Strategi Pemasaran Digital, Branding dan Survei Pasar Produk Olahan Mawar Sapuangin

Authors

  • Nadia Nila Sari, SE., MBA. Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Budi Suprapto
  • Api Adyantari
  • Vonezyo Yupanzara Dharomesz

DOI:

https://doi.org/10.24002/jai.v3i5.7750

Abstract

Sapuangin an area located in the Klaten Regency, Central Java Region, has the natural resource of roses plant which are intercropped in the residents' yards. Most of the people sold it as sowing flowers, but the obstacle encountered is the decline in prices due to the seasonal nature of sowing flower sales, therefore knowledge about processing roses to other form of products is needed. To answer the obstacles, the UAJY service team consists of three faculties, created a program to train the residents to process roses into the form of bath soap, bath salts, hand sanitizer, aromatherapy candles, rose resin and rose water. Besides providing training on making rose, it is important to is trying to convey information from upstream to downstream where the marketing process needs to be socialized meanwhile conducting competitor analysis and consumer interest surveys. To deliver the marketing materials used lectured and group discussion forums by dividing the material into basic marketing, branding and digital marketing. Based on the material presented, it was found that residents needed more direction in carrying out the marketing process. Residents are quite familiar with the use of social media, but training is needed in making logo designs to create content on social media. From the results of a survey of competitors it was found that the more the main raw materials were added to the product, the selling price would increase. Found primarily in soap, salt, hand sanitizer and aromatherapy candles, consumers want a fragrance in the product.

Keywords—Sapuangin, Mawar, Marketing Strategy, Branding, Digital Marketing, Competitor analysis, Consumer interest survey

Abstrak—Wilayah Sapuangin terletak di wilayah klaten memiliki potensi dalam menghasilkan bunga mawar yang ditanam secara tumpang sari di halaman warga. Bunga mawar yang tumbuh subur memiliki dapat dijual sebagai bunga tabur, namun kendala yang ditemui adalah turunnya harga dikarenakan penjualan bunga tabur bersifat seasonal, sehingga diperlukan adanya pengetahuan mengenai pengolahan bunga mawar. Untuk menjawab kendala yang terjadi pada masyaratak tim pengabdian UAJY yang tergabung dari tiga fakultas membuat program untuk melatih masyarakat mengolah bunga mawar ke dalam bentuk sabun mandi, garam mandi, handsanitaizer, lilin aromaterapi, resin mawar dan air mawar. Selain pelatihan pembuatan produk olahan, tim pengabdian berusaha untuk menyampaikan materi secara hulu ke hilir dimana proses pemasaran perlu disosialisasikan hingga melakukan analisis pesaing dan survei minat konsumen. Penyampaikan materi pemasaran dilakukan dengan metode ceramah dan forum group discussion dengan membagi materi menjadi pemasaran dasar, branding dan pemasaran digital.  Berdasarkan materi yang telah disampaikam ditemukan bahwa warga membutuhkan lebih banyak arahan dalam melakukan proses pemasaran. Warga cukup familiar dengan penggunaan sosial media, namun diperlukan pelatihan dalam pembuatan desain logo untuk menciptakan konten pada sosial media. Dari hasil survei pesaing ditemukan bahwa semakin terdapat tambahan bahan baku utama pada produk maka akan meningkatkan harga jual. Ditemukan terutama pada produk sabun, garam, handsanitizer dan lilin aromaterapi konsumen menginginkan aroma wangi pada produk.

Kata Kunci—Sapuangin, Mawar, Strategi Pemasaran, Branding, Pemasaran Digital, Analisis pesaing, Survei minat konsumen

References

Humas Kementerian Koperasi dan UKM, “KemenKopUKM Bangun Ekosistem Wirausaha untuk Ciptakan Struktur Ekonomi Lebih Tangguh,” https://koperasi.kulonprogokab.go.id/detil/1189/kemenkopukm-bangun-ekosistem-wirausaha-untuk-ciptakan-struktur-ekonomi-lebih-tangguh, Dec. 2022.

Elaine Chen, “What is innovation-driven entrepreneurship (IDE)?,” MIT Orbit Knowledgebase, 2020.

Murianews, “Kawasan Sapuangin di Lereng Merapi Klaten, Cocok untuk Liburan Akhir Pekan,” Murianews, Mar. 05, 2022.

S. Sastrihadiwiryono and A. H. Syuhada, Manajemen Tenaga Kerja Indonesia - Pendekatan Administrasi dan Operasional, 1st ed. Jakarta: Bumi Aksara, 2019.

H. Hidayati, “BELAJAR DAN PEMBELAJARAN DALAM METODE CERAMAH.”

T. O.Nyumba, K. Wilson, C. J. Derrick, and N. Mukherjee, “The use of focus group discussion methodology: Insights from two decades of application in conservation,” Methods Ecol Evol, vol. 9, no. 1, pp. 20–32, Jan. 2018, doi: 10.1111/2041-210X.12860.

P. Daas and J. Arends-Tóth, “Secondary data collection 1 12 Explanation of symbols,” 2012. [Online]. Available: www.cbs.nl/information

R. B. Uma Sekaran, Research Methods For Business: A Skill Building Approach, Enhanced eText, 8th ed. Wiley Global Education US., 2019.

U. Sekaran and R. Bougie, Research Methods For Business: A Skill Building Approach, 8th ed. US: Wiley Global Education , 2019.

R. Witte and J. Witte, Statistics, 11th Edition. 2017.

G. Armstrong and A. Gary, Principles of Marketing, 18th ed. Pearson International Content , 2021.

Kementerian Perindustrian, “Label dan Iklan Pangan Olahan,” Kementerian Perindustrian, 2021.

T. Handayani et al., “Upaya Pengembangan UMKM Melalui Pengelolaan Manajemen pada UMKM Konveksi Mutiara The Strategy Development of SMEs Through the Management of Mutiara convection,” JAMU: Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, vol. 1, no. 02, pp. 44–51, 2021.

V. Rifianita, R. M. Falah, S. Pangestu, and A. Metasari, “Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LP UMJ Website: http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat PELATIHAN BRANDING PRODUK UMKM DAN DIGITAL BRANDING KERUPUK KULIT ‘RAMBAKKU’”, [Online]. Available: http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat

O. Upaya Pendampingan UMKM untuk Meningkatkan Branding, U. Silvia Rahmah, E. Iryanti, and J. Timur, “Optimization of MSME Assistance Efforts to Improve Iborajut MSME Branding,” Jurnal Hasil Kegiatan Pengabdian Masyarakat Indonesia, vol. 1, no. 2, 2023, doi: 10.59024/faedah.v1i2.129.

M. Spence and E. Hamzaoui, “SME brand building and management: an exploratory study,” Eur J Mark, pp. 1037–1054, 2010.

S. D. Setiawati, M. Retnasari, and D. Fitriawati, “Strategi membangun branding bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah,” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 2, no. Februari, pp. 125–136, 2019, [Online]. Available: http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas

D. Irawan and M. W. Affan, “PENDAMPINGAN BRANDING DAN PACKAGING UMKM IKATAN PENGUSAHA AISYIYAH DI KOTA MALANG,” Jurnal Pengabdian dan Peningkatan Mutu Masyarakat (Janayu), vol. 1, no. 1, Feb. 2020, doi: 10.22219/janayu.v1i1.11188.

A. Al Asheq, “Entrepreneurship View project Host Link For The Interest Of Great Workssss View project.” [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/331114115

Perpres, “Peraturan Presiden (PERPRES) Nomor 98 Tahun 2014 tentang Perizinan untuk Usaha Mikro dan Kecil,” Peraturan Presiden, Sep. 15, 2014.

R. N. Karomah, E. Hidayat, A. I. Baihaqi, U. Pembangunan, N. Veteran, and J. Timur, “KARYA UNGGUL : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Optimalisasi Pemasaran Produk Makananan Melalui Strategi Branding Kasus UMKM Jaddah Bakar Di Blitar,” vol. 2.

M. K. Pasaribu, A. N. Larasati, D. F. Siahaan, and B. Manik, “Upaya Peningkatan Penjualan pada UMKM Tahu Sumedang Putri Deli Medan melalui Kemasan Ramah Lingkungan dan Strategi Digital Marketing,” Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 3, no. 1, pp. 57–67, Apr. 2023, doi: 10.53299/bajpm.v3i1.275.

D. Amelia, D. Eko, A. B. Oemar, and M. Pd, “PERANCANGAN DESAIN KEMASAN PEPPY’S SNACK SURABAYA.” [Online]. Available: https://id.wikipedia.org/wiki/Desain,

A. Mettasatya Afrilia, “DIGITAL MARKETING SEBAGAI STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN ‘WAROENK ORA UMUM’ DALAM MENINGKATKAN JUMLAH KONSUMEN,” 2018, [Online]. Available: www.wikipedia.com

R. Jannatin, M. W. Wardhana2, R. Haryanto, A. Pebriyanto, and P. N. Banjarmasin, “PENERAPAN DIGITAL MARKETING SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN UMKM.”

D. Chaffey and F. Ellis-Chadwick, Digital Marketing, 8th ed. Pearson International Content, 2022.

Downloads

Published

2023-09-29

Issue

Section

Articles