung.

References

Jogjapolitan, “Panen Jagung, Petani Gunungkidul Berharap

Harga Tidak Anjlok,” 2023. https://jogjapolitan.harianjogja.com/read/2023/01/18/513/112357 8/panen-jagung-petani-gunungkidul-berharap-harga-tidak- anjlok#:~:text=Sebagai gambaran di 2022%2C produksi,228.861%2C7 ton dalam setahun.

R. A. Arif Murtaqi Akhmad Mutsyahidan, Salma S.Husain, “KARAKTER KIMIAWI TEMPE JAGUNG PULUT DENGAN WAKTU FERMENTASI BERBEDA,” J. Agritech Sci., vol. 5,

no. 1, pp. 15–18, 2021.

Badan Standarisasi Nasional, Tempe: Persembahan Indonesia

untuk Dunia. Jakarta, 2012.

O. A. Lestari and E. Mayasari, “Potensi Gizi Tempe Berbahan Dasar Jagung,” J. Ilm. Teknosains, vol. 2, no. 2/Nov, 2016, doi:

26877/jitek.v2i2/nov.1202.

A. N, Teknologi Fermentasi pada Tepung Jagung. Yogyakarta,

Suryana, Kewirausahaan: Pendekatan Karakteristik Wirausahawan Sukses. Jakarta: Kencana Perdana Media Group,

Wiyono, Harsoyo Dwijo. 2020. Kreativitas dan Inovasi Dalam Berwirausaha. Jurnal Usaha. Vol 1, No. 2 (2020), Desember 2020 E-ISSN: 2746-2471. 10.30998/juuk.v1i2.503

] Sukirman. 2017. Jiwa Kewirausahaan dan Nilai Kewirausahaan Meningkatkan Kemandirian Usaha Melalui Perilaku Kewirausahaan. Volume 20 No. 1, April 2017 ISSN 1979 – 6471.

Indrawan, Irjus dan Hadion Wijoyo. 2020. Kewirausahaan Berbasis Teknologi (Teknopreneurship). CV Pena Persada. ISBN: 978-623-6504-36-9

F. Hartline, Marketing Strategy, 6th ed. Mason: South-Western

Cengage Learning, 2014.

Sanjaya. F. Vicky. 2020. Pengaruh Inovasi Produk, Keunggulan Bersaing, dan Strategi Pemasaran Terhadap Kinerja Pemasaran. Jurnal Mutiara Manajemen. Volume 5 Nomor 2 2020. Hal 1-9. http://u.lipi.go.id/1487664422

L. A. B. dan O. . Ferrel, 2000. “The Effect of Market Orientation on Product Innovation,” J. Acad. Mark. Sienc, vol. 28, no. 2, p. 84, 2000.

D. Aaker. 2015Aaker on Branding 20 Prinsip Esensial Mengelola dan Mengembangkan Brand. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama,

A. A. Destrina, G. C. Lukyanto, M. Clara, and D. Siti. “Pentingnya Peran Logo Dalam Membangun Branding Pada UMKM Rajutan BKL Bismo,” pp. 1473–1478, 2022.

Nastain, M. (2017). Branding Dan Eksistensi Produk (Kajian Teoritik Konsep Branding Dan Tantangan Eksistensi Produk). CHANNEL: Jurnal Komunikasi, 5(1), 14–26. https://doi.org/10.12928/channel.v5i1.6351

Downloads

Published

2023-11-29

Issue

Section

Cover