Pendampingan BPC HIPMI Bantul dalam Pengembangan Artefak Kartu untuk Mendukung Proses Pemetaan Model Bisnis dengan Business Model Canvas

Authors

  • Budi Suprapto Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Raden Agoeng Bhimasta Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Ivana Elysia Sinarso Universitas Atma Jaya Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.24002/jai.v4i4.9037

Abstract

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini bertujuan untuk memberikan pendampingan kepada Badan Pengurus Cabang Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Bantul (BPC HIPMI Bantul) dalam mengembangkan artefak kartu yang dapat dimanfaatkan dalam proses pemetaan model bisnis melalui business model canvas (BMC). Salah satu permasalahan yang dihadapi BPC HIPMI Bantul adalah kurangnya literasi bisnis yang membuat proses pemetaan dengan BMC maupun upaya untuk berinovasi menjadi kurang maksimal. Dengan menggunakan metode design science research methodology, artefak kartu dikembangkan, didemonstrasikan dan dievaluasi manfaatnya melalui dua workshop BMC. Berdasarkan hasil evaluasi yang didapatkan workshop, artefak kartu yang dikembangkan melalui PkM ini memiliki peran positif dalam membantu proses pemetaan model bisnis BMC menjadi lebih terarah, mudah, dan menarik. Artefak kartu juga diyakini dapat meningkatkan kreatifitas, kemampuan berpikir kritis, dan pada saat yang sama, juga mampu meningkatkan literasi bisnis peserta. Pengembangan artefak kartu menjadi kontribusi utama yang menjadikan kegiatan PkM ini berbeda dibandingkan dengan program-program PkM sebelumnya di bidang pemetaan model bisnis yang hanya berfokus pada pelatihan ataupun implementasi BMC.

References

Kementrian Keuangan Republik Indonesia, “Ini Upaya Pemerintah Jaga Peran UMKM sebagai Tulang Punggung Perekonomian.” Accessed: Aug. 02, 2023. [Online]. Available: https://www.kemenkeu.go.id/informasi-publik/publikasi/berita-utama/Ini-Upaya-Pemerintah-Jaga-Peran-UMKM

D. A. D. Nasution, H. Dwilita, and V. Arnita, “Pengembangan Kewirausahaan Di SMA Negeri 1 Sunggal Kabupaten Deli Serdang Melalui Kegiatan Pelatihan Akuntansi,” JIPEMAS: Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat, vol. 2, no. 2, p. 110, Sep. 2019, doi: 10.33474/jipemas.v2i2.2714.

L. D. Anggraini, Faradillah, and R. Winne, “Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Berbasis SAK EMKM Pada Pelaku Usaha Clothing Line,” Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 6, no. 2, pp. 540–546, Apr. 2022, doi: 10.31849/dinamisia.v6i2.9745.

D. Tarmidi, G. P. Solihati, A. Suryati, and P. N. Sari, “Sosialisasi & Pelatihan Penghitungan & Penyetoran Pajak Bagi UMKM,” Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 5, no. 3, Jun. 2021, doi: 10.31849/dinamisia.v5i3.4109.

O. Arifudin, F. D. Rusmana, R. Tanjung, and U. Wahrudin, “Inovasi Kemasan Dan Perluasan Pemasaran Dodol Nanas Di Subang Jawa Barat,” Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 4, no. 3, pp. 408–417, Aug. 2020, doi: 10.31849/dinamisia.v4i3.4469.

Nursalim, A. S. Sampeallo, A. Wahid, and N. J. Meok, “UPAYA PENINGKATAN PRODUKSI MEBEL PADA UMKM KOTA KUPANG BERBASIS TEKNOLOGI TEPAT GUNA,” DINAMISIA - Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 3, no. 2, pp. 258–265, 2019.

D. Fitriati, “Membangun Masyarakat Mandiri dimasa Pandemi COVID-19 Melalui Pelatihan Akutansi Biaya Produk dan Teknik Pemasaran Digital,” Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 5, no. 4, Aug. 2021, doi: 10.31849/dinamisia.v5i4.5544.

I. M. S. P. Winarta, N. K. R. Dewi, K. B. A. Putra, and L. P. Mahyuni, “Pendampingan Pengembangan Usaha UMKM Bakso Pada Masa Pandemi,” Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 6, no. 4, Aug. 2022, doi: 10.31849/dinamisia.v6i4.9375.

A. Osterwalder, “THE BUSINESS MODEL ONTOLOGY: A PROPOSITION IN A DESIGN SCIENCE APPROACH,” Unpublished PhD Thesis, University of Lausanne, Lausanne, CH, 2004.

A. N. Mandamdari and T. Widjojoko, “ANALISIS BUSINESS MODEL CANVAS (BMC) PADA UMKM ALMEIDAH DESA SIWARAK, KECAMATAN KARANGREJA, KABUPATEN PURBALINGGA,” Jurnal Pajak & Bisnis, vol. 3, no. 2, pp. 121–129, 2022.

C. Aliwinoto, M. Hediyani, and M. Malinda, “ANALISIS BUSINESS MODEL CANVAS USAHA MIKRO KECIL MENENGAH TOKO JIF BANDUNG, INDONESIA,” in Seminar Nasional Pariwisata dan Kewirausahaan (SNPK), 2022, pp. 173–182.

A. Mubarak, Syamsir, and A. Frinaldi, “Penguatan Badan Usaha Milik Nagari Melalui Pelatihan Penyusunan Business Model Canvas,” Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 6, no. 5, pp. 1282–1290, Oct. 2022, doi: 10.31849/dinamisia.v6i5.11491.

F. Ida, Aryanto, Sunandar, Hetika, and Krisdiyawati, “IbM PELATIHAN BUSINESS PLAN PADA UMKM DI KOTA TEGAL,” Jurnal Abdimas PHB, vol. 2, no. 2, pp. 64–68, 2019.

H. Maulidah, R. S. Harjanti, W. Hesti, and K. Anita, “Pelatihan Penyusunan Business Model Canva Sebagai Upaya Meningkatkan Jiwa Kewirausahaan (Entrepreneurship) Siswa SMK Astrindo Kota Tegal,” Jurnal Abdimas PHB, vol. 5, no. 1, pp. 148–153, 2022.

D. P. B. Aji, T. Sukarnoto, and P. Astuti, “Implementation of Fish Feed Pellet Making Machine for Freshwater Fish Farming Groups in RW 04 Jatibening Baru Village, Bekasi City,” Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 7, no. 2, Apr. 2023, doi: 10.31849/dinamisia.v7i2.12341.

A. R. Hevner, S. T. March, J. Park, and S. Ram, “Design Science in Information Systems Research,” MIS Quarterly, vol. 28, no. 1, pp. 75–105, 2004, [Online]. Available: https://www.jstor.org/stable/25148625

K. Peffers, T. Tuunanen, M. A. Rothenberger, and S. Chatterjee, “A design science research methodology for information systems research,” Journal of Management Information Systems, vol. 24, no. 3, pp. 45–77, Dec. 2007, doi: 10.2753/MIS0742-1222240302.

J. G. Teixeira, L. Patrício, and T. Tuunanen, “Advancing service design research with design science research,” Journal of Service Management, vol. 30, no. 5, pp. 577–592, Nov. 2019, doi: 10.1108/JOSM-05-2019-0131.

F. Jacob, V. Pez, and P. Volle, “Principles, methods, contributions, and limitations of design science research in marketing: Illustrative application to customer journey management,” Recherche et Applications en Marketing, vol. 37, no. 2, pp. 2–29, 2022, doi: 10.1177/20515707211032537.

D. Jung, V. Dorner, C. Weinhardt, and H. Pusmaz, “Designing a robo-advisor for risk-averse, low-budget consumers,” Electronic Markets, vol. 28, no. 3, pp. 367–380, Aug. 2018, doi: 10.1007/s12525-017-0279-9.

S. Mora, F. Gianni, and M. Divitini, “Tiles: A card-based ideation toolkit for the Internet of Things,” in Proceedings of the 2017 Conference on Designing Interactive Systems (DIS ’17), New York, NY, USA: Association for Computing Machinery, Inc, Jun. 2017, pp. 587–598. doi: 10.1145/3064663.3064699.

K. Vaajakallio and T. Mattelmäki, “Design games in codesign: As a tool, a mindset and a structure,” CoDesign, vol. 10, no. 1, pp. 63–77, Jan. 2014, doi: 10.1080/15710882.2014.881886.

Y. Deng, A. N. Antle, and C. Neustaedter, “Tango cards: A card-based design tool for informing the design of tangible learning games,” in Proceedings of the 2014 conference on Designing Interactive Systems (DIS’14), New York, NY, USA: Association for Computing Machinery, 2014, pp. 695–704. doi: 10.1145/2598510.2598601.

E. Hornecker, “Creative Idea Exploration within Structure of a Guiding Framework: The Card Brainstorming Game,” in Proceedings of the fourth international conference on Tangible, embedded, and embodied interaction (TEI’10), New York, NY, USA: Association for Computing Machinery, 2010, pp. 101–108.

F. F. Mueller, M. R. Gibbs, F. Vetere, and D. Edge, “Supporting the creative game design process with exertion cards,” in Conference on Human Factors in Computing Systems - Proceedings, Association for Computing Machinery, 2014, pp. 2211–2220. doi: 10.1145/2556288.2557272.

A. Lucero and J. Arrasvuori, “PLEX Cards: A Source of Inspiration When Designing for Playfulness,” in Proceedings of the 3rd International Conference on Fun and Games (Fun and Games ’10), New York, NY, USA: Association for Computing Machinery, 2010, pp. 28–37.

F. J. Aguilar, Scanning the Business Environment. New York: Macmillan, 1967.

A. Maurya, Iterate from Plan A to a Plan That Works ASH MAURYA, 3rd ed. O’Reilly Media, Inc., 2023.

A. Joyce and R. L. Paquin, “The triple layered business model canvas: A tool to design more sustainable business models,” J Clean Prod, vol. 135, pp. 1474–1486, Nov. 2016, doi: 10.1016/j.jclepro.2016.06.067.

Y. K. Dwivedi et al., “‘So what if ChatGPT wrote it?’ Multidisciplinary perspectives on opportunities, challenges and implications of generative conversational AI for research, practice and policy,” Int J Inf Manage, vol. 71, pp. 1–63, Aug. 2023, doi: 10.1016/j.ijinfomgt.2023.102642.

C. E. Short and J. C. Short, “The artificially intelligent entrepreneur: ChatGPT, prompt engineering, and entrepreneurial rhetoric creation,” Journal of Business Venturing Insights, vol. 19, pp. 1–10, Jun. 2023, doi: 10.1016/j.jbvi.2023.e00388.

Downloads

Published

2024-07-30

Issue

Section

Articles